Hasil semifinal AFF: Indonesia tekuk Vietnam 2-1

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil semifinal AFF: Indonesia tekuk Vietnam 2-1
Gol disarangkan oleh Hansamu Yama dan Boaz Solossa

JAKARTA, Indonesia – Timnas Indonesia berhasil menekuk kesebelasan Vietnam dengan skor 2-1 dalam ajang semifinal Piala AFF yang digelar di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada Sabtu malam, 3 Desember. Pertandingan yang dimulai pukul 19:00 WIB berlangsung dengan panas dan keras.

Baru memasuki menit ke-6, Hansamu Yama sudah berhasil merobek jaring gawang Vietnam. Gol tersebut merupakan gol perdana Hansamu dalam laga debutnya untuk timnas senior.

Gol tersebut tercipta setelah mantan pemain timnas U-21 menerima umpan Rizky Pora via tendangan pojok.

Namun, keunggulan tersebut hanya bertahan 10 menit. Kedudukan menjadi imbang setelah Nguyen Van Quyet menyamakannya di menit ke-16 melalui tendangan penalti.

Indonesia dihukum tendangan penalti karena bek kanan Benny Wahyudi dianggap mendorong pemain Vietnam di kotak penalti.

Pertandingan semakin panas setelah permainan keras disuguhkan tim tamu. Pada menit ke-20, Nguyen Trong Hoang melakukan pelanggaran keras kepada Andik Vermansah. Namun, wasit hanya mengganjarkan kartu kuning.

Sejumlah pemain sempat memprotes keputusan wasit tersebut karena mereka menganggap hukuman untuk Hoang yang ayak adalah kartu merah.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, semangat Indonesia tak kendur. Serangan terus mereka lancarkan ke gawang Nguyen Manh. Hasilnya, Bayu Pradana mampu menjangkau Stefano Lilipaly yang merangsek lewat sayap. Dia berhasil masuk ke kotak penalti. Namun, pergerakan Lilipaly berakhir dengan pelanggaran pemain Vietnam. Indonesia pun mendapat hadiah tendangan penalti.

Boaz Solossa ditunjuk sebagai eksekutor. Pemain Persipura Jayapura tersebut mengekskusi dengan sempurna sehingga membuat timnas Indonesia unggul 2-1. Skor itu tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit.

Kemenangan tersebut disambut suka cita para pemain. Apalagi, dalam 2 laga uji coba terakhir, Indonesia tak pernah menang dari tim berjuluk Golden Stars tersebut.

Meskipun begitu, hasil tersebut belum menjamin peluang Indonesia untuk lolos ke final AFF 2016. Sebab, tim Garuda masih harus menjalani leg kedua di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam pada 7 Desember mendatang. 

Selain itu, kemenangan 2-1 masih dalam jangkauan kejaran Vietnam. Sebab, pasukan Nguyen Huru Thang tersebut punya “tabungan” 1 gol di partai tandang. Kemenangan 1-0 saja sudah membuat mereka lolos ke babak final. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!