Dapat tawaran dari klub Turki, Michael Essien memilih Persib Bandung

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dapat tawaran dari klub Turki, Michael Essien memilih Persib Bandung
"Persib datang dengan niat baik, jadi saya memilih untuk datang ke sini."

BANDUNG, Indonesia — Sebelum berlabuh ke Persib Bandung, Michael Essien ternyata pernah mendapat banyak tawaran dari berbagai klub, termasuk klub Turki dan Australia. Namun mantan gelandang Chelsea itu memilih Maung Bandung.

“Persib datang dengan niat baik, jadi saya memilih untuk datang ke sini. Setidaknya saya bisa ikut mempromosikan sepak bola Indonesia,” kata Essien di Kantor PT Persib Bandung Bermartabat, Selasa 14 Maret 2017.

Pemain asal Ghana ini resmi bergabung dengan Persib setelah meneken kontrak dengan nilai yang dirahasiakan, tepat di Hari Ulang Tahun Persib Bandung yang ke 84 tahun, hari ini.  Ia mendapatkan nomor pungung 5.

“Saya akan memberikan yang terbaik bagi Persib, memenangkan trofi untuk Persib. Harapannya semua berjalan dengan baik,” kata pemain yang juga pernah memperkuat Real Madrid dan AC Milan ini.

(Baca: Kisah Michael Essien, dari Chelsea menuju Persib Bandung)

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman mengatakan Essien pernah mengalami cedera panjang saat membela AC Milan dan Panathinaikos, namun ia yakin cedera pemain berusia 34 tahun ini sudah pulih. 

“Kita tahu (cedera yang dialami Essien), datang ke sini sudah melalui general check up, bagus, kondisi fisiknya  bagus. Sampai saat ini aman,” kata Djanur.

Menurut Djanur, pembelian Essien sesuai dengan kebutuhan tim. Sebab, dengan Essien, ia bisa mengutak-atik beberapa skema permainan, tidak lagi terpaku pada 4-2-3-1 atau 4-3-3.  

Djajang memproyeksikan Essien sebagai gelandang serang. Ia yakin permainan Essien akan meningkatkan daya dobrak timnya. Essien juga dinilai bisa mengisi lubang yang ditinggal Sergio van Dijk yang sedang cedera. 

“Kenapa saya cari Essien, karena memang dia saya proyeksikan di situ, walaupun dia sering juga main di gelandang pertahanan, tapi dia bisa main di gelandang serang,” kata Djajang. 

Djajang mengatakan, selain Essien, Persib juga sudah mendapatkan pemain mumpuni lainnya untuk posisi striker.  Namun ia menolak menyebutkan namanya.

“Sudah punya (nama pemain baru), sudah negosiasi. Tidak bisa disebutkan (namanya), enggak terlalu mentereng seperti (Essien) ini,” katanya.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!