Bursa transfer musim dingin 2016/2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bursa transfer musim dingin 2016/2017
Siapa saja yang pindah di bursa transfer Januari 2017 ini?

JAKARTA, Indonesia — Liga-liga sepak bola di Eropa telah mencapai pertengah musim. Selama satu bulan, setiap klub dapat memperbaiki timnya dengan membeli dan mengganti pemain lama dengan pemain baru.

Siapa saja yang hengkang dan siapa yang direkrut? Berikut daftar pemain dalam bursa transfer musim dingin 2016/2017.

Selasa, 31 Januari: Branislav Ivanovic hijrah ke Zenit St Petersburg

Setelah sembilan tahun membela Chelsea, kini tiba  waktunya bagi Ivanovic untuk hengkang. Pemain berusia 32 tahun ini resmi hijrah ke klub asal Rusia, Zenit St Petersburg, pada hari terakhir bursa transfer musim dingin.

Ivanovic hengkang dengan status bebas transfer. Selama di Chelsea, Ivanovic telah menyumbang 1 trofi Liga Champions Eropa, 2 trofi Piala Liga Primer, dan 3 trofi Piala FA. Ia juga menjadi pemain kunci selama Chelsea dilatih oleh Jose Mourinho. 

Kamis, 26 Januari: PSG rampungkan transfer Goncalo Guedes

Goncalo Guedes resmi bergabung dengan PSG setelah 12 tahun di SL Benfica. Foto dari Twitter/@PSG_English

Paris Saint-Germain (PSG) telah merampungkan pembelian penyerang Goncalo Guedes dari klub Primeira Liga Portugal, SL Benfica dengan kontrak senilai 25 juta Euro atau 22 juta Poundsterling.

Pemain timnas Portugal ini menandatangani kontrak yang mengikatnya hingga 2021 bersama raksasa Ligue 1 ini setelah berkarier selama 12 tahun dengan Aguias. Pemain berusia 20 tahun ini akan mengenakan nomor punggung 15.

Rabu, 25 Januari: Patrice Evra pindah ke Marseille 

Setelah Manchester United dan Juventus, Patrice Evra kembali ke tanah airnya, Perancis. Foto dari om.net

Klub Ligue 1 Perancis, Olympique Marseille telah resmi membeli Patrice Evra dari Juventus. Pemain berusia 35 tahun tersebut menandatangani kontrak selama 18 bulan dengan klub yang bermarkas di Stade Velodrome tersebut. Namun, Marseille tidak menyebutkan nilai kontrak pemain senior yang pernah merumput di Old Trafford ini.

Bersama Juventus, Evra telah menjuarai Serie A sebanyak dua kali.

Selasa, 24 Januari: Lazar Markovic dipinjamkan Liverpool ke Hull City

Lazar Markovic dipinjamkan Liverpool ke Hull City. Foto dari Twitter/@HullCity

Pemain sayap asal Serbia Lazar Markovic resmi bergabung dengan Hull City dengan status pinjaman setelah tidak mampu bersaing dengan rekan setimnya.

Pemain 22 tahun tersebut baru saja kembali setelah dipinjamkan ke Sporting Lisbon pada paruh pertama musim 2016/2017.

Senin, 23 Januari: Gerard Deulofeu dipinjam AC Milan

Gerard Deulofeu dipinjam AC Milan dari Everton. Foto dari Twitter/@acmilan

AC Milan telah memfinalisasi kontrak pinjaman pemain asal Spanyol Gerard Deulofeu. Deulofeu dipinjam dari Everton dan akan bersama Milan setidaknya hingga akhir musim Juni mendatang.

Senin, 23 Januari: Borussia Dortmund beli Alexander Isak

Borussia Dortmund beli penyerang muda asal Swedia Alexander Isak. Foto dari Twitter/@BVB

Borussia Dortmund telah memperkuat skuadnya dengan resmi membeli penyerang muda asal Swedia, Alexander Isak.

