10 momen mengejutkan di dunia olahraga sepanjang 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 momen mengejutkan di dunia olahraga sepanjang 2016
Mulai dari berita duka, juara tak terduga, hingga pemecah rekor

JAKARTA, Indonesia — Tahun 2016 merupakan waktu yang penting bagi dunia olahraga, terutama karena tahun ini diadakan ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade, yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, pada Agustus lalu.

Tak hanya itu, dunia olahraga juga berduka atas meninggalnya petinju legendaris Muhammad Ali pada pertengahan tahun ini. Ada pula para kuda hitam yang berhasil mengagetkan pecinta olahraga dunia.

Berikut 10 momen mengagetkan di dunia olahraga sepanjang 2016 yang berhasil dirangkum Rappler Indonesia.

Leicester City jadi juara Liga Primer Inggris

THE FOXES. Penyerang Leicester City Jamie Vardy saat merayakan golnya ke gawang Manchester United. Foto oleh Oli Scarff/AFP

Klub kuda hitam yang sama sekali tidak diperhitungkan di Liga Primer Inggris, Leicester City, nyatanya berhasil meraih gelar juara pada musim 2015/2016 lalu. Gelar tersebut adalah yang pertama kalinya bagi tim berjuluk The Foxes ini.

Berkat hasil tersebut, musim 2016/2017 merupakan kali pertama mereka berlaga di Liga Champions. Saat ini mereka telah berhasil lolos dari babak penyisihan grup dan akan menghadapi Sevilla di babak 16 besar pada Februari mendatang.

Simak infografik tentang Leicester City di sini.

Petinju Muhammad Ali meninggal dunia

KUTIPAN MUHAMMAD ALI. Salah satu kutipan Muhammad Ali mengenai Islam.

Mantan petinju legendaris Muhammad Ali meninggal pada Sabtu, 4 Juni WIB, atau Jumat malam, 3 Juni waktu setempat. Petinju berusia 74 tahun itu sebelumnya telah dirawat di rumah sakit di area Arizona, Amerika Serikat, selama 1 pekan terakhir karena mengalami penyakit di bagian pernafasan.

Ali diketahui telah menderita penyakit Parkinson selama lebih dari 30 tahun. Penyakit tersebut didiagnosa 3 tahun setelah pensiun dari ring tinju pada tahun 1981. Sejak saat itu, Ali mulai membatasi diri muncul di hadapan publik.

Lihat kembali foto-foto saat pemakaman Muhammad Ali di sini.

Pembalap Moto2 Luis Salom meninggal di lintasan

MENINGGAL SAAT LATIHAN. Pembalap Moto2, Luis Salom meninggal akibat mengalami kecelakaan dalam sesi latihan bebas di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Jumat, 3 Juni. Foto oleh EPA

Pembalap Moto2, Luis Salom, meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi saat sesi latihan di Grand Prix Catalunya, Spanyol, pada Jumat, 3 Juni.

Pembalap berusia 24 tahun dari tim SAG tersebut kecelakaan di tikungan ke-12, di sirkuit Montmelo yang penuh tantangan, 25 menit sebelum sesi latihan kedua berakhir.

Salom pun langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang mumpuni, namun nyawanya tidak dapat tertolong.

Kenali sosok Luis Salom di sini.

Portugal juara Euro 2016

Eder berhasil mencetak gol tunggal yang menaklukkan tuan rumah Perancis dan membawa Portugal juara Euro 2016. Foto dari Twitter/@UEFAEURO

Tahun 2016 juga memberikan keajaiban bagi tim nasional Portugal. Untuk pertama kalinya, mereka berhasil menjuarai Piala Euro dengan mengalahkan tuan rumah Perancis dengan skor 1-0 setelah melalui perpanjangan waktu di laga final yang berlangsung pada Minggu, 10 Juli.

