Anies klaim harga rumah di pusat Jakarta murah

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anies klaim harga rumah di pusat Jakarta murah
“Kendala warga bukan pada cicilan rumah, tapi pada DP. DP itu beban,”

JAKARTA, Indonesia — Calon Gubenur DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan mengatakan banyak rumah murah berharga kurang dari Rp 500 juta di tengah Jakarta. 

“Buka Rumah123, pilih di bawah Rp 500 juta, banyak. Saya siang tadi negecek. Daftarnya banyak dengan berbagai ukuran,” kata Anies dalam acara Mata Najwa yang disiarkan Metro TV, Senin malam 27 Maret 2017.

Namun, meski harga rumah murah banyak di tengah Jakarta, tetap banyak warga Jakarta yang tidak bisa memilikinya karena tidak bisa membayar DP rumah tersebut.  

“Kendala warga bukan pada cicilan rumah, tapi pada DP. DP itu beban,” kata Anies. Karena itu, Anies melanjutkan, dirinya akan mengusung program DP 0 persen.

Anies mengatakan saat ini ada sekitar 49 persen warga Jakarta yang tidak memiliki rumah, mereka adalah warga miskin. Anies juga mengatakan anak-anak milenial yang baru bekerja juga terancam tidak bisa memiliki rumah.

“Kenaikan gaji 10 persen, kenaikan harga properti 20 persen. Seseorang yang bekerja tidak akan punya kesempatan untuk punya rumah,” kata Anies.

Anies mengatakan dirinya siap membantu kepemilikan rumah warga Jakarta dengan membantu pembayaran DP rumah. “Pemerintah harus turun tangan,” Anies melanjutkan.

Calon Gubernur DKI Jakarta lainnya, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ‘membantah’ pernyataan Anies yang menyebut harga rumah di pusat Jakarta murah. Menurutnya harga tanah di Jakarta tidak akan kurang dari Rp 10 juta per meter. 

“Gak ada lagi di bawah Rp 10 juta. (Warga) ga bisa beli, makanya kita adakan rumah susun apartemen,” kata Ahok pada acara yang sama.

Ahok juga menyoroti program DP rumah 0 persen untuk warga Jakarta yang digulirkan Anies. Menurutnya program tersebut tidak masuk akal. “Bank tidak akan pernah ijinkan tanpa DP, tanpa bunga,” kata Ahok. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!