Pemain 17 tahun tersebut akan segera memulai debutnya bersama Dortmund dengan membawa nomor punggung 14.

Jumat, 20 Januari: Steven Gerrard kembali ke Liverpool, jadi pelatih akademi

Legenda Liverpool, Steven Gerrard (kiri), kembali ke klub yang membesarkan namanya itu sebagai pelatih akademi muda. Foto dari liverpoolfc.com

Legenda Liverpool, Steven Gerrard, akan kembali ke klub yang membesarkan namanya itu sebagai pelatih akademi muda mulai bulan depan.

Pria berusia 36 tahun ini akan menjadi bos penuh untuk akademi muda Liverpool di Kirkby.

Setelah 18 bulan memperkuat LA Galaxy di Amerika Serikat, kepindahannya bersama klub asal Merseyside itu menandai kembalinya Gerrard ke tempat di mana ia menimba ilmu sejak muda.

Mantan kapten tim nasional Inggris itu menghabiskan 17 tahun karirnya bersama Liverpool dan telah bermain sebanyak 710 bersama klub tersebut. Gerrard memutuskan untuk gantung sepatu pada November tahun lalu.

Jumat, 20 Januari: Memphis Depay resmi pindah ke Lyon

Gelandang Manchester United Memphis Depay telah resmi bergabung dengan Olympique Lyonnais. Pemain asal Belanda tersebut menyampaikan pesan perpisahan bagi rekan-rekannya di Old Trafford lewat akun Instagramnya.

Depay pindah ke Lyon dengan nilai transfer yang dikabarkan mencapai 21,7 juta poundsterling. Pemain 22 tahun tersebut akan mengenakan nomor 9 bersama Lyon.

Kamis, 19 Januari: Manchester City resmi beli Gabriel Jesus

Gabriel Jesus bergabung dengan Manchester City. Foto dari www.mancity.com

Bintang muda Brasil Gabriel Jesus telah resmi dibeli Manchester City dari Palmeiras.

Penyerang 19 tahun ini baru akan sepenuhnya bergabung dengan skuad The Citizens saat berakhirnya liga Brasil musim ini pada November mendatang. Namun ia sudah bisa diturunkan pertandingan akhir pekan nanti melawan Tottenham.

Gabriel akan mengenakan nomor punggung 33, nomor yang selalu dikenakannya sejak menjadi pesepakbola profesional.

Kamis, 19 Januari: Patrick Bamford jadi pemain Middlesbrough

Patrick Bamford resmi menjadi pemain Middlesbrough. Foto dari Twitter/@Boro

Penyerang 23 tahun Patrick Bamford resmi menjadi pemain Middlesbrough setelah menandatangani kontrak sepanjang 4,5 tahun.

Bamford merupakan pemain Chelsea sejak 2012 yang telah dipinjamkan ke berbagai klub. Sebelum pindah ke Middlesbrough, Bamford sempat memperkuat Burnley.

Kamis, 19 Januari: Tiago Ilori pindah dari Liverpool ke Reading FC

Tiago Ilori bergabung dengan Reading FC. Foto dari Twitter/@ReadingFC

Pemain muda Liverpool Tiago Ilori resmi bergabung bersama Reading FC dengan transfer senilai 3,75 juta poundsterling. Ilori menandatangani kontrak dengan jangka panjang Reading hingga 2020 mendatang.

Rabu, 18 Januari: Deportivo La Coruna pinjam Gael Kakuta

Gael Kakuta bergabung bersama Deportivo La Coruna dengan status pinjaman hingga akhir musim. Foto dari Twitter/@RCDeportivo

Gael Kakuta resmi bergabung dengan Deportivo La Coruna dari klub lamanya Hebei Fortune dalam kontrak pinjaman hingga akhir musim pertengahan 2017 mendatang. 