Malam itu merupakan malam penuh tangis bagi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Saat babak pertama baru berlangsung 8 menit, lutut kirinya terkena tendangan Dimitri Payet. Setelah beberapa saat memaksakan diri untuk terus bermain dengan kaki diperban, Ronaldo akhirnya harus meninggalkan lapangan pada menit 25.

Beruntung, pemenang tidak jadi ditentukan lewat adu penalti setelah tendangan Eder dari luar kotak penalti berhasil merobek gawang Hugo Lloris pada menit 108. Penyerang lubang tersebut baru diturunkan sejak menit 79, menggantikan Renato Sanchez. Stamina dan kekuatanya membuat kewalahan bek Perancis Laurent Koscielny.

Simak foto-foto perayaan kemenangan Portugal di sini.

Lionel Messi sempat pensiun dari timnas, namun batal

Setelah menelan kekalahan tragis di partai final Copa America Centenario, kapten Argentina, Lionel Messi, sempat mengumumkan pensiun dari tim nasional. Pasalnya ia merasa bersalah karena gagal mengeksekusi tendangan penalti.

Namun selang hampir dua bulan kemudian, bintang Barcelona tersebut akhirnya mengurungkan niatnya untuk pensiun. Ia menyatakan akan bermain untuk Argentina dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Menurutnya, saat malam final Copa America Centenario, kepalanya dipenuhi banyak pikiran, dan benar-benar ingin meninggalkan tim. Namun, Argentina dan seragam timnasnya terlalu berharga untuk ditinggalkan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Usain Bolt dan Michael Phelps tutup karir Olimpiade

Usain Bolt merayakan kemenangannya usai menjadi yang tercepat dalam lomba balap lari nomor 200 meter putra di Olimpiade Rio pada 18 Agustus 2016. Foto oleh Franck Robichon/EPA

Penampilan dari perenang Amerika Serikat, Michael Phelps, dan pelari Jamaika, Usain Bolt, merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu penggemar olahraga dari ajang Olimpiade Rio 2016. Pasalnya, Olimpiade ini dikabarkan sebagai Olimpiade terakhir dari kedua atlet pemecah rekor ini.

Benar saja, Phelps dan Bolt nyatanya mampu memenuhi ekspektasi para penggemarnya.

Bolt masih mengukuhkan gelar sebagai manusia tercepat di dunia berkat 3 medali emas yang dikantongi sepanjang Olimpiade Agustus lalu, untuk nomor individu 100 meter, 200 meter, dan membawa tim Jamaika memenangkan nomor estafet 4×100 meter. Sepanjang karirnya, ia telah mengoleksi 9 medali emas Olimpiade.

(BACA: 5 hal tentang menarik Usain Bolt)

PERAIH EMAS. Michael Phelps tutup karir Olimpiade dengan emas ke-23. Foto oleh Tibor Illyes/EPA

Sementara Michael Phelps semakin mengokohkan diri sebagai manusia dengan medali emas Olimpiade terbanyak. Dalam Olimpiade Rio 2016, ia berhasil menorehkan emas ke-23 sekaligus medali ke-27 sepanjang karir renangnya di Olimpiade.

Ia meraih 5 emas, untuk nomor 4×100 meter gaya bebas, 4×200 meter gaya bebas, 200 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya ganti individual, serta 4×100 gaya ganti estafet. Ia juga mendapatkan medali perak pada nomor kupu-kupu 100 meter.

(BACA: Michael Phelps tutup karir Olimpiade dengan emas ke-23)

Joseph Schooling pecahkan rekor Michael Phelps

Joseph Schooling saat memenangi balap renang 100 m gaya kupu-kupu, 13 Agustus 2016. Foto oleh EPA

Nama perenang Singapura, Joseph Schooling, tiba-tiba menjadi buah bibir. Pasalnya, Schooling, mengalahkan atlet renang Amerika Serikat, Michael Phelps, dalam final 100m gaya kupu-kupu, pada 13 Agustus.

Ia menyelesaikan balapan 50.39 detik, diikuti Phelps dengan 51.14 detik.

