Fakta menarik di balik Paskibraka Nasional

Maulana Putra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Fakta menarik di balik Paskibraka Nasional

ANTARA FOTO

Ternyata banyak fakta menarik di balik Paskibraka. Apa saja?

JAKARTA, Indonesia – Aksi Paskibraka selalu menjadi tontonan utama pada upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih di halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Setiap tahunnya, puluhan anak muda yang terpilih dalam Paskibraka ini kerap mencuri perhatian.

Tapi ternyata banyak fakta menarik di balik Paskibraka. Simak fakta-faktanya di bawah ini:

Paskibraka sendiri merupakan singkatan dari Pasukan Kibar Bendera Pusaka. Dahulu, Paskibraka disebut sebagai Pasukan Pengerek Bendera Pusaka dan diubah pada 1973.

Banyak yang tidak tahu bahwa lambang resmi Paskibraka merupakan bunga teratai. Lambang tersebut mengartikan setiap anggota Paskibraka memiliki hati yang mulia.

Selain itu, Paskibraka terdiri dari 17 pasukan pengiring, 8 pembawa bendera, dan 45 pasukan pengawal. Jika diperhatikan, formasi ini merupakan simbol dari tanggal kemerdekaan RI yakni 17-08-45.

Mantan Presdien Megawati Soekarno Putri pernah menjadi turut serta dalam Paskibraka. Beliau mendapatkan tugas mulia menjadi pembawa bendera pusaka dalam Paskibraka pada upacara 17 Agustus 1964.

Pada mulanya gagasan Paskibra sendiri lahir tahun 1946 saat memperingati HUT Kemerdekaan RI pertama. Gagasan tersebut diberikan oleh Mayor (Laut) Husein Mutahar yang juga merupakan pencipta lagu Syukur dan mars Hari Merdeka.

Semenjak tanggal 17 Agustus 1968, anggota Paskibraka adalah para pemuda-pemudi utusan provinsi. Para pemuda-pemudi ini kemudian menjalankan pelatihan intens selama berbulan-bulan sebelumnya. Tugas utama mereka adalah untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!