Filipino bands

Berita hari ini: Senin, 14 November 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 14 November 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 14 November 2016.

Ahok hadirkan saksi ahli dari Mesir untuk gelar perkara kasus penodaan agama

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama akan menghadirkan pakar tafsir dari Mesir dalam gelar perkara kasus penodaan agama yang akan digelar besok, Selasa 15 November 2016.

“Itu kan dari pihak terlapor, pihak terlapor kan boleh. Yang terlapor ambil (saksi ahl) dari Mesir silakan,” kata Jenderal Tito kepada wartawan usai upacara HUT ke-71 Korps Brimob di lapangan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Senin 14 November.

Menurut Tito, menghadirkan saksi ahli dari luar negeri bukan sesuatu yang aneh. Ia mencontohkan beberapa saksi yang dihadirkan dalam kasus pembunuhan Mirna Wayan Salihin dalam kasus kopi bersianida. Baca berita selengkapnya di sini.

Vihara di Singkawang dilaporkan dilempari bom molotov

ILUSTRASI. Vihara di Singkawang. Foto dari Buddha.id  

Sebuah vihara di Singkawang, Kalimantan Barat, dilaporkan dilempari bom molotov, pada Senin dini hari sekitar pukul 2:30 WIB.

Saat itu Vihara Budi Dharma (Kwan Im Kiung) dalam kondisi kosong dan tidak dalam penjagaan. Menurut pembina vihara, Kim Liong, sekitar 2-3 bom molotov dilemparkan ke arah samping vihara.

Namun saat ini kondisi sudah aman terkendali. “Semua bekas bom sudah diamankan pemadam kebakaran dan polisi,” kata Kim Liong yang baru mengetahui kejadian pada pagi harinya.

Meski demikian masyarakat tetap berkunjung untuk melakukan ibadah, dengan pengawasan ketat dari aparat keamanan setempat. Selengkapnya di sini

Pengacara Saipul Jamil divonis 3,5 tahun penjara

Pengacara Saipul Jamil, Kasman Sangaji, dan tersangka kasus suap panitera PN Jakarta Utara meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan, pada 16 Juni 2016. Foto oleh Akbar Nugroho Gumay/Antara

Pengacara artis Saipul Jamil, Kasman Sangaji, divonis hukuman 3,5 tahun penjara dalam kasus suap. 

Kasman bersama dengan pengacara Saipul lain dinilai terbukti memberikan uang kepada panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi, sebesar Rp 300 juta, agar menjadi penghubung dan memberikan akses ke majelis hakim guna memperingan hukuman Saipul.

Kasman juga dikenai denda Rp100 juta subsider dua bulan kurungan penjara. Saipul sendiri telah divonis 3 tahun atas kasus pencabulan terhadap seorang remaja pria. Selengkapnya di Antara.

Banjir di Bandung, ribuan rumah terendam

Sejumlah kendaraan dan pejalan kaki berusaha melintasi banjir di depan Pabrik Kahatex kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/11). Foto oleh Fahrul Jayadiputra/ANTARA

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menghitung sedikitnya 2.802 rumah terkena dampak banjir yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, kemarin.

Ribuan rumah tersebut tersebar di empat desa, yakni Desa Linggar, Desa Bojongloa, Desa Rancaekek Wetan dan Desa Rancaekek Kulon. Ketiggian air bervariasi, antara 30 hingga 70 centimeter. 

Banjir yang melanda Rancaekek ini akibat hujan deras dan kiriman air dari wilayah Kabupaten Sumedang yang menyebabkan Sungai Cikeruh dan Cimande meluap. Baca berita selengkapnya di sini.

PPP Djan Faridz evaluasi dukungan mereka kepada Ahok

Ketua Umum PPP hasil muktamar Jakarta Djan Faridz menghadiri Deklarasi Mendukung Pasangan Ahok-Djarot di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (17/10). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Djan Faridz, Dimyati Natakusumah, mengatakan pihaknya akan mengevaluasi dukungan mereka kepada pasangan calon gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.  

“Akan kami evaluasi dan kaji lagi. Dalam pekan ini kami akan rapatkan,” kata Dimyati melalui pesan singkat, Senin 14 November 2016. Evaluasi dilakukan PPP versi Djan Faridz menyusul kasus dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Ahok pada 27 September lalu.

Dimyati mengatakan keputusan untuk mengevaluasi dukungan mereka kepada Ahok juga atas masukan dari sejumlah ulama. Dimyati belum bisa menebak apa hasil dari evaluasi tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

Jangan lewatkan supermoon malam nanti

Penampakkan supermoon di Washington DC, Minggu (13/11). Foto oleh Eva HAMBACH / AFP

Fenomena supermoon atau bulan super akan terjadi malam ini, Senin 14 November 2016. Bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Hal ini terjadi karena posisi bulan akan lebih dekat dengan bumi. Biasanya jarak bulan dengan bumi sekitar 384.400 kilometer. Malan nanti, jarak bulan dengan bumi hanya 356.500 kilometer.

Fenomena ini bisa terjadi karena bulan mengorbit Bumi dalam lintasan berbentuk elips, sehingga ada titik di mana posisi bulan menjadi lebih dekat dengan bumi dari biasanya. “Bulan purnama di 14 November menjadi yang terdekat di abad 21,” demikian pernyataan NASA. Bara berita selengkapnya di sini.

Seorang balita korban bom gereja Samarinda meninggal dunia 

Sepeda motor milik terduga pelaku ledakan terparkir di Gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 13 November 2016. Foto oleh Amirulloh/Antara

Satu orang anak korban pelemparan bom molotov di depan Gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur,  meninggal dunia, pada Senin dini hari, 14 November.

Anak balita berusia 2,5 tahun itu meninggal dunia akibat luka bakar yang dialaminya. “[Penyebabnya] luka bakar,” kata Kepala Polres Samarinda Kombes Setyobudi Dwiputro.

Balita berinisial IM itu sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Abdul Muis Samarinda dan karena menderita luka bakar paling parah di antara korban lainnya, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah AW Sjahranie. Namun nyawanya tak dapat diselamatkan. Selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!