Rabu, 18 Januari: Martin Demichelis bergabung dengan Malaga CF

Martin Demichelis kembali bergabung dengan Malaga. Foto dari Twitter/@MalagaCF_en

Bek senior Martin Demichelis telah resmi bergabung dengan Malaga CF dalam kontrak hingga akhir musim pertengahan 2017 mendatang. Pemain asal Argentina berusia 36 tahun ini pindah dari Espanyol tanpa biaya alias free transfer.

Selama dua musim pada 2011 hingga 2013, Demichelis sempat menjadi skuad utama Malaga, sebelum akhirnya pindah ke Atletico Madrid.

Rabu, 18 Januari: Swansea City beli Martin Olsson

Martin Olsson resmi bergabung dengan Swansea City. Foto dari Twitter/@SwansOfficial

Swansea City telah resmi melengkapi skuadnya dengan membeli bek kiri dari Norwich, Martin Olsson. Olsson telah resmi menandatangani kontrak sepanjang 3,5 tahun dengan nilai harga yang tidak diumumkan.

Bersama Swansea, pemain kebangsaan Swedia ini akan mengenakan nomor punggung 16.

Selasa, 17 Januari: Luiz Adriano pindah dari Milan ke Spartak Moscow

Luis Adriano resmi pindah dari AC Milan ke Spartak Moskow. Foto dari Twitter/@fcsm_official

Penyerang asal Brasil Luiz Adriano telah resmi bergabung dengan Spartak Moscow setelah dibeli dari klub lamanya AC Milan. 

Bersama dengan klub Liga Primer Rusia tersebut, Adriano akan mengenakan nomor punggung 12.

Senin, 16 Januari: Simone Zaza dipinjam Valencia

Latihan perdana Simone Zaza bersama Valencia. Foto dari Twitter/@valenciacf_en

Pemain terbaru Valencia FC Simone Zaza telah resmi diperkenalkan ke media, di Ciudad Deportiva Media Centre, Senin, 16 Januari.

Zaza resmi dipinjam dari Juventus hingga akhir musim 2016/2017, dengan opsi untuk pembelian. Ia akan mengenakan nomor punggung 12 bersama Valencia.

Minggu, 15 Januari: Bayern beli Niklas Sule dan Sebastian Rudy dari Hoffenheim

Niklas Sule dan Sebastian Rudy dari TSG Hoffenheim 1899 akan bergabung dengan Bayern Munchen pada musim panas mendatang. Foto dari Twitter/@achtzehn99_en

FC Bayern Munchen telah resmi membeli Niklas Sule (21) dan Sebastian Rudy (26) dari TSG 1899 Hoffenheim. Kedua pemain timnas Jerman ini akan bergabung dengan raksasa Liga Jerman ini mulai 1 Juli 2017. Rudy menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2020, sementara Sule dikontrak hingga lima tahun ke depan, tepatnya 30 Juni 2022.

“Ini adalah mimpi saya untuk berada di Munchen. FC Bayern adalah salah satu klub terbaik di dunia,” kata Rudy. “Saya merasa agak sedih untuk berpisah,” ujar Sule, yang merupakan talenta didikan Hoffenheim, namun ia merasa mendapat kesempatan besar untuk “tumbuh bersama salah satu tim terbaik di dunia” seperti yang dilansir dari situs resmi Bayern Munchen.

Jumat, 13 Januari: Oumar Niasse dan Evandro bergabung dengan Hull City

Hull City datangkan Oumar Niasse dan Evandro. Foto dari Twitter/@hullcity

Hull City menambah skuadnya di Januari ini dengan mendatangkan penyerang Senegal Oumar Niasse dari Everton dengan status pinjaman. Dalam kontrak juga disebutkan bahwa Hull City memiliki opsi untuk membeli Niasse seharga 10 juta poundsterling.

Selain itu, klub yang berada di posisi buncit klasemen sementara Liga Primer Inggris ini juga mendatangkan Evandro dari Porto dengan kontrak yang akan berakhir pada 2019

Jumat, 13 Januari: Juventus resmi beli Mattia Caldara dari Atalanta

Mattia Caldara resmi menjadi Juventus mulai Januari 2017 ini. Foto dari Twitter/@juventusfcen

Bek 22 tahun Mattia Caldara resmi bergabung bersama Juventus dari klub sebelumnya Atalanta dengan kontrak hingga 30 Juni 2021 senilai 15 juta euro.

