Pilkada 2017: Kantor KPU di Papua dirusak massa

Banjir Ambarita

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pilkada 2017: Kantor KPU di Papua dirusak massa
Sekitar 500 orang dari salah satu kelompok sempat menerobos ke dalam Kantor KPU.

PAPUA, Indonesia — Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Intan Jaya, Papua, dirusak massa yang diduga pendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada, Kamis 23 Februari. 

Perusakan terjadi saat digelarnya pleno penetapan perolehan suara hasil Pilkada. Saat itu ada dua kelompok massa berkumpul di halaman Kantor KPU.

“Lalu ada massa yang melempari kantor KPU, namun aparat langsung bertindak dan bisa meredam,” kata Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, Jumat 24 Februari. 

Kamal mengatakan sekitar 500 orang dari salah satu kelompok sempat menerobos ke dalam Kantor KPU dengan cara melompati pagar tembok. Sebagian lain melempari Kantor KPU dengan batu dan kayu. 

Mereka menuntut pleno segera dilaksanakan, padahal penginputan data PPD belum selesai. “Massa menuntut pleno segera digelar sementara masih ada data yang belum masuk,” kata Kamal.  Dua distrik yang datanya masih dalam pengiputan adalah Distrik Wandai dan Distrik Agisiga. 

Meski sempat terjadi aksi pelemparan Kantor KPU, namun situasi hingga Jumat ini masih bisa dikendalikan. “Kami tetap kawal proses pleno dan situasi masih terkendali hingga saat ini,” kata Kamal.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!