SEA Games: Dua skenario yang bisa meloloskan Timnas ke semifinal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SEA Games: Dua skenario yang bisa meloloskan Timnas ke semifinal
Nasib Timnas Indonesia juga akan ditentukan oleh hasil laga Thailand kontra Vietnam

JAKARTA, Indonesia — Tim nasional (Timnas) Indonesia U-22 akan menghadapi Kamboja dalam laga terakhir babak penyisihan Grup B SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis 24 Agustus 2017.

Indonesia harus memenangi duel ini untuk bisa meraih tiket ke semifinal. Sebab persaingan di tiga besar klasemen Grup B saat ini sangat ketat sementara hanya dua besar yang akan mendapatkan tiket semifinal.

(Baca: Laga penentuan, Timnas siap hadapi Kamboja)

Vietnam saat ini menguasai puncak klasemen Grup B dengan 10 poin. Peringkat kedua dikuasai Thailand juga dengan 10 poin. Sementara Indonesia di peringkat tiga dengan 8 poin.

Dengan selisih dua poin dari peringkat pertama dan kedua, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal. Berikut skenario yang bisa membuat Indonesia lolos ke semifinal:

Menang atas Kamboja

Indonesia memang tak punya pilihan selain menekuk Kamboja.  Sebab, dengan tambahan tiga poin, total poin Indonesia akan menjadi 11.

Dengan begitu, Indonesia sudah bisa melenggang ke semifinal. Namun ini dengan asumsi Thailand bisa mengalahkan Vietnam atau sebaliknya, sehingga salah satu dari kedua tim tersebut tidak mendapatkan poin.

Bagaimana jika Thiland vs Vietnam berakhir imbang?

Jika Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0, maka kedua poin mereka akan sama 11. Jika pada saat yang sama Indonesia menang atas Kamboja, maka Indonesia pun akan mengoleksi 11 poin.

Siapa yang akan lolos ke semifinal akan ditentukan melalui perbedaan selisih gol. Saat ini selisih gol Vietnam +11 dan Thailand +6. Sementara selisih gol Indonesia hanya +4.

Sehingga, jika Thailand dan Vietnam bermain imbang 0-0, maka Indonesia harus menekuk Kamboja dengan skor minimal 3-0 untuk bisa menyalip selisih gol Thailand.

Namun jika Thailand vs Vietnam bermain imbang 1-1, maka Indonesia harus mencetak  minimal 4 gol ke gawang Vietnam tanpa balas, begitu seterusnya. 

Karena itu, meski Kamboja bukanlah tim berat, namun laga kali ini tidak akan mudah bagi Timnas karena nasib mereka juga ditentukan oleh hasil laga Thailand kontra Vietnam.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!