Binibining Pilipinas

Daftar sementara medali SEA Games 2017: Indonesia ada di peringkat empat

Adrianus Saerong

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar sementara medali SEA Games 2017: Indonesia ada di peringkat empat
Myanmar berhasil menyalip Indonesia usai memenangkan dua medali emas dan satu medali perak

JAKARTA, Indonesia – Setelah sempat memuncaki klasemen perolehan medali SEA Games 2017 lewat dua raihan emas dari cabang olahraga panahan yang diwakili atlet compound individu, Prima Wisnu, dan Sri Ranti, posisi Indonesia terus menurun. Perunggu dari compound beregu panahan perempuan, perenang 10 kilometer putra, Alfah Fadlwan Prawira serta renang indah duet hanya bisa menempatkan Indonesia di posisi empat. 

Total lima medali, masing-masing dua emas, dan tiga perunggu menjadi catatan Indonesia di klasemen sementara SEA Games 2017. Perenang sinkronisasi bebas solo Anisa Fetritanti gagal menyumbangkan medali setelah berada di posisi lima dari delapan atlet. 

Namun, Indonesia kembali mendapatkan harapan dari tim regu sepaktakraw yang berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-0 pagi tadi. Hari ini, tim regu sepaktakraw Indonesia akan bertemu dengan tuan rumah Malaysia sebelum menutup turnamen melawan Brunei, esok hari.

Cabang olahraga sepaktakraw sejauh ini sudah mengalungi empat medali, namun semuanya berasal dari chinlone, sejenis permainan juggling dalam sepak bola, para peserta beradu waktu untuk mengontrol bola di udara. Indonesia tidak mengirimkan wakilnya pada turnamen ini. Akan tetapi, Thailand, Myanmar, dan Malaysia berhasil menambah perolehan emas melalui chinlone.

Chinlone menyumbangkan empat medali, satu emas, satu perak, dan dua perunggu untuk Malaysia. Sementara Myanmar berhasil mengalungi dua medali emas lewat chinlone, dan mengungguli Indonesia di klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2017. Meski prestasi Myanmar lainnya sejauh ini hanya satu perak dari cabang olahraga panahan regu campuran, tiga medali mereka sudah cukup untuk berada di atas Indonesia. Pasalnya, perolehan emas Myanmar sama dengan Indonesia, dan Indonesia belum memiliki medali perak hingga saat ini.

Dari 13 medali yang sudah diserahkan kepada para pemenang sejauh ini, tuan rumah Malaysia selalu berhasil naik ke podium. Mereka tujuh kali mendapatkan medali emas, sementara masing-masing tiga perak, dan perunggu dikantongi. Tiga medali emas Malaysia dapatkan melalui cabang olahraga panahan, sementara dua diraih lewat renang terbuka 10 kilometer putra, dan putri. Satu dari renang sinkronisasi solo teknikal, dan chinlone.

Atlet panahan Malaysia yang sebelumnya dikalahkan oleh Prima Wisnu di compound individu, Juwaidi Mazuki, membantu negara mendapat medali emas bersama tim compound putra, dan juga campuran. Juwaidi Mazuki sadar bahwa kemenangan bersama timnya merupakan sesuatu yang krusial bagi tuan rumah di SEA Games 2017.

“Kemenangan ini sangat berharga untuk Malaysia, apalagi setelah kita gagal mendapatkan hasil maksimal di ajang perseorangan kemarin,” kata Muzadi kepada harian Utusan setelah memenangkan medali emas bersama tim compound putra Malaysia.

Berikut total raihan medali sementara saat ini:

 

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!