Berita hari ini: Jumat, 24 Februari 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 24 Februari 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 24 Februari 2017.

Pintu kabin pesawat tidak tertutup rapat, Sriwijaya Air kembali ke bandara Guangzhou

Pesawat maskapai Sriwijaya Air harus kembali ke bandara di Guangzhou, Tiongkok, setelah salah satu kru kabin menyadari salah satu pintunya tidak tertutup rapat. Padahal, saat itu pesawat tengah mengangkut 192 orang dari Tiongkok menuju Bali.

Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Agus Soejono mengatakan pesawat baru saja mengudara selama 1,5 jam.

“Sistem (di pesawat) tidak mendeteksi masalah ini sebelum penerbangan akan dilakukan. Tetapi, ketika pesawat mengudara, baru diketahui,” kata Agus.

Para penumpang sempat terlihat kesal saat mengetahui harus kembali ke bandara di Guangzhou. Ketika pesawat diizinkan kembali terbang ke Bali, sebanyak 20 penumpang memutuskan tidak ikut. Selengkapnya baca di sini.

Choel Mallarangeng janji bongkar pihak lain yang terlibat kasus Hambalang

DIPERIKSA KPK. Petugas mengawal tersangka Andi Zulkarnain Mallarangeng (AZM) alias Choel Mallarangeng (kedua kiri) seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin, 6 Februari. Foto oleh M. Agung Rajasa/ANTARA

Andi “Choel” Zulkarnaen Mallarangeng berjanji akan membongkar pihak lain yang terlibat dalam dugaan kasus korupsi pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P2SON) di Hambalang tahun anggaran 2010-2012.

“Saya kira Anda (wartawan) sudah mengikuti Hambalang 5 tahun kan ya? Sudah tahu daftar-daftar siapa nama di dakwaan, bukti yang sudah terbuka di persidangan sudah jelas,” ujar Choel di gedung KPK Jakarta.

Choel sudah ditahan sejak 6 Februari lalu. Dia sudah mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) yaitu saksi pelaku yang bekerja sama dengan penyidik untuk membongkar keterlibatan pihak lain, sejak Desember 2016.

“Jumlah orangnya tergantung KPK, saya kira Anda sudah tahu semua siapa itu, saya siap bongkar,” katanya. Selengkapnya baca di sini.

Ahok: LRT rampung sebelum ASIAN Games 2018

Pekerja menyelesaikan pembangunan transportasi masal Light Rail Transit (LRT) di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (15/2). Foto oleh Yulius Satria Wijaya/ANTARA

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama optimistis proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) akan selesai sebelum ASIAN Games 2018 dimulai, meskipun progress proyek tersebut baru 5 persen.

“Harus (sudah selesai sebelum Asian Games). Kita mau show off force kok. Sehingga ketika orang asing yang datang ke sini, sudah ada LRT, walaupun baru sepotong doang,” kata Ahok di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat 24 Februari 2017.

Ahok mengatakan dirinya terkejut melihat kemajuan pengerjaan LRT yang lebih cepat dari perkiraannya. “PT Wijaya Karya (kontraktor LRT DKI Jakarta) punya kemampuan alat bagus,” katanya. Baca berita selangkapnya di sini.  

Izinkan pabrik semen beroperasi, Ganjar dianggap arogan

Pabrik semen di Kabupaten Rembang yang ditolak warga. Foto oleh Fariz Fardianto/Rappler

 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan pabrik PT Semen Indonesia sudah bisa beroperasi di Kabupaten Rembang mulai hari ini, Jumat 24 Februari, meski tanpa melalui persetujuan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo. 

Sebab dirinya telah mengeluarkan izin lingkungan pabrik semen sesuai surat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017 yang telah ia umumkan dan ditandatanganinya sendiri pada Kamis petang 23 Februari.

“Setelah saya umumkan di website Pemprov Jateng, saya lalu mengirimkan surat tembusan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri KLH, Menteri ESDM, Menteri BUMN, Menteri Agraria serta dinas-dinas terkait. Ini sudah final dan komplit,” kata Ganjar saat berada di ruang kerjanya, Jumat 24 Februari 2017. Baca berita selengkapnya di sini.

Masjid Ahmadiyah di Depok disegel

Jamaah Ahmadiyah mendirikan salat Jumat di luar masjid, karena masjid mereka, Al-Hidayah di Sawangan, disegel, Jumat (24/2). Foto Istimewa.

Sebuah masjid yang berlokasi di Jalan Raya Muchtar, RT.03/07 Sawangan Baru, Sawangan, Kota Depok, disegel aparat Satpol PP Kota Depok pada Kamis, 23 Februari 2017.

Al-Hidayah, nama masjid tersebut, diketahui milik jamaah Ahmadiyah, salah satu aliran dalam Islam yang sering dianggap menyimpang. Akibat penyegelan ini jamaah Ahmadiyah tak bisa lagi salat di dalam masjid.

Tokoh Ahmadiyah setempat, Farid Muhamad Ahmad, mengatakan penyegelan dilakukan pada Kamis siang, sekitar pukul 14.00 WIB. “Pihak Kepolisian dan Satpol PP melakukan apel terlebih dahulu sebelum memasang plang segel dan kayu,” kata Farid kepada Rappler, Jumat 24 Februari 2017. Baca berita selengkapnya di sini.

Posko khusus dibentuk untuk sambut Raja Salman di Bali

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud Foto oleh Editiawarman/ANTARA/Setpres

Rencana Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud berlibur ke Bali pada 4-9 Maret mendatang membuat sibuk sejumlah pihak. Sebab, Raja Salman akan datang dengan rombongan besar.

Sebanyak 1.500 orang akan datang bersamanya berlibur ke Bali. Mereka akan menggunakan 7 pesawat, 2 di antaranya adalah pesawat C-130 Hercules. Untuk penyambutan rombongan jumbo tersebut, posko khusus pun dibentuk.

Posko terdiri dari PT Angkasa Pura I, AirNav Indonesia, Otoritas Bandara, dan Polri. Mereka bergerak di bawah komando TNI AU. Baca berita selengkapnya di sini—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!