Berita hari ini: Jumat, 24 Maret 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 24 Maret 2017

AFP

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 24 Maret 2017.

Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak dibebaskan dari penjara

Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak sudah meninggalkan rumah sakit militer setelah selama enam tahun ditahan di sana. Informasi itu disampaikan oleh pengacaranya.

“Iya (dia dibebaskan),” ujar pengacaranya, Farid al-Deeb kepada media ketika ditanya apakah kliennya sudah meninggalkan rumah sakit.

Hosni dinyatakan bebas dari segala tuduhan pada awal bulan ini usai pengadilan tinggi akhirnya menyatakannya tidak terbukti dalam aksi unjuk rasa yang terjadi tahun 2011 lalu. Dalam aksi unjuk rasa yang menuntut agar dia diturunkan itu berakhir bentrok dan menyebabkan sekitar 850 orang tewas.

Akibat kasus itu, dia divonis tiga tahun penjara di tahun 2012. Namun, kemudian dia mengajukan banding dan kasusnya disidang ulang. Tuduhan itu kemudian dicabut di tahun 2014.

Namun, di bulan Januari 2016, pengadilan banding justru mempertahankan vonis tersebut lantaran dia dan dua putranya terbukti melakukan tindak korupsi.

Luhut: Kalau taksi online nolak aturan baru, pergi dari sini

BERKEADILAN. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan mengatakan aturan revisi PM Perhubungan nomor 32 tahun 2006 dibuat sudah sesuai dengan asas berkeadilan. Foto oleh Novrian Arbi/ANTARA

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan mengatakan revisi Peraturan Menteri Perhubungan nomor 32 tahun 2006 mengedepankan prinsip keadilan dalam mengangkut isu angkutan “online”. Aturan tersebut dibuat pemerintah, kata Luhut, tidak berpihak pada satu pihak dan tidak mematikan pihak lainnya.

“(Aturan itu) Harus berkeadilan, enggak boleh monopoli,” ujar Luhut.

Oleh sebab itu, pemerintah telah menyiapkan aturan harga batas atas dan batas bawah. Tujuannya agar baik taksi online dan taksi konvensional sama-sama hidup.

Luhut pun mengaku sudah mendengar penolakan dari sejumlah manajemen taksi online. Namun, menurutnya setiap perusahaan harus tunduk pada aturan pemerintah. Jika ada investor yang enggan menerima aturan itu, mantan Kepala Staf Kepresidenan itu mempersilahkan mereka tidak berbisnis di Indonesia.

Enggak boleh nolak. Kalau nolak, pergi dari sini. Kan, kami yang mengatur. Sederhana. Kami memproteksi investasi di Indonesia dengan berkeadilan. Kuncinya di situ,” kata dia. Selengkapnya baca di sini.

Ormas agama minta Gereja Katolik Santa Clara Bekasi disegel

DISEGEL. Massa ormas agama menuntut Pemkot Bekasi agar menyegel bangunan gereja Santa Clara di Bekasi Utara. Foto diambil dari akun Twitter @Bangimam.

Ratusan orang dari beberapa ormas Islam berunjuk rasa di depan bangunan Gereja Katolik Santa Clara, Bekasi, Jawa Barat. Mereka mendesak personel kepolisian agar menyegel gereja yang tengah dibangun.

Salah seorang orator dari kumpulan ormas mengatakan pembangunan Gereja Santa Clara harus dihentikan. Mereka mengklaim desakan mereka sesuai dengan kesepakatan yang muncul pada pertemuan di kantor Pemerintah Kota Bekasi beberapa waktu lalu.

“Pertemuan di Pemkot menyatakan bangunan tersebut status quo,” ujar salah seorang orator.

Mereka bahkan mengancam akan terus beraksi jika Pemkot dan kepolisian tidak menyegel gereja tersebut. Mereka menginginkan agar pembangunan gereja dihentikan hingga ada izin pembangunan yang jelas.

Bahkan sempat terjadi kericuhan antara massa ormas dengan polisi. Sebab, mereka sempat mendesak agar masuk ke dalam gereja tetapi dihalangi. Massa juga sempat melempar botol minuman dan batu ke arah personel polisi.

Otoritas keamanan kemudian membalasnya dengan menembakan gas air mata. Selengkapnya baca di sini.

KPK: Setya Novanto bisa dijadikan tersangka, kalau memang ada alat bukti

DISEBUT. Nama Ketua DPR, Setya Novanto turut disebut dalam sidang perdana skandal mega korupsi pengadaan KTP elektronik pada Kamis, 9 Maret. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan menegaskan sejak awal proses penyidikan kasus korupsi proyek pengadaan KTP Elektronik, pihaknya tidak diintervensi oleh pihak mana pun. Jika ada alat bukti yang mencukupi dan unsur-unsur pasalnya terpenuhi, maka mereka akan menetapkan siapa pun sebagai tersangka. Hal yang sama juga berlaku untuk Ketua DPR, Setya Novanto.

“Kami tidak akan menghiraukan masalah di luar proses hukum. Biarlah ini berjalan apa adanya. Kalau memang alat bukti itu ada, maka dia akan tetap jadi tersangka,” ujar Basaria di Gedung KPK.

Namun, dia meminta kepada publik agar bersabar, sebab proses untuk menetapkan seseorang menjadi tersangka tidak mudah. Selain itu, butuh waktu yang tidak sebentar.

“Sidangnya harus diikuti dulu. Para penyidik pun masih bekerja keras untuk melakukan telaahan-telaahan untuk memperoleh bukti-bukti dan petunjuk lainnya,” katanya.

Nama Setya berulang kali disebut dalam tiga persidangan terakhir. Perannya sangat penting, karena diduga sebagai pihak yang menentukan golnya proyek tersebut. Sementara, dalam pelaksanaannya anggaran dari proyek tersebut digelembungkan hingga negara mengalami kerugian Rp 2,3 triliun.

Sejauh ini, KPK sudah menetapkan tiga tersangka yakni Irman, Sugiharto dan yang terbaru Andi Agustinus.

Melinda Gates tawarkan bantuan keuangan inklusif bagi Indonesia

BLUSUKAN. Istri pendiri Microsoft, Melinda Gates blusukan ke sebuah laboratorium penelitian nyamuk di Yogyakarta. Foto diambil dari akun Facebook

Istri dari pendiri Microsoft Melinda Gates sedang mengunjungi Indonesia selama beberapa hari. Dalam kunjungannya tersebut, istri orang terkaya di dunia itu berniat membantu mengembangkan program keuangan inklusif ke seluruh daerah di Indonesia.

Selama ini, pendiri Yayasan The Bill and Melinda Gates itu melihat jumlah rakyat Indonesia yang memiliki produk tabungan masih sedikit. Angkanya berkisar 36 persen. Dia berharap angkanