PH collegiate sports

SEA Games: 10 pemain Timnas tahan imbang Vietnam 0-0

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SEA Games: 10 pemain Timnas tahan imbang Vietnam 0-0
Sepanjang pertandingan, para pemain Timnas terus mendapatkan tekanan

JAKARTA, Indonesia — Tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 sukses menahan imbang 0-0 Vietnam dalam laga penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion MPS Selayang, Malaysia, Selasa 22 Agustus 2017.

Mengenakan jersey putih-putih, para pemain Timnas langsung mendapatkan tekanan dari para pemain Vietnam. Bahkan, sampai 20 menit pertama, para pemain Timnas lebih banyak bermain di daerah mereka sendiri.

Permainan cepat yang diperagakan para pemain Vietnam membuat Timnas kesulitan mengembangkan permainan. Sehingga praktis tak banyak penetrasi yang bisa dilakukan para pemain Timnas sepanjang 20 menit pertama.

Sementara Vietnam telah bolak-balik menciptakan peluang di depan gawang Timnas yang nyaris menjadi gol. Untungnya, pemain bek Timnas bermain cukup disiplin dan solid.

Situasi tak kunjung berubah hingga menit ke-30. Para pemain Vietnam masih terus menusuk melalui sayap kanan mereka sementara para pemain Timnas masih mencari cara untuk keluar dari tekanan Vietnam.

Pada menit ke-27, Vietnam mendapatkan peluang emas saat pemain sayap kanan mereka melepaskan umpan ke depan gawang Timnas. Namun pemain depan mereka gagal memanfaatkan peluang yang sudah di depan mata.

Dua menit kemudian, Vietnam kembali nyaris membobol gawang Timnas melalui sepakan keras dari luar kotak penalti, namun bola masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Satria Tama.

Memasuki menit ke-30, para pemain timnas mulai keluar dari sarang mereka. Pelan namun pasti Timnas mulai merangsek ke barisan belakang Vietnam. Setidaknya, pada menit ke-28 dan 30, mereka nyaris membobol gawang Vietnam.

Namun mash sulit bagi para pemain Timnas untuk mengambil penguasaan bola dari Vietnam. Sebab para pemain Vietnam masih tetap bermain dengan tempo tinggi. Namun sampai babak pertama berakhir, skor 0-0 belum juga berubah.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, para pemain Vietnam masih memperagakan permainan cepat dan terus menekan. Pada menit ke-55, Vietnam bahkan nyaris membobol gawang Timnas saat pemain sayap kanan mereka melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Namun bola bisa dihalau oleh Kiper Satria Tama.

Pada menit ke-63, Hanif Sjahbandi melakukan pelanggaran dengan menyikut pemain Vietnam, pelanggaran yang membuatnya mendapatkan kartu merah. Pada saat yang sama, penjaga gawang Satria Tama untuk yang kedua kalinya dalam pertandingan ini mengalami cedera. 

Satria Tama akhirnya ditarik ke luar digantikan Kartika Ajie. Peluang Timnas untuk menaklukkan Vietnam semakin tipis karena kini mereka hanya bermain dengan 10 pemain. Vietnam memanfaatkan keunggulan jumlah pemain mereka dengan terus mengepung dan menekan pertahanan Timnas. 

Namun, sejak Hanif dikeluarkan wasit, para pemain Timnas menerapkan stategi off side yang berulang kali berhasil menjebak para pemain Vietnam. Taktik ini cukup menyulitkan Vietnam.

Berulangkali para pemain Vietnam melakukan penetrasi, namun solidnya barisan belakang Timnas membuat serangan demi serangan selama 10 menit terakhir tersebut selalu kandas.

Vietnam memiliki peluang emas pada menit ke-90. Saat itu seorang pemain depan mereka lepas dari kawalan dan hanya tinggal berhadapan dengan Kiper Kartika Ajie. Namun Kartika Ajie berhasil menghalau bola.

Sampai lima menit tambahan waktu berakhir, Vietnam yang terus menyerang sejak menit awal tetap gagal membobol gawang Timnas, membuat skor 0-0 bertahan hingga laga berakhir. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!