World Cup

Panggil 25 pemain timnas, ini pilihan strategi Luis Milla

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Panggil 25 pemain timnas, ini pilihan strategi Luis Milla
Sistem apa yang akan diterapkan mantan pemain Barcelona ini di timnas?

JAKARTA, Indonesia —  PSSI telah mengumumkan 25 nama yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan Timnas U-23 gelombang I, mulai 21 Februari mendatang. Dari nama yang dipanggil, terlihat 12 nama eks U-19 yang dipanggil kembali.

Strategi apa yang akan dimainkan oleh sang pelatih, Luis Milla?

Berdasarkan nama-nama pemain yang masuk, kemungkinan Milla bakal lebih banyak mengeksplorasi winger dan striker tunggal. Sebab, dari para pemain tersebut, ada tiga pemain yang memiliki performa memikat sebagai winger. Mereka adalah Miftahul Hamdi, Saddil Ramdani, dan Yabes Rony. 

Selain mereka bertiga, masih ada winger idola Bobotoh, Febri Haryadi, dan dua winger lainnya, Nasir dan Arsyad Yusgiantoro. 

Selain itu, Milla hanya memanggil dua penyerang tengah, yakni Ahmad Nur Hadianto dan Marinus Mariyanto.

Dengan komposisi pemain tersebut, kemungkinan besar Milla bakal memilih formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1.

Selain faktor komposisi pemain, pemanggilan trio Evan Dimas, M Hargianto, dan Paulo Sitanggang juga semakin menguatkannya. Tiga pemain U-19 era Indra Sjafrie tersebut memang jauh lebih ideal ditempatkan dalam formasi 4-3-3.

Kombinasi itu akan semakin bagus dengan masuknya winger lincah Febri Hariyadi. Dia mampu beroperasi di kanan maupun kiri lapangan permainan. 

Milla mengatakan, seleksi atau training center timnas gelombang I nantinya bukan sekadar seleksi performa pemain di lapangan. Dia juga ingin mengenal lebih dekat pemain-pemain yang dipanggilnya, secara personal. 

“Hal pertama yang akan saya lakukan setelah memanggil 25 pemain ini adalah mengenal mereka lebih dalam, baik dari sisi permainan maupun personal,” ucap pelatih asal Spanyol tersebut. 

Menu latihan yang akan diterapkannya nanti akan lebih banyak berada di lapangan dengan bola. “Untuk menu latihan, aktivitas akan lebih banyak dengan bola untuk mengenal pemain lebih baik,” ujar Milla.

Memang, mantan pemain Barcelona itu tidak sendirian dalam merekrut bakal pemain timnas. Dia dibantu direktur teknik PSSI yang menyodorkan sebanyak 50 pemain. Dari 50 nama itu, hanya disisakan 25 nama setelah dipantau di Piala Presiden lalu.  

Rully Desrian, kiper Bhayangkara FC, dipanggil kembali. Kiper utama di era Indra Sjafri itu akan bersaing dengan Riyandi dan Kurniawan Ajie. Nama terakhir lebih berpengalaman karena selalu jadi pilihan utama di klubnya, Persiba Balikpapan. 

Di belakang, bek sayap kiri ada nama baru Nazar Nurzaidi yang akan bersaing dengan Putu Gede Juni Antara, yang dulunya adalah bek sayap Timnas U-19. Pun demikian di kanan, ada Ricky Fajrin yang harus kerja keras bersaing dengan Zalnando.

Di bek tengah, stok lama dipanggil semuanya mereka adalah Hansamu Yama menjadi nama lama bersama Ryuji Utomo, M. Zaenuri, dan Bagas Adi serta Hanif Sjahbandi.

Di sektor tengah, Muhammad Hargianto, Paulo Sitanggang, Evan Dimas akan bersaing dengan sosok Gian Zola ataupun Rizky Dwi. 

Di Depan, praktis Nurhadianto dan Marinus adalah dua nama yang menjadi muka non eks U-19 yang dipanggil oleh Milla.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!