Semua hal baru yang perlu kamu tahu tentang MotoGP 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semua hal baru yang perlu kamu tahu tentang MotoGP 2017
Dari hijrahnya Lorenzo ke Ducati hingga empat debutan baru

 

JAKARTA, Indonesia — Bintang balap dari Tim Yamaha, Valentino Rossi, tak sabar menanti dimulainya ajang balap MotoGP yang akan digelar pada Minggu, 26 Maret 2017. 

“Musim ini akan sangat menarik karena ada tiga pembalap top yang pindah tim. Ini tidak akan membuat perebutan gelar juara menjadi lebih mudah,” kata Rossi seperti dikutip dari motorsports.com.

Tiga pembalap yang disebut Rossi berganti tim adalah Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Andrea Ianone. “Akan menarik melihat bagaimana performa mereka bersama tim baru,” kata Rossi.

Selain tim baru, banyak hal baru lain pada musim MotoGP kali ini. Mulai dari empat debutan alias rookie baru, pabrikan baru, hingga peraturan baru. Semua perubahan ini akan membuat persaingan semakin sengit. Hasil balapan pun jadi sulit ditebak. 

Berikut beberapa hal baru yang perlu kamu tahu tentang MotoGP musim 2017:

Jorge Lorenzo hijrah ke Ducati

Jorge Lorenzo membuat kejutan saat memutuskan hengkang dari Yamaha ke Ducati. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, performa Ducati kalah jauh dari Yamaha.

Ducati terakhir kali menjadi juara dunia saat masih diperkuat pembalap Australia, Casey Stoner, pada musim 2007 alias hampir satu dekade lalu. Lantas apa yang membuat Lorenzo memilih Ducati?

Meski prestasinya tak sekinclong Yamaha, namun Ducati mencatatkan kemajuan pesat pada musim lalu, yakni saat mereka meraih dua kemenangan. Ini menjadi kemenangan pertama sejak 2010.

Di Ducati, Lorenzo akan bertandem dengan Andrea Davizioso. Menarik dinanti sepak terjang Lorenzo bersama ‘Desmosedici’nya Ducati.

Vinales jadi tandem Rossi

Foto diambil dari www.maverick25.com

Untuk mengisi slot kosong yang ditinggalkan Lorenzo, Yamaha merekrut Mavarick Vinales dari Tim Suzuki. Tak butuh waktu lama bagi Vinales untuk beradaptasi dengan motor Yahama M1. 

Ia, misalnya, langsung memimpin sesi uji coba pramusim di Circuit de la Comunita Valencia. Bersama Yamaha, Vinales siap bersinar. Saat masih membela Suzuki, Vinales pernah menang di seri Grandprix MotoGP Silverstone.

Di Yamaha, Vinales akan berduet dengan Valentino Rossi. Ini akan menjadi pasangan maut. Sebab Vinales akan memburu gelar pertamanya di MotoGP sementara Rossi mengejar rekor juara dunia 10 kali.

Suzuki gaet Andrea Iannone

Meski baru dua tahun kembali ke ajang MotoGP, Suzuki berhasil menancapkan taringnya di sirkuit. Musim lalu, misalnya, mereka sukses meraih kemenangan di Sirkuit Silverstone. 

Kini bersama pembalap baru mereka, yakni Andrea Iannone, Suzuki optimistis bakal melesat lebih cepat dan lebih gesit. “Pengalamannya penting untuk tim kami,” kata Manajer Tim Suzuki Davide Brivio.

Iannone sebelumnya membalap untuk Tim Ducati dan pernah meraih posisi kelima pada klasemen akhir musim 2015. Pengalaman panjangnya bersama Ducati, tentu saja, akan menjadi masukan penting bagi Suzuki. 

Pemain baru: KTM

Pabrikan asal Austria ini akan memulai debut  MotoGP mereka dengan dua pembalap andalan Bradley Smith dan Pol Espargaro. Keduanya akan memacu RC16, motor racikan KTM yang dirilis pada Senin, 20 Februari 2017 lalu.

“Motor ini sangat liar,” kata Espargaro. Tak hanya mesinnya yang liar, namun penampilan body motornya juga sangar. Dengan racikan warna oranye dan hitam, RC16 benar-benar tampak bengis. Namun sebengis apa motor ini di sirkuit? Mari tunggu tanggal mainnya.

Empat rookie baru 

Empat wajah baru akan menghiasi MotoGP musim ini. Mereka yakni Johann Zarco (Yamaha Tech 3), Jonas Folger (Yamaha Tech 3), Alex Rins (Suzuki Ecstar) hadir, dan Sam Lowes (Aprilia Gresini). 

(MotoGP 2017: Menanti kejutan para debutan)

Meski berstatus debutan, namun mereka bukan nama asing di ajang balap. Beberapa di antara mereka sudah malang melintang di Moto2 dan Moto3. Sehingga menganggap remeh mereka akan menjadi kesalahan besar.

—Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!