Schooling memecahkan rekor Olimpiade 50,58 detik yang diciptakan 8 tahun lalu oleh sang maestro renang, Phelps, pada Olimpiade Beijing 2008. Schooling juga menjadi atlet Singapura pertama yang meraih medali emas OIimpiade.

Simak daftar rekor renang yang dipecahkan selama Olimpiade Rio 2016 di sini.

Simone Biles rebut medali senam artistik untuk AS

Atlet senam artistik AS, Simone Biles, saat bertanding di nomor ‘all-around’ putri di Olimpiade Rio, pada 11 Agustus 2016. Foto oleh EPA

Selain Joseph Schooling, atlet muda yang juga melesat di Olimpiade Rio 2016 adalah atlet senam artistik asal Amerika Serikat, Simone Biles.

Air mata mengalir deras membasahi wajah Biles ketika ia dikalungi medali emas senam artistik Olimpiade Rio 2016 nomor all around putri, berkat penampilan mempesonanya di lantai senam, pada 11 Agustus silam.

Atlet berusia 19 tahun ini disebut sebagai salah satu pesenam terbesar Amerika Serikat, bahkan sebelum ia masuk Olimpiade.

Di nomor all around putri ini, Biles menjadi juara dengan selisih 2,100 poin dari lawannya.

Begitu Biles menyelesaikan gerakan terakhir, tak ada seorang pun di Rio Olympic Arena yang harus menunggu keputusan dewan juri mengenai siapa yang akan mendapatkan medali emas.

Baca berita selengkapnya di sini.

Neymar bawa Brasil menang Olimpiade

Neymar merayakan golnya atas Jerman di babak final sepak bola Olimpiade Rio 2016. Foto dari Twitter/@FIFAcom

Raksasa sepak bola Amerika Latin, Brasil, memang telah menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 kali. Namun, mereka belum pernah sekalipun mendapatkan medali emas dari nomor sepak bola di Olimpiade. Mereka pernah 3 kali melaju ke partai final, namun selalu gagal merengkuh emas.

Tahun ini, sebagai tuan rumah, harapan tersebut kembali muncul. Harapan tersebut diberikan ke pundak sang kapten sekaligus bintang Barcelona, Neymar.

Brasil berhasil melaju ke babak final dan harus menghadapi tim kuat lainnya, Jerman.

Setelah 90 menit berakhir dengan skor imbang 1-1, pertandingan pun dilanjutkan dengan babak tambahan dan adu penalti.

Neymar mencetak tendangan penentuan dalam adu penalti, setelah Petersen gagal melakukan eksekusi dengan baik. Babak tos-tosan pun berakhir dengan skor 5-4 untuk kemenangan tuan rumah.

Ikuti kembali jalannya final Olimpiade antara Brasil vs Jerman di sini.

Nico Rosberg jadi juara Formula 1

Pembalap dari tim Mercedes, Nico Rosberg, akhirnya menyabet gelar juara dunia Formula 1 meski hanya finish di urutan kedua pada balapan seri terakhir musim ini di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu malam, 27 November.

Rosberg tertinggal 0,439 detik di belakang rekan setim sekaligus rival terberatnya dalam perebutan titel, Lewis Hamilton, yang meraih podium pertama dalam duel di Abu Dhabi itu. Namun tambahan 25 poin yang diraih Hamilton tidak cukup untuk menggeser Rosberg dari puncak klasemen. Sebab, finish di urutan kedua membuat Rosberg kini mengoleksi 385 poin.

Sementara Hamilton hanya mengoleksi 380 poin. Hanya terpaut 5 poin namun itu sudah cukup untuk mengubur impian Hamilton meraih gelar juara dunia musim ini.

Bagi Rosberg ini menjadi gelar juara dunia Formula 1 pertamanya. Sebelumnya ia hanya menjadi runner-up di belakang Hamilton pada musim 2014 dan 2015.

Tak lama setelah kemenangannya di Abu Dhabi, Rosberg mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari dunia balap.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!