“Ini adalah hari yang besar bagi saya. Saya selalu ingin bergabung dengan klub terbaik. Saya tahun Juventus menginginkan saya, dan ingin berinvestasi dengan saya, saya sangat tersanjung,” tutur Caldara dalam wawancara pertamanya.

Jumat, 13 Januari: Morgan Schneiderlin resmi jadi pemain Everton

Morgan Schneiderlin resmi pindah dari MU dan bergabung dengan Everton. Foto dari Twitter/@Everton

Everton telah resmi membeli Morgan Schneiderlin dari Manchester United senilai 20 juta poundsterling dengan tambahan 4 juta poundsterling hingga tahun 2021.

“Saya akan memberikan yang terbaik. Sangat sudah tidak sabar untuk pertandingan hari Minggu nanti!” tulis Schneiderlin dalam akun Twitternya. Ia akan mengenakan nomor punggung 2 bersama The Toffees.

Jumat, 13 Januari: Tom Cleverley dipinjamkan ke Watford hingga akhir musim

Tom Cleverley kembali dipinjamkan ke Watford. Foto dari Twitter/@WatfordFC

Gelandang asal Inggris Tom Cleverley bergabung kembali dengan Watford dengan status pinjaman dari klub asalnya Everton.

Sebelumnya, Cleverley juga sempat dipinjamkan ke Watford saat masih terdaftar sebagai pemain Manchester United pada musim 2009/2010.

Jumat, 13 Januari: Swansea City resmi beli Luciano Narsingh dari PSV Eindhoven

Swansea City resmi beli Luciano Narsingh dari PSV Eindhoven. Foto dari Twitter/@SwansOfficial

Swansea City telah resmi membeli penyerang asal Belanda Luciano Narsingh dengan nilai transfer sebesar 4 juta poundsterling.

Narsingh menandatangani kontrak sepanjang 2,5 tahun yang akan berakhir pada akhir musim 2018/2019. Ia mengikuti jejak rekan senegaranya gelandang Leroy Fer untuk bergabung bersama Swansea.

Kamis, 12 Januari: Holger Badstuber dan Guido Burgstaller bergabung dengan Schalke

Holger Badstuber dan Guido Burgstaller bergabung dengan FC Schalke 04. Foto dari www.schalke04.com

Pemain belakang Bayern Munchen Holger Badstuber resmi dipinjamkan ke FC Schalke 04 hingga akhir musim 2017 mendatang. Sementara Guido Burgstaller resmi pindah secara permanen dari FC Nurnberg.

“Guido Burgstaller adalah penyerang yang kami butuhkan. Ia memiliki fisik yang kuat dan dapat bermain dengan sangat baik. Guido tahu di mana gawang berada,” tutur direktur olahraga Schalke, Christian Heidel.

Sedangkan menurut Heidel, kehadiran Badstuber di Schalke merupakan suatu kehormatan.

“Kami sangat gembir bisa memiliki pemain belakang yang dapat bermain secara terbuka sekaligus salah satu yang terbaik di Bundesliga.”

Kamis, 12 Januari: Roberto Gagliardini bergabung dengan Inter Milan

Roberto Gagliardini bergabung dengan Inter Milan. Foto dari Twitter/@inter_en

Gelandang asal Italia Roberto Gagliardini telah resmi bergabung dengan Inter Milan dari klub asalnya Atalanta.

“Saya sangat senang bisa menjadi pemain Inter — ini adalah mimpi yang jadi kenyataan,” tuturnya di hari pertama latihan di Suning Training Center. http://www.inter.it/en/news/56467

Bersama Inter Milan, pesepak bola 22 tahun ini akan mengenakan nomor punggung 5.

