Tina Talisa dan 5 hal tentang debat kedua Pilgub DKI

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tina Talisa dan 5 hal tentang debat kedua Pilgub DKI
Durasi debat akan diperpanjang

JAKARTA, Indonesia — Debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 akan digelar pada Jumat, 27 Januari 2017 mendatang.

Seperti debat pertama, debat kedua ini pun akan diikuti tiga pasangan calon, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Namun tak seperti pada debat pertama yang hanya menghadirkan satu moderator, debat kedua ini akan dipandu dua moderator. Selain itu durasi debat juga ditambah. 

Berikut beberapa poin yang perlu kamu tahu tentang debat kedua nanti:

Dua Moderator

Jika pada debat pertama hanya dipandu oleh satu orang moderator, yakni Ira Koesno, maka debat kedua ini akan dipandu dua moderator.

Mereka yaitu mantan presenter Tina Talisa dan mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan juga guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Eko Prasojo.

Komisioner KPU Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan pihaknya sengaja menghadirkan dua moderator agar acara debat bisa lebih hidup.  

Debat lebih lama

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta akan memperpanjang durasi debat. Pada debat pertama, acara dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. 

Pada debat kedua ini acara akan dimajukan 30 menit lebih awal, yakni pukul 19.30 WIB dan akan berakhir pada pukul 22.00 WIB. 

Penambahan durasi debat agar setiap pasangan calon bisa lebih leluasa menyampaikan program-program kerja mereka.

Tema lebih spesifik

Pada debat pertama, KPUD DKI mengangkat tema sosial ekonomi. Pada debat kedua ini, tema yang akan diangkat lebih spesifik, yakni reformasi birokrasi dan pelayanan publik, serta penataan kawasan perkotaan.

Dengan tema yang spesifik, diharapkan pasangan calon bisa memberikan jawaban yang lugas, bukan lagi jawaban-jawaban normatif yang masih muncul pada debat pertama.

Di mana disiarkan?

Ada tiga stasiun televisi yang akan menyiarkan secara langsung acara debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ini, yakni MNC, Metro TV, dan TVRI. 

Tetap di Hotel Bidakara

Seperti debat pertama, debat kedua juga akan digelar di Hotel Bidarakara, Jakarta Selatan. Pemilihan hotel ini antara lain karena letaknya yang cukup strategis.

 

—Rappler.com

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!