Siapa pelatih baru Persib? Ini syarat dari Bobotoh dan pemain

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Siapa pelatih baru Persib? Ini syarat dari Bobotoh dan pemain
Nama Rahmad Darmawan meramaikan bursa pelatih Persib Bandung

BANDUNG, Indonesia — Pasca mundurnya Djadjang Nurdjaman, kursi pelatih Persib Bandung kini diisi oleh asisten pelatih Herrie “Jose”Setiawan.  Manajemen akan mencari pengganti Djadjang untuk menghadapi putaran kedua Liga 1 Gojek Traveloka 2017.

Lalu, seperti apa sosok pelatih yang diharapkan? Pengurus Viking Persib Club, Gus Dul, berharap pengganti Djajang adalah sosok yang bisa membawa tim Maung Bandung lebih berprestasi lagi.  

Untuk itu, Dul melanjutkan, pengganti Djajang haruslah piawai dalam meracik strategi sehingga permainan Persib bisa lebih enak ditonton.“Satu lagi, dia bisa menyatukan pemain,” kata Gus Dul kepada Rappler, Senin 24 Juli 2017.

Gus Dul tidak peduli apakah pelatih yang akan didatangkan nanti pelatih lokal atau asing. Yang penting, menurutnya, sesuai dengan kriteria yang diharapkan tersebut.“Kudu make hate intina mah (harus dengan hati intinya),” ujar Gus Dul.

Gus Dul menyadari, tidak akan mudah mencari pelatih yang sesuai dengan harapannya. Untuk sementara, Gus Dul lebih memilih Herrie “Jose” Setiawan sebagai pelatih di putaran dua nanti.

“Kalau saat ini mah sosok Pak Herrie aja dulu, bisa dicoba, karena tidak bisa instan lah melatih dan menyatukan pemain dengan berbagai karakter,” katanya.

Senada dengan Gus Dul, pemain senior Persib Bandung, Tony Sucipto, lebih cenderung memilih Herrie “Jose” Setiawan sebagai pelatih.  Menurutnya, Herrie sudah mengetahui karakter tim dan telah menjadi bagian dari Persib sejak 2012.

“Pak Jose sudah tahu karakter tim ini. Selama kompetisi ini masih jalan, lebih baik asisten pelatih yang meneruskan.  Dan lagi, jangan sampai datangnya pelatih baru, belum tahu Persibnya seperti apa, pastinya adaptasi lagi,” kata pemain dengan posisi Gelandang ini.

Sementara Pengamat Sepakbola dan legenda Persib Bandung, Yudi Guntara, menyebutkan nama Rahmad Darmawan yang menurutnya cocok menduduki kursi pelatih Persib Bandung. 

Rahmad, kata Yudi, memiliki semua kriteria sosok pelatih yang diharapkan, terutama untuk menangani Persib Bandung, tim yang dinilainya penuh intrik.

“Saya memilih Coach RD (Rahmad Darmawan) karena beliau orang yang tegas, beliau kan latar belakangnya militer, jadi jauh untuk diintervensi,” kata Yuydi. “Coach Djanur juga pernah jadi asisten Coach RD,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Yudi pernah sekamar dengan Rahmad Darmawan saat memperkuat Persija. Sehingga tak mengherankan jika ia berharap Rahmad Darmawan datang menggantikan Djajang. 

Rahmad, lanjut Yudi, juga pelatih yang berpengalaman dan pernah membawa klubnya juara.  Selain itu, Yudi menilai, Rahmad bisa memahami karakter dan menyatukan para pemain Persib Bandung.

“Tapi dengan catatan, semua rekruitmen pemain itu harus keinginan pelatih, jangan banyak yang ikut campur,” tegasnya.

Namun Yudi memproyeksinya RD untuk liga musim mendatang.  Untuk musim ini, ia cenderung memilih Herrie Jose. Sayangnya, Herrie masih belum mendapat Lisensi A, yang menjadi syarat bagi pelatih di Liga 1.  

Rencananya, Herrie baru akan mengikuti kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi A, Agustus mendatang.“Lihat dulu ketentuan di Liga 1 ini,” kata Yudi.

Di samping dua nama itu, Yudi juga mencalonkan Emral Abus, anggota Komite Teknik dan Pengembangan PSSI yang pernah mendampingi tim Pangeran Biru di Champion Asia.“Dia kan minimal tahu sebagian besar pemain Persib,” ujarnya.

Manajemen Persib Bandung sendiri masih mencari cari pelatih pengganti Djanur.  Belum ada satupun nama yang muncul ke permukaan.  Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengatakan, pihaknya masih belum memiliki gambaran siapa pelatih yang cocok dengan kondisi Persib saat ini.

Namun Umuh menegaskan, tidak masalah pelatih lokal atau asing, yang penting berkualitas.“Siapapun, mau lokal mau asing yang penting berkualitas, yang bisa sesuai dan diterima oleh para pemain, yang sesuai dengan Persib,” kata Umuh.

Dan seperti apa sosok pelatih yang diharapkan Djanur?

Kepada Rappler, Djanur mengungkapkan kriteria pelatih yang diharapkan mengganti posisi dirinya.  Djanur menyebutkan pelatih Persib ke depan harus memahami karakter sepakbola Persib Bandung dengan segala intriknya, termasuk tekanan dari Bobotoh. 

“(Pelatih nanti) harus menyadari betul dan harus siap dengan itu,” kata Pelatih yang telah mempersembahkan 4 trofi ini.

Djanur juga berharap, pelatih pengganti dirinya bisa melakukan apa yang telah dilakukannya di Persib, yakni memupuk kebersamaan dan kekeluargaan di dalam tim.  Menurutnya, itulah yang menjadi modal kuat tim selama ini. 

“Sehingga saya berharap, pelatih nanti punya cara yang sama dengan saya atau mungkin bisa saja dia punya cara yang lebih jitu dari pada saya,” kata Djanur. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!