Tips menukarkan uang sebelum ke luar negeri

Birgitta Angie

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tips menukarkan uang sebelum ke luar negeri
Tukarlah di tempat yang memiliki sertifikat resmi

JAKARTA, Indonesia — Berpergian ke luar negeri memang membutuhkan beberapa persiapan. Bukan hanya visa dan paspor, namun jumlah uang yang akan kita bawa juga harus dipersiapkan. 

Nah, agar acara bepergianmu ke luar negeri bisa maksimal, simak tips saat menukarkan uang berikut: 

Tukarkan sebelum berangkat 

Memang semua negara memiliki tempat penukaran uang. Namun, jika kamu berencana pergi ke negara yang belum pernah kamu tuju sebelumnya, lebih baik tukarkan uangmu sebelum berangkat. 

Hal ini akan memaksimalkan waktumu untuk berwisata, terlebih, jika tempat penukaran uang di negara yang kamu tuju sulit untuk ditemukan, kamu akan menghabiskan waktu yang sia-sia hanya untuk mencari tempat penukaran uang. Selalu lebih baik menukar uang di negeri sendiri. 

Hampir semua negara menerima US$, jadi tidak ada salahnya menukarkan uang rupiah ke US$ untuk berjaga-jaga.

Tukarkan secukupnya

Tidak perlu menukarkan semua uangmu. Jika kamu belum tahu biaya yang diperlukan selama berada di negara tujuan, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan kamu untuk membatasi pengeluaranmu semaksimal mungkin. 

Kenali nilai tukarnya

Beberapa tempat penukaran uang memiliki nilai yang berbeda. Tidak ada salahnya kamu berkeliling dulu untuk melihat tempat penukaran yang memiliki nilai tukar lebih tinggi. 

Jika kamu menemukan tempat penukaran uang dengan nilai tukar yang tinggi, tidak ada salahnya menukar di tempat tersebut, karena hal itu akan memberimu uang ekstra di luar biaya yang kamu tetapkan.

Tukarkan di tempat yang kredibel

Tukarlah di tempat yang memiliki sertifikat resmi. Lihat baik-baik uang yang kamu tukarkan. Kembalikan jika uang yang kamu terima memiliki sobekan atau coretan. —Rappler.com

 

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di IDNTimes.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!