4 hal yang perlu diketahui sebelum diving

Birgitta Angie

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 hal yang perlu diketahui sebelum diving
Agar pengalaman diving menjadi maksimal dan tidak berbahaya, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting ini

JAKARTA, Indonesia — Sebagai negara kepulauan, diving menjadi salah satu cara menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia. Tetapi agar pengalaman diving menjadi maksimal dan tidak berbahaya, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting.

Apa saja? Berikut 4 di antaranya:

1. Harus punya lisensi atau instruktur khusus

Diving atau menyelam ke bawah laut memang cukup berbahaya jika tidak dilakukan oleh seorang profesional. Oleh karena itu kamu diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dan memiliki lisensi sebelum berenang ke dasar laut. Tetapi jika belum punya, kamu tetap bisa diving dengan ditemani instruktur khusus.

2. Perhatikan kondisi tubuh

Kondisi bawah laut tentu tidak sama dengan daratan oleh karena itu kondisi fisik yang prima menjadi penting saat akan diving. Sebelum menyelam sebaiknya kamu sudah cukup beristirahat dan makan yang teratur agar stamina tetap terjaga.

3. Periksa kembali keamanan alat menyelam

Saat di bawah laut kita harus bernapas menggunakan alat khusus, tentunya kondisi keamanan alat-alat tersebut menjadi penting. Meskipun sudah dipastikan aman oleh instruktur tidak ada salahnya jika kita memeriksa kembali peralatan tersebut sebelum menyelam.

4. Usahakan bisa berenang

Meskipun tidak harus, tetapi kemampuan berenang bisa membantumu saat diving. Jika bisa berenang, berarti kamu sudah cukup nyaman berada di dalam air sehingga kamu akan lebih mudah menyelam dengan tenang.

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di idntimes.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!