5 tips mudah untuk mulai menabung

Yoshi Nathania

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 tips mudah untuk mulai menabung
Tanpa disadari, beberapa orang terlalu terlena dalam mengeluarkan uang sehingga menciptakan sifat boros

JAKARTA, Indonesia – Setiap orang tentunya memiliki caranya sendiri dalam  mengantur keuangan. Ada yang bisa tertib, ada pula yang boros sehingga uang terhambur percuma.

Nah buat kamu yang suka boros dan menghamburkan uang meski tidak bermaksud menghambur-hamburkannya, berikut ada tips supaya bisa menabung:

1. Memasak serta membawa bekal dari rumah

Memasak sendiri dari rumah dan membawanya sebagai bekal dapat membantu mengurangi pengeluaran kamu. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan lagi banyak uang untuk biaya makan. Bahan-bahan yang kamu beli sebaiknya pula di beli di pasar tradisional, karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan pasar modern. 

2. Menyimpan uang receh

Walaupun sering dianggap remeh oleh banyak orang, ternyata uang receh memiliki keuntungan jika disimpan dalam jumlah yang banyak. Tanpa kamu sadari, uang receh yang kamu kumpulkan selama ini semakin lama akan berjumlah semakin banyak. 

3. Menabung di celengan yang tertutup rapat

Saat kamu ingin menabung, sebaiknya pilih celengan dengan model yang tertutup rapat, karena jika celengan tersebut memiliki lubang, terkadang timbu niat untuk membukanya lebih awal. 

4. Kurangi jalan-jalan

Tanpa disadari pula, jalan-jalan menjadi salah satu faktor mengapa uang kamu cepat habis. Uang yang kamu keluarkan untuk makan, belanja, menonton bioskop saat jalan-jalan sebaiknya disimpan terlebih dahulu untuk keperluan yang lebih penting lainnya.

5. Cari promo

Berbagai toko, minimarket hingga supermarket tentunya sering mengadakan promo yang berbeda-beda serta menarik. Promo tersebut tentunya akan menguntungkan kamu! Jika kamu lebih teliti dalam mencari, kamu bisa saja mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah.

Selain beberapa tips di atas, tentunya kamu juga memerlukan niat serta tekad yang kuat agar keinginan kamu untuk menabung bisa tercapai. Semoga berhasil! –Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!