Semua hal seru yang perlu kamu tahu tentang El Clasico

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semua hal seru yang perlu kamu tahu tentang El Clasico
Barcelona akan menantang Real Madrid pada Senin dinihari

JAKARTA, Indonesia — Barcelona akan menantang Real Madrid dalam laga lanjutan La Liga di Santiago Bernabeu, Madrid, Senin dinihari nanti. Ini akan menjadi duel terpanas di penghujung musim ini. 

Sebab, siapapun tahu rivalitas Barcelona dan Real Madrid, dua tim raksasa Spanyol yang dalam satu dekade terakhir selalu berebut posisi puncak klasemen La Liga.

Nama-nama seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, serta Gareth Bale pun akan menjadi jaminan panasnya duel yang sering disebut el clasico ini.

Apalagi kedua tim juga sedang berebut puncak klasemen. Real Madrid saat ini masih menguasai puncak klasemen La Liga dengan 75 poin. Namun mereka hanya berjarak 3 poin dari Barcelona.

Sehingga jika di laga ini Madrid kalah, maka kedua tim akan memiliki poin sama, yakni 75 poin. Namun Madrid harus rela menyerahkan puncak klasemen kepada Barcelona karena kalah dalam selisih jumlah gol.

So, jangan lewatkan duel terpanas di penghujung musim ini. Sebelumnya, simak fakta-fakta menarik seputar el clasico berikut:

Musuh bebuyutan

Real Madrid adalah klub yang paling sering mengalahan Barcelona di ajang La Liga, yakni 72 kali. Sementara Barcelona adalah tim yang paling sering mengalahkan Real Madrid di La Liga, yakni 68 kali.

Dominasi Real Madrid

Real Madrid hanya dua kali menelan kekalahan dalam enam el clasico terakhir yang digelar di Santiago Bernabeu. Terakhir kali Real Madrid kalah dari Barcelona di Santiago Bernabeu saat mereka ditekuk 0-4 pada 21 November 2015.

Rajin mencetak gol

Real Madrid selalu mencetak gol dalam 43 laga La Liga terakhir. Hanya Barcelona yang bisa mengalahkan rekor ini. Barcelona pernah mencetak gol dalam 64 laga La Liga secara berturut-turut! Selain itu, Barcelona juga selalu membobol gawang Real Madrid dalam 22 pertandingan terakhir di semua kompetisi. 

Performa Messi menurun

Lionel Messi mencetak hat-trick ke gawang Real Madrid pada 2014. Tiga golnya itu membuat koleksi golnya di el clasico menjadi 21 gol. Catatan ini membuat namanya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di ajang el clasico. Namun sejak itu Messi tak lagi mencetak gol dalam enam laga el clasico berikutnya. Ini menjadi catatan terburuk Messi dalam sejarah el clasico.

Ronaldo dan titik putih 

Dalam sejarah el clasico, Cristiano Ronaldo telah mengemas 16 gol. Koleksi golnya ini hanya kalah dari Afredo Di Stefano (18 gol) dan Lionel Messi (21 gol). Namun dalam 12 laga el clasico terakhir, Ronaldo hanya mencetak 5 gol. Tiga di antaranya ia cetak melalui tendangan penalti. 

Waspadai Luis Suarez

Bekas pemain Liverpool ini telah mencetak 4 gol ke gawang Real Madrid di ajang La Liga sejak ia bergabung dengan Barcelona pada awal musim 2014. Tidak ada pemain lain yang mengoleksi gol sebanyak ini di el clasico dalam rentang waktu tersebut.

5 gol Karim Benzema 

Sementara itu Barcelona harus benar-benar mewaspadai pergerakan striker Madrid Karim Benzema. Sebab pemain berpaspor Prancis ini telah mencetak lima gol dalam lima el clasico terakhir yang digelar di Santiago Bernabeu.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!