3 hal yang terjadi dalam tubuh saat jatuh cinta

Rin Latifah

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

3 hal yang terjadi dalam tubuh saat jatuh cinta
Saat jatuh cinta, banyak hal-hal yang terjadi di dalam tubuh kita

JAKARTA, Indonesia – Cinta adalah salah salah satu hasil dari proses kompleks yang terjadi di dalam diri saat kita merasakan hubungan ketertarikan yang kuat dengan seseorang. Saat kita jatuh cinta, hal-hal yang tidak seperti biasanya terjadi terhadap tubuh kita, misalnya, jantung berdebar lebih kencang saat melihat orang tersebut.

Kira-kira apa yang menyebabkan hal itu? Berikut tiga hal yang terjadi di dalam tubuh kita saat jatuh cinta.

1. Sangat bahagia dan lebih terbuka

Saat kita bertemu dengan dia, bagian hipotalamus yang terdapat di dalam otak akan menghasilkan hormon dopamin ke dalam tubuh yang mengakibatkan timbulnya perasaan bahagia.

Selain itu, tubuh juga akan memproduksi senyawa kimia yang disebut dengan Nerve Growth Factor, yang menyebabkan timbulnnya perasaan ingin selalu bertemu. Kita juga cenderung menjadi lebih terbuka menceritakan berbagai hal kepada orang tersebut.

2. Tidak bisa tidur

Jika kita terlalu lama memikirkan orang tersebut sebelum tidur, maka yang terjadi adalah hormon serotonin menjadi berkurang di mana pikiran kita akan merasa terganggu, di saat yang sama pula hormon dopamin sedang meningkat.

3. Merasa cemburu

Ketika kita merasa cemburu saat melihat orang tersebut dekat dengan orang lain, maka ini menjadi sebuah pertanda bahwa hormon oksitosin dan vasopresin mempengaruhi bagian berbeda di dalam otak yang sedang bekerja.

Ketika berada dalam suasana romantis, maka secara otomatis tubuh kita menonaktifkan bagian amiglada yang berada di dalam otak yang nantinya akan memunculkan rasa curiga pada pasangan ketika sedang dalam suasana yang biasa saja. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!