Rabu, 11 Januari: Stevan Jovetic dipinjamkan ke Sevilla

Stevan Jovetic dipinjamkan ke Sevilla. Foto dari Twitter/@SevillaFC

Musim dingin ini bomber Inter Milan Stevan Jovetic telah resmi dipinjamkan ke Sevilla hingga akhir musim. Kontrak dengan Sevilla juga menyebutkan kesempatan untuk membeli penuh Jovetic saat pinjaman selesai pada pertengahan 2017 mendatang.

“Saya memilih Sevilla karena mereka bermain di Liga Champions dan sedang berjuang keras di papan atas La Liga,” tutur penyerang 27 tahun tersebut.

Rabu, 11 Januari: AC Milan pinjam Marco Storari hingga akhir musim

AC Milan pinjam Marco Storari hingga akhir musim. Foto dari Twitter/@ACMilan

Kiper Cagliari Marco Storari resmi kembali bergabung dengan AC Milan dengan status pinjaman hingga akhir musim nanti. Sebelumnya, kiper 40 tahun ini juga pernah menjadi kiper Milan pada 2007 hingga 2010 silam.

Selasa, 10 Januari: Cohen Bramall tandatangani kontrak dengan Arsenal

Cohen Bramall tandatangani kontrak dengan Arsenal. Foto dari Twitter/@Arsenal

Januari ini Arsenal kembali menambah skuadnya dengan darah muda. The Gunners baru saja resmi mengontrak Cohen Bramall, pemain 20 tahun dari klub Liga Primer Inggris Utara, Hednesford Town.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengungkapkan bahwa Bramall merupakan pemain dengan mental serta kemampuan yang tepat untuk bergabung bersama timnya.

“[Bramall] ada seorang bek kiri muda dan menjanjikan, mungkin masih kurang pengalaman namun ia memiliki bekal yang sangat luar biasa,” tutur Wenger.

Senin, 9 Januari: Ricardo Carvalho bergabung dengan Shanghai SIPG

Bek asal Portugal Ricardo Carvalho turut meramaikan Chinese Super League tahun ini bersama klub Shanghai SIPG. Foto oleh Martin Bureau/AFP

Bek tengah Portugal Ricardo Carvalho menambah daftar pemain Eropa yang akan mulai berlaga di Chinese Super League tahun ini. 

Pemain 38 tahun ini telah resmi pindah ke Shanghai SIPG setelah sebelumnya sempat urung bermain sepakbola selama satu tahun sejak kontraknya dengan AS Monaco berakhir pertengahan 2016 lalu.

Jumat, 6 Januari: John Obi Mikel tinggalkan Chelsea

John Obi Mikel (kanan) tinggalkan Chelsea untuk bergabung bersama Tianjin TEDA FC. Foto dari Twitter/@mikel_john_obi

Gelandang asal Nigeria John Obi Mikel resmi meninggalkan Chelsea untuk bergabung dengan klub Tiongkok, Tianjin TEDA FC, dengan nilai kontrak sebesar 140 ribu poundsterling per pekan.

Mikel pindah setelah 10,5 tahun bersama Chelsea, dengan 374 penampilan dan 11 piala. Ia pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada para fans Chelsea yang telah mendukungnya sejak usia 19 hingga 29 tahun.

Tak lupa, Mikel juga mengucapkan salam perpisahan untuk rekan setimnya lewat akun Twitternya.

“Untuk semua orang di Chelsea — selamat tinggal dan terima kasih. Anda semua akan selalu menjadi bagian dari diri saya.”


Kamis, 5 Januari: Leicester rekrut gelandang Nigeria, Wilfred Ndidi

Gelandang baru Leicester asal Nigeria, Wilfred Ndidi. Foto dari lcfc.com

Leicester City merekrut gelandang Nigeria, Wilfred Ndidi, dari klub Belgia, Racing Genk, dengan ikatan kontrak empat setengah tahun. Namun Ndidi dikabarkan masih menunggu izin kerja.

