7 tips mencari kontrakan untuk pengantin baru

Pinka Wima

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 tips mencari kontrakan untuk pengantin baru
Agar tidak salah mencari rumah kontrakan, berikut 7 tips yang perlu kamu pertimbangkan

JAKARTA, Indonesia — Pasangan pengantin baru mungkin ingin memulai hidup baru mereka dengan tinggal sendiri agar tidak merepotkan orangtua maupun mertua. Selain itu tentunya pasangan suami-istri baru juga membutuhkan privasi.

Namun tak semua pasangan yang baru menikah mampu membeli rumah sendiri. Oleh karena itu, mengontrak rumah menjadi opsi yang kerap dipilih.

Agar tidak salah mencari rumah kontrakan, berikut 7 tips yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Sesuaikan lokasi

Karena kamu akan memulai hidup baru dengan pasanganmu, maka yang perlu dipertimbangkan tidak hanya diri sendiri. Lebih baik lokasi yang dipilih letaknya di tengah, dekat dengan tempat kerja kamu dan pasanganmu.

Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dan akses yang mudah, kalian dapat menghemat uang transportasi sekaligus bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

2. Keamanan lingkungan

Lingkungan yang aman tentunya harus menjadi pertimbangan agar kalian tidak khawatir saat harus meninggalkan rumah. Lebih baik jika kamu bisa mengontrak di lokasi yang memiliki penjaga keamanannya sendiri.

Terlebih jika nanti kamu memiliki anak, tentu akan lebih tenang dan nyaman jika tinggal di lingkungan yang terjamin keamanannya.

3. Tidak perlu terlalu besar

Karena kamu adalah pengantin baru, maka rumah besar tentu belum diperlukan. Kamu bisa memulai hidup baru di rumah kecil yang nyaman, bahkan cukup dengan dua kamar tidur saja.

4. Jangka waktu sewa yang singkat

Karena ini rumah pertama kalian, akan lebih bijak jika bisa mengontrak dalam waktu singkat terlebih dahulu untuk mengetahui kenyamanan dan kecocokannya.

Kamu bisa mencari rumah kontrakan dengan masa sewa enam bulan atau satu tahun sehingga jika tidak cocok kamu bisa pindah ke rumah lain secepatnya.

5. Kondisi bangunan

Sebelum menandatangani kontrak sewa, kamu wajib mengecek kondisi rumah yang akan kamu tinggali nanti. Kamu harus melihat apakah rumah tersebut masih dalam kondisi bagus atau perlu banyak renovasi. Dengan begini kamu bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan untuk perbaikan nantinya.

6. Dekat dengan pusat perbelanjaan dan rumah sakit

Selain dekat dengan tempat kerja, sebaiknya rumah kamu juga dekat dengan rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Hal ini penting agar memudahkan kalian berdua jika membutuhkan perawatan medis atau perlu membeli kebutuhan sehari-hari.

7. Sesuaikan dengan budget

Keenam poin di atas memang penting untuk menjadi pertimbangan, namun yang perlu diingat adalah harga yang sesuai dengan kemampuanmu dan pasanganmu. Agar nantinya tidak sampai menunggak! —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!