Lima hal yang perlu kamu tahu tentang Nicky Hayden

Yanwar Arifin

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lima hal yang perlu kamu tahu tentang Nicky Hayden
Nicky Hayden pernah menjadi juara dunia MotoGp pada 2006

JAKARTA, Indonesia — Dunia balap kehilangan salah satu pembalap terbaiknya: Nicky Hayden. Juara MotoGP 2006 itu meninggal dunia setelah sempat koma selama beberapa hari. 

Hayden menghembuskan napas terakhir pada Senin di Rumah Sakit Maurizio Bufalini di Cesena, Italia, Senin waktu setempat. Cedera pada kepala dan dada akibat tertabrak mobil pada Rabu pekan lalu diduga menjadi penyebab kematiannya.

Untuk mengenang sosok pebalap bernomor 69 tersebut, berikut lima hal perlu kamu tahu mengenai Nicky Hayden:

 

Debut di MotoGP pada 2003

Hayden melakukan debut di MotoGP pada 2003. Tidak tanggung-tanggung, dia direkrut oleh salah satu Tim Pabrikan terbaik kala itu: Repsol Honda. Dia menjadi partner Valentino Rossi, juara bertahan MotoGP kala itu. 

Berada satu tim dengan Juara bertahan membuat Hayden banyak belajar. Hasilnya, dia berhasil finis di posisi 5 klasemen akhir MotoGP 2003. Hayden berhasil dua kali naik podium di sirkuit Motegi dan Sirkuit Phillip Island. Ini merupakan hasil yang luar biasa bagi seorang rookie. Tidak mengherankan jika dia berhasil menjadi rookie of the year 2003. 

Kemenangan Pertama di Laguna Seca

Setelah mengarungi musim yang tidak menyenangkan pada 2004 dengan hanya finis di posisi kedelapan klasemen akhir 2004, Hayden akhirnya meraih podium juara pertama kalinya di musim 2005. Tak tanggung-tanggung, dia berhasil meraihnya di hadapan publiknya sendiri, di Laguna Seca. 

Mengawali balapan dari pole position, The Kentucky Kid tak terkejar oleh para saingannya. Hayden finis di depan Collin Edwards dan Valentino Rossi. Di musim ini, Hayden berhasil masuk ke jajaran pebalap papan atas MotoGP. Dia finis di urutan ketiga pada klasemen akhir MotoGP musim 2005 di belakang Valentino Rossi dan Marco Melandri.

Juara Dunia 2006

Musim 2006 merupakan salah satu musim terkompetitif dalam sejarah MotoGP. Di musim ini pula, Hayden secara mengejutkan berhasil menjadi juara dunia MotoGP. Hal ini sangat mengagetkan seluruh penggemar MotoGP. Bagaimana tidak, Hayden bukanlah favorit untuk meraih gelar juara dunia musim itu.

Setelah tampil apik pada sebelas balapan awal MotoGP 2006 dengan 9 kali naik podium (dua di antaranya juara), Hayden gagal mempertahankan performa apiknya di lima seri berikutnya. Puncaknya adalah gagal finis pada seri ke-16 di Estoril, Portugal akibat insiden dengan rekan setimnya, Pedrosa. Hasil tersebut membuat Rossi berhasil merebut puncak klasemen pebalap dengan selisih hanya 8 poin.

Kemenangan Hayden didapat lewat cara dramatis di seri terakhir. Valentino Rossi yang sempat terjatuh hanya bisa menyelesaikan perlombaan di urutan ke-13, sedangkan Hayden finis di nomor urut ketiga.  Hayden akhirnya menyudahi kompetisi musim itu dengan keunggulan lima angka atas Rossi, 252-247. 

Pindah ke Superbike

Setelah berhasil meraih podium juara pada 2006, karier Nicky Hayden mengalami penurunan. Ia gagal masuk papan atas di musim-musim berikutnya. Setelah pindah ke Ducati pada 2009, kemudian berpindah lagi pada 2014 ke Tim Aspar Honda, Hayden akhirnya memutuskan untuk menyudahi kariernya di MotoGP pada 2016 dan berpindah ke Superbike.

Hayden menyudahi kariernya di MotoGP dengan membukukan 216 penampilan, meraih podium sebanyak 28 kali, mencatatkan 7 fastest lap, dan merebut lima kali pole position.

Di Superbike, Hayden menggantikan Sylvain Guintoli di tim Ten Kate Racing bermesinkan Honda, bersama Michael van der Mark. Di musim 2016 itu, Hayden berhasil finis di posisi kelima klasemen akhir Superbike dengan empat kali naik podium. 

Mendapat Gelar Legenda pada 2015

Hayden mendapat gelar kehormatan sebagai legenda MotoGP setelah Dorna memasukkan namanya ke dalam Hall of Fame MotoGP di seri terakhir musim 2015 di Valencia.

Hayden menjadi pebalap ke-22 yang berhasil meraih gelar kehormatan tersebut. Kini nama Nicky Hayden sejajar dengan Casey Stoner, Mick Doohan, Kenny Roberts yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalam jajaran legenda MotoGP. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!