5 hal mengenai Khairy Jamaluddin, sang Menpora Malaysia

Santi Dewi

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal mengenai Khairy Jamaluddin, sang Menpora Malaysia
Walau menjabat sebagai Menpora Malaysia, tetapi Khairy juga ikut dalam barisan atlet di ajang SEA Games 2017

JAKARTA, Indonesia – Insiden bendera Indonesia yang terbalik di buku souvenir SEA Games pada akhir pekan lalu akhirnya membuat publik mengenali sosok Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin. Selain mengecam keteledoran panitia SEA Games, rupanya warga net juga ramai menyoroti Khairy karena parasnya yang enak dipandang.

Khairy mencuri perhatian ketika ikut memberikan keterangan pers bersama Menpora Imam Nahrawi di Kuala Lumpur. Di hadapan media Indonesia, atas nama Pemerintah Malaysia, Khairy meminta maaf kepada publik Indonesia atas insiden terbaliknya bendera merah putih di buku souvenir tersebut.

Penasaran dengan sosok Khairy? Berikut lima hal yang perlu kamu ketahui mengenai politisi UMNO yang tengah naik daun itu:

1. Terlahir di keluarga diplomat

Khairy Jamaluddin Abu Bakar lahir di Kuwait pada 10 Januari 1976. Ayahnya, Datuk Jamaluddin Abu Bakar merupakan seorang pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Jabatan terakhir yang diampu sang ayah sebelum pensiun yakni Komisi Tinggi Malaysia untuk Kerajaan Inggris. Terlahir sebagai anak diplomat, maka tak heran jika pria yang akrab disapa KJ itu banyak menghabiskan masa mudanya di luar Malaysia.

Ia menempuh pendidikan di University Oxford dan University College London (UCL) dengan gelar sarjana Filosofi, Politik dan Ekonomi (PPE). Kemudian, di tahun 1998, KJ mengambil program master di bidang hukum dan ilmu politik di UCL.

Sementara, sang ibu, Dato’ Rahmah Abdul Hamid lebih banyak melibatkan diri dalam kegiatan kemanusiaan.

2. Dari jurnalistik ke politik

MENANG. Khairy Jamaluddin terpilih sebagai Presiden organisasi pemuda UMNO pada tahun 2009 lalu. Foto oleh Saeed Khan/AFP

Usai menamatkan pendidikannya, KJ kembali ke Malaysia. Di awal kariernya, ia sempat bekerja sebagai jurnalis selama beberapa waktu. Dia menjadi presenter dan membawakan program talkshow berjudul Dateline Malaysia.

KJ juga aktif menulis di beberapa media internasional seperti The Economist, Time dan Wall Street Journal. Ia kemudian direkrut menjadi staf khusus di kantor mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi.

Ketika bekerja dengan Badawi ini lah ia mengenal Nori Abdullah, yang notabene putri sang Perdana Menteri. Bak kisah dongeng, akhirnya KJ memacari Nori dan mereka menikah di bulan Oktober 2001.

Dari pernikahan tersebut, KJ dan Nori dikaruniai tiga orang anak. Resmi menjadi menantu Badawi, karier KJ di bidang politik pun semakin mulus.

Ketika sang ayah mertua masih berkuasa, KJ menjadi Wakil Ketua Organisasi Pemuda UMNO dan juga bertugas sebagai penasihat pribadi Badawi. Karena kedekatannya itu pula, membuat ia rentan dari sasaran kritik.

Di tahun 2008, KJ terpilih sebagai anggota parlemen federal di negara bagian Negeri Sembilan. Setahun sesudahnya, ia terpilih sebagai Presiden Pemuda UMNO dan mengalahkan dua pesaing lainnya yakni Khir Toyo dan Mukhriz Mahathir.

Ia kemudian terpilih sebagai Menpora pada 16 Mei 2013. Sesuai dengan nama jabatannya, KJ rupanya ingin mengubah citra para pejabat publik pada umumnya. Dengan gayanya yang muda dan penampilan yang atletis, KJ jelas berharap bisa menggaet suara anak muda untuk mendukung kebijakannya.

3. Tampil di sampul depan majalah kesehatan

Penampilannya yang atletis, modern, dan kharismatik membuat Khairy jelas digandrungi banyak kaum hawa. Tetapi, rupanya ia menggunakan image itu untuk bisa menggaet para pemuda Malaysia dari generasi Y atau kaum milenial.

Ia pun juga aktif di beberapa akun media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga ke Instagram. Jumlah pengikutnya pun tak bisa dibilang sedikit yakni mencapai 1 juta orang baik di Twitter dan Facebook.

Apalagi, ia pernah terpilih sebagai salah satu pemimpin global dunia oleh Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Khairy pun tak canggung tampil di sampul depan majalah. Yang paling membetot perhatian yakni ketika ia bersedia masuk ke dalam cover depan majalah Men’s Health edisi Malaysia. Warga net, khususnya dari Indonesia, banyak yang membicarakan penampilannya di majalah yang terbit tahun 2015 lalu.

4. Dijuluki ‘ayah’ oleh publik Malaysia

Memiliki penampilan yang tetap fit di usia 40 tahunan membuat Malaysia kerap memanggilnya dengan sebutan ‘ayah’. Maka pada akhir Juni lalu ia berkicau dan bertanya kepada warga net maksud dari sapaan ‘ayah’ itu.


Pertanyaan yang terkesan lugu itu jelas mendapatkan respons yang sangat beragam. Bahkan, tidak sedikit yang meledeknya dengan sebutan ‘hot daddy’.

Sebuah media Malaysia menjelaskan, kata ‘ayah’ yang kerap disampaikan publik bermakna untuk merujuk kepada pria yang sudah tua namun masih terlihat menarik. Konotasinya terkesan gombal.

Tetapi, KJ rupanya tidak tersanjung atas sebutan ‘ayah’ untuknya. Hal itu terlihat dari responsnya di dunia maya.

5. Ikut bertanding di SEA Games 2017

Kendati ia juga bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan SEA Games ke-29, tetapi KJ juga ikut terjun sebagai peserta. Ia ikut ke dalam tim atlet polo berkuda yang bertanding dengan atlet dari negara lainnya.

Kepastian itu disampaikan secara langsung oleh Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) sebagai satu dari tujuh atlet polo berkuda. Kendati banyak menimbulkan tanda tanya, tetapi, menurut Presiden OCM, Tunku Tan Sri Imran Tuanku Ja’afar, hal itu tidak masalah. Keikutsertaan KJ sekaligus menahbiskannya sebagai Menteri pertama Malaysia yang ikut terdaftar sebagai atlet di ajang prestisius SEA Games.

“Siapa pun warga Malaysia yang memiliki kemampuan yang cukup dapat mewakili Malaysia di SEa Games dan itu termasuk Menpora,” kata Imran seperti dikutip media Malaysia.

Apalagi, katanya, KJ telah meluangkan waktu untuk berlatih.

“Lagipula ia juga telah melewati proses seleksi yang ketat. OCM yakin bahwa semua proses seleksi telah diikutinya,” kata dia.

Selain KJ, ada pula pejabat lain yang ikut sebagai atlet dalam SEA Games tahun ini yaitu Sultan Mizan Zainal Abidin yang menjadi Sultan Trengganu. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!