Tidak ada detil keuangan yang diberikan terkait transfer ini, namun laporan media menyebut angka sebesar 15 juta pound ditambah tiga juta lagi dengan sejumlah persyaratan.

Pemain 20 tahun itu telah menyetujui syarat-syarat pribadi, menjalani pemeriksaan medis, dan akan menandatangani kontrak sampai 2022 saat izin kerjanya telah keluar secara resmi, menurut Leicester melalui situs resminya.

The Foxes memerlukan pengganti NGolo Kante setelah gelandang Prancis itu bergabung dengan pemuncak klasemen Chelsea pada musim panas silam. Ndidi, yang membantu Genk mencapai fase gugur kompetisi Liga Europa musim ini, akan bekerja sama dengan penyerang internasional Nigeria, Ahmed Musa, di lini depan klub juara Liga Inggris musim lalu itu.

Kamis, 5 Januari: Arsenal dilaporkan telah mengontrak bek kiri muda Cohen Bramall

Cohen Bramall. Foto dari fullcontactlaw.co.uk

Arsenal dilaporkan telah mengontrak bek kiri berusia 20 tahun, Cohen Bramall, dari klub divisi tujuh Inggris, Hednesford Town, seperti dikutip ESPN FC.

Kesepakatan transfer Bramall bernilai 40.000 poundsterling dan bek kiri itu akan bermain untuk Arsenal U-23 selama musim ini.

Bos Arsenal, Arsene Wenger, sebelumnya pernah mengatakan The Gunners harus melirik liga-liga bawah setelah menyaksikan bekas pemain non-liga seperti penyerang Leicester City, Jamie Vardy, bisa berkembang menjadi bintang di Liga Inggris.

Selasa, 3 Januari: Penyerang Leonardo Pavoletti pindah ke Napoli

Leonardo Pavoletti pindah dari Genoa ke Napoli. Foto dari UEFA.com

Napoli telah mengonfirmasi kepindahan penyerang andalan Genoa, Leonardo Pavoletti, pada bursa transfer musim dingin Januari ini.

Penyerang 28 tahun tersebut bergabung dengan Napoli dengan biaya transfer sebesar 13 juta euro.

Selasa, 3 Januari: Tomas Rincon pindah ke Juventus

#BIENVENIDOTOMAS. Tomas Rincon resmi menjadi Bianconeri. Foto dari Twitter/@JuventusFCen

Tomas Rincon telah resmi pindah dari Genoa ke Juventus dengan kontrak selama empat tahun yang akan berakhir pada 30 Juni 2020.

Pemain Venezuela pertama yang menjadi pemain Juventus ini pindah dengan biaya senilai 8 juta euro dengan kemungkinan tambahan 1 juta euro.

Selasa, 3 Januari: Julian Draxler bergabung dengan Paris Saint Germain

#WILLKOMMENDRAXLER. Julian Draxler resmi bergabung dengan Paris Saint Germain. Foto dari Twitter/@PSG_inside

Pemain asal Jerman Julian Draxler telah resmi bergabung dengan Paris Saint Germain setelah pindah dari Wolfsburg.

Gelandang serang berusia 23 tahun tersebut menandatangani kontrak sepanjang empat tahun yang dilaporkan bernilai 36 hingga 40 juta euro. 

Sabtu, 31 Desember: Bek muda Chelsea, Jay Dasilva dipinjamkan ke Charlton Atletic

 

Klub Divisi Satu Liga Inggris Charlton Athletic melakukan pinjaman terhadap bek kiri Chelsea Jay Dasilva hingga akhir musim nanti.

Jay Dasilva merupakan pemain kunci dalam kemenangan tim U19 Chelsea di UEFA Youth League 2015 lalu. Ia bergabung dengan Chelsea sebagai pemain U13, bersama adiknya Rio dan Cole. 

Ia pun kerap mendapatkan pujian dari legenda sepakbola, salah satunya dari mantan pemain Arsenal Ian Wright.

“Jay Dasilva bermain sebagai bek kiri lebih baik dari pada siapapun di Liga Primer saat ini,” tutur Ian seperti dikutip dari Dailymail.

Jumat, 30 Desember: Juventus rekrut gelandang Venezuela, Tomas Rincon, dari Genoa

Pemuncak Liga Italia, Juventus, mengontrak gelandang tengah Tomas Rincon dari Genoa setelah mengonfirmasi melalui akun Twitter bahwa pemain Venezuela itu telah tiba di Turin untuk tes kesehatan.

Juventus akan menandatangani kontrak dengan pemain berusia 28 tahun itu dengan status pinjaman senilai dua juta Euro dengan opsi membelinya pada akhir musim.

Rincon telah rutin memperkuat timnas Venezuela sejak 2008 dan bermain di kualifikasi Piala Dunia ketiganya. Saat ini ia sedang menjalani musim ketiganya di Genoa, setelah sebelumnya menghabiskan lima musim di klub Bundesliga Hamburg SV.

Juventus, juara Italia selama 5 musim terakhir, mengemas keunggulan 4 poin di puncak klasemen Seri A hingga paruh musim, namun masih menghadapi kritik atas kinerja buruknya yang jauh dari harapan dan potensinya menjuarai Liga Champions.

Kamis, 29 Desember: Carlos Tevez pindah ke Shanghai Shenhua

Carlos Tevez resmi pindah ke Shanghai Shenhua, pada 29 Desember 2016.

 

Striker Argentina, Carlos Tevez, resmi menandatangani kontrak dengan klub raksasa Tiongkok, Shanghai Shenhua. 

Namun tak disebutkan berapa biaya yang dikeluarkan klub tersebut untuk memboyong Tevez dari Boca Junior.

Kepindahan Tevez menyusul nama-nama beken di sepak bola, seperti Ramires, Hulk, hingga mantan pemain Chelsea, Oscar.

“Shanghai Greenland Shenhua FC mencapai kesepakatan transfer dengan pemain klub Argentina Atletico Boca Juniors. Carlos Alberto Tevez resmi bergabung Shanghai Shenhua,” demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan klub pada 29 Desember.

Selama merumput bersama Boca, pemain 32 tahun ini mencetak 25 gol dalam 56 pertandingan.

Rabu, 28 Desember: Gabriel Jesus pindah ke Manchester City 1 Januari

Pemain asal Brasil Gabriel Jesus akan resmi bergabung dengan Manchester City pada 1 Januari mendatang. Foto dari mancity.com

Nama Gabriel Jesus mungkin belum terlalu terdengar di kancah sepak bola Inggris. Namun ia adalah pemain asal Brasil yang dielu-elukan sebagai the next Neymar. Bahkan legenda sepak bola Pele pernah mengatakan bahwa pemain 19 tahun ini lebih baik dari Neymar.

Ia berasal dari klub lokal Brasil, Palmeira, dan pindah ke Manchester City dengan harga transfer senilai 27 juta Poundsterling.

Jesus akan resmi di bawah asuhan pelatih Josep “Pep” Guardiola pada 1 Januari mendatang saat bursa transfer resmi dibuka.

Rabu, 28 Desember: Wilfred Ndidi bergabung dengan Leicester City

Gelandang bertahan asal Nigeria Onyinye Wilfred Ndidi akan pindah dari K.R.C. Genk ke Leicester City Januari mendatang. Foto oleh Yorick Jansens/Belga/AFP

Pemain klub Belgia, K.R.C. Genk, Onyinye Wilfred Ndidi akan bergabung dengan juara bertahan Liga Primer Inggris Leicester City dalam bursa transfer musim dingin yang akan dibuka pada 1 Januari nanti.

Gelandang bertahan kelahiran Nigeria, 16 Desember 1996 ini pindah dengan nilai transfer sebesar 15 juta Poundsterling untuk kontrak selama 5 tahun.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!