Piala AFF 2016: Tahan imbang Vietnam 2-2, Indonesia melaju ke final

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Piala AFF 2016: Tahan imbang Vietnam 2-2, Indonesia melaju ke final
Indonesia kembali ke partai final Piala AFF setelah 2010

JAKARTA, Indonesia – Tim nasional Indonesia akhirnya sukses melaju ke babak final Piala AFF 2016 setelah menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 dalam laga kedua babak semifinal yang berlangsung di Mỹ Đình National Stadium, Rabu 7 Desember 2016.  

Gol pembuka Indonesia dicetak pemain gelandang Stefano Lilipaly pada menit ke-54. Berawal dari umpan silang Boaz Solossa yang membuat kemelut di depan gawang Vietnam, Lilypali langsung menyerobot bola dan menyonteknya ke gawang Vietnam. 

Gol balasan Vietnam datang dari tendangan keras Vu Van Thanh pada menit ke-83. Vietnam bahkan mampu membalik keadaan lewat gol Vu Minh Tuan pada menit ke-90, membuat Indonesia tertinggal dengan skor 1-2.

Gol ini cukup mengejutkan karena Vietnam hanya bermain dengan 10 pemain setelah kiper Tran Nguyen Manh mendapat kartu merah pada menit ke-77. Skor 1-2 ini bertahan hingga laga berakhir.

Hasil ini membuat skor kedua tim menjadi 3-3 secara agregat, karena pada laga pertama yang digelar di Stadion Pakansari, Vietnam kalah dengan skor 1-2. Sehingga, untuk mencari pemenang, pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan selama 2X15 menit.

Di babak tambahan, Indonesia langsung menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol Manahati Lestusen melalui tendangan penalti pada menit ke-96, membuat skor kini menjadi imbang 2-2. Hasil imbang ini bertahan hingga babak tambahan berakhir.

Sehingga, dengan hasil imbang ini, Indonesia berhak tampil di final Piala AFF 2016 karena mereka menang dengan skor 4-3 secara agregat. Ini akan menjadi penampilan pertama Indonesia di partai final Piala AFF setelah 2010. 

Pelatih tim nasional Alfred Riedl mengatakan kesuksesan Indonesia melaju ke final bukan semata karena keberuntungan. “Semua bukan cuma keberuntungan. Anda harus berjuang untuk keberuntungan. Hari ini para pemain saya berjuang untuk keberuntungan itu,” kata Riedl.

Jalannya pertandingan

Vietnam yang tampil di kandang sendiri langsung menggebrak sejak menit pertama. Memainkan bola-bola pendek, para pemain Vietnam sukses mendikte pertandingan. Pada 10 menit pertama, Vietnam setidaknya berhasil melepaskan dua kali tendangan ke arah gawang timnas.

Sementara para pemain Indonesia cederung bermain bertahan. Andik dan kawan-kawan baru mulai bisa mengatasi tekanan Vietnam setelah pertandingan memasuki menit ke-30. Mengandalkan skema serangan balik, Boaz Solossa dan kawan-kawan sempat menekan pertahanan Vietnam, meski tak membahayakan.

Sampai menit ke-40, para pemain Vietnam tercatat telah melesakkan sedikitnya empat kali tendangan ke arah gawang Indonesia. Sementara Indonesia tidak sekalipun melakukan tendangan ke arah gawang Vietnam. 

Pada babak kedua, Vietnam meningkatkan intensitas serangan mereka. Serangan demi serangan datang bergelombang menghantam pertahanan Indonesia. Namun pertahanan solid dan performa ciamik kiper Kurnia Meiga membuat serangan-serangan Vietnam kandas. 

Peluang Vietnam semakin tipis ketika kiper mereka Tran Nguyen Manh mendapat kartu merah pada menit ke-77. Kondisi ini sangat menguntungkan Indonesia karena Vietnam kini hanya bermain dengan 10 pemain, sementara pertandingan hanya menyisakan 13 menit.

Namun kehilangan satu pemain tak membuat Vietnam mengendurkan serangan. Mereka terus menyerang, kali ini dengan umpan-umpan terobosan. Hasilnya, mereka sukses membobol gawang Indonesia melalui tendangan keras Vu Van Thanh pada menit ke-83. 

Vietnam membuat kejutan saat pemain mereka Vu Minh Tuan mencetak gol pada menit k-90, membuat Indonesia menjadi tertinggal dengan skor 1-2. Namun  Indonesia mampu menyamkan skor menjadi 2-2 lewat gol Manahati Lestusen melalui tendangan penalti pada menit ke-96, membuat skor menjadi imbang 2-2.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!