Latihan perdana, Michael Essien dikawal bodyguard

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Latihan perdana, Michael Essien dikawal bodyguard
Essien belum berlatih secara penuh

BANDUNG, Indonesia.  Setelah absen pada latihan kemarin karena kelelahan, Michael Essien akhirnya mengikuti latihan perdananya bersama di Lapangan Lodaya Kota Bandung, Kamis 30 Maret 2017.  

Hadirnya Essien pada latihan yang berlangsung mulai pukul 16.00 wib itu ditonton sekitar seribuan orang yang antusias menantikan kedatangan mantan pemain Chelsea itu.

Setiap gerakan atau tendangan yang dilakukan Essien selalu disertai tepukan dan sorakan dari para penonton. Essien menanggapi respon para penonton dengan santai dan membalasnya dengan senyuman. “Saya menikmatinya,” kata Essien saat istirahat di sela latihan, Kamis 30 Maret 2017.

Essien tidak mengikuti sesi latihan secara penuh. Setengah jam menjelang berakhirnya latihan, pelatih Persib Bandung Djadjang “Djanur” Nurdjaman menyuruhnya beristirahat. “Pelatih menyuruh saya berhenti, bukan karena saya lelah,” kata Essien.

Djanur punya alasan mengistirahatkan Essien lebih cepat dari pemain lain.  Ia tidak ingin terlalu memaksakan Essien yang baru beberapa hari tiba di Bandung.  Menurutnya, Essien perlu beradaptasi dulu dengan kondisi Bandung dan suasana latihan.

“Dia baru pertama kali datang, masa saya mau ikut semua (menu latihan). Saya pikir enggak ,  step by step lah.  Dia pun dalam keadaan baru beberapa hari di Indonesia,  saya pikir buat dia masih sedikit problem,” kata Djanur.

Namun Djanur menyakini, Essien bisa mengikuti sesi latihan bersama sekitar 20 rekan setimnya. Bahkan, menurut Djanur, Essien terlihat senang. “Boleh tanya, dia happy, dia enjoy dengan latihan kami.  Saya pikir tidak ada masalah buat dia,” ujarnya.

Meski demikian, Djanur sedang memikirkan menu latihan yang cocok untuk meningkatkan stamina anak asuhnya itu. Tapi Djanur menegaskan, ia tidak akan mengubah program, agenda, dan metode latihan karena seorang Essien. Malah menurut Djanur, Essienlah yang harus mengikuti program latihannya.

“Latihan saya sudah mengikuti era sepakbola sekarang, kenapa mesti diubah.  Pemain bintang ini harus mengikuti program latihan saya. Karena saya juga tidak ortodok-ortodok amat,” tegasnya.

Rencananya, Persib Bandung akan mengelar pertandingan persahabatan dengan Barito Putra dan Bali United. Djanur memastikan akan mengikutkan Essien pada laga melawan Barito Putra, 5 April mendatang. “Dia masih ada lima latihan lagi sebelum pergi ke sana (Banjarmasin). Dia musti dibawa,” kata Djanur.

Sementara striker baru Persib Bandung, Carlton Cole, yang baru saja meneken kontrak, tidak terlihat berlatih bersama rekan setimnya.  Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menyebutkan, mantan pemain West Ham United itu sedang beristirahat. “Dia kan baru datang dari Inggris, masih kelelahan,” katanya. 

Dikawal Bodyguard

Dua pengawal berbadan kekar dan tegap mengawal Michael Essien selama latihan. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler

Terlihat dua pria berotot kekar dan berseragam hitam-hitam yang mendampingi Essien saat berlatih untuk pertama kalinya bersama tim Maung Bandung.  Riman, salah satu dari pria kekar itu mengaku ditugaskan untuk mengawal Essien. 

“Kami berdua ditugaskan untuk mengawal Essien selama latihan hingga sampai kembali ke Mess Persib,” kata Risman. Menurut Risman, ada sekitar 10 orang yang ditugaskan untuk melakukan pengawalan, tidak hanya Essien, tapi juga pemain Persib lainnya.

Sebelumnya,  Umuh sempat mengatakan, akan memberikan pengawalan khusus bagi pemain barunya itu. Tujuannya, mengamankan Essien dari serbuan bobotoh, sebutan untuk supporter Persib Bandung. “Saya telah siapkan pengamanan untuk menghadapi bobotoh yang akan menyerbu untuk difoto,” kata Umuh, Rabu 29 Maret 2017

 Tapi Essien sendiri mengaku tidak butuh pengawalan itu. “Saya tidak butuh bodyguard,” katanya saat jumpa pers, Rabu. —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!