Amerika pantau langsung Pilkada di Indonesia

Eko Simpati

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Amerika pantau langsung Pilkada di Indonesia
Konsulat Jenderal Amerika Serikat juga memantau Pilkada di DKI Jakarta, Aceh, Majene, dan Sulawesi Tenggara

  

BATU, Indonesia —  Pejabat konsulat jenderal Amerika di Surabaya ikut memantau proses pemilihan Wali Kota Batu, Jawa Timur. Mereka antara lain memantau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Pemantauan dilakukan secara acak. Hasilnya, menurut Kepala bagian politik dan ekonomi Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, Jeff Thomason, proses demokrasi di Batu cukup demokratis. Partisipasi pemilih juga tinggi.

Tingginya tingkat partisipasi di Batu tinggi, kata Jeff, menjadi modal utama dalam berdemokrasi. “Periode lalu partisipasi di sini 80 persen, di Amerika hanya 50 persen,” kata Jeff pada Rabu, 15 Februari 2017. 

Jeff menjelaskan Kedutaan dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat juga memantau Pilkada di DKI Jakarta, Aceh, Majene, dan Sulawesi Tenggara. Demokrasi di Indonesia, katanya, bagus dan harus dijaga bersama. 

Hasil pemantauan ini akan dilaporkan Jeff kepada atasannya di Kedutaan Besar Amerika. Tujuannya digunakan untuk menentukan kebijakan dan menjalin hubungan diplomasi dengan Indonesia. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!