Peringkat baru FIFA: Argentina kokoh, Indonesia turun

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Peringkat baru FIFA: Argentina kokoh, Indonesia turun
Indonesia turun dari posisi 171 ke 173

JAKARTA, Indonesia — Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) baru saja memperbaharui daftar peringkat tim nasional terbaik pada Kamis, 12 Januari, waktu setempat. 

Pada tabel peringkat tersebut, Argentina tetap kokoh berada di posisi pertama, disusul dengan rival abadi, Brasil di posisi kedua, dan, juara Piala Dunia 2014, Jerman di peringkat ketiga.

Tidak ada perubahan signifikan pada posisi 10 besar dalam release tersebut. Negara-negara Amerika Latin dan Eropa masih menjadi penyumbang timnas-timnas terbaik. Setidaknya dari kubu Amerika Latin terdapat Argentina (posisi 1), Brasil (2), Chile (4), Kolombia (6), dan Uruguay (9). 

Sementara itu, dari kubu Eropa terdapat Jerman (3), Belgia (5), Perancis (7), Portugal (8), dan Spanyol (10).

Ketiadaan kompetisi besar di kawasan Eropa dan Amerika Latin dalam selang waktu akhir 2016 menuju 2017 bisa menjadi faktor peringkat yang statis.

Sementara itu, tim di zona Asia peraih peringkat terbaik adalah Iran di posisi ke-29. Tetapi, di kawasan Asia Tenggara peringkat tertinggi diisi oleh Filipina yang turun dua peringkat ke posisi 122, diikuti oleh Thailand dan Vietnam yang tetap berada di posisi 126 dan 136.

Serupa dengan Filipina, Indonesia juga mengalami penurunan peringkat ke posisi 173 dari 171. Kalah dari Laos di posisi 167 dan Kamboja yang naik dua tingkat ke posisi 172.

Ranking FIFA adalah sistem peringkat tim nasional sepak bola di dunia yang diadakan setiap bulannya. Untuk rilis terbaru akan ditampilkan pada 9 Februari 2017 mendatang di situs FIFA. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!