Luis Milla resmi jadi pelatih timnas

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Luis Milla resmi jadi pelatih timnas
Medali emas Sea Games jadi target terdekat

JAKARTA, Indonesia —  Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Luis Milla sebagai pelatih tim nasonal Indonesia untuk dua tahun ke depan. Luis ditargetkan meraih medali emas di ajang Sea Games 2017 yang akan digelar di Malaysia.  

“Saya kira dia punya kualitas yang baik sebagai pelatih,” kata Direktur Teknik Tim Nasional PSSI yang juga anggota panel pemilihan pelatih timnas, Danurwindo, di Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Bagi publik sepak bola, nama Luis Milla tidaklah asing. Dia, misalnya, pernah  membela Barcelona dan Real Madrid, dua klub raksasa di Spanyol, bahkan dunia. Hanya segelintir pemain pernah membela dua klub raksasa tersebut.

Sebagai pemain, Milla juga pernah mencicipi berbagai gelar, seperti Piala Winners UEFA, La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol dan Piala Intertoto.

Sementara sebagai pelatih, pria asal Spanyol ini pernah mengasuh beberapa klub seperti Al Jazira di Uni Emirat Arab dan Real Zaragoza di Spanyol. Ia juga pernah membesut tim nasional Spanyol U-19, U-20, U-21 dan U-23.

Bahkan, di tangannya, timnas U-19 Spanyol menjadi runner up Piala Eropa 2010. Setahun setelah itu, dia berhasil membawa timnas U-21 Spanyol menjadi juara Piala Eropa 2011.

Beberapa pemain yang pernah dilatihnya yaitu Ander Herrera, Juan Mata, dan Thiago Alcantara. Mereka kini menjadi pemain-pemain hebat yang diakui dunia. Tak mengherankan jika PSSI mempercayakan timnas senior kepada Milla.

Danurwindo berharap Milla bisa mengembangkan permainan bola-bola pendek yang selama ini menjadi ciri khasnya. Permainan bola-bola pendek ala tiki-taka Spanyol dinilai pas dengan postur para pemain Indonesia.

“Dia ingin pemain yang pintar membaca permainan, menguasai bola, dan setelahnya melakukan eksekusi,” kata Danurwindo. 

Luis Milla sendiri dikabarkan sudah tiba di Jakarta pada Rabu, 18 Januari 2017. Ia sebelumnya bersaing dengan Luis Fernandez, juga asal Spanyol, untuk mengisi kursi pelatih tim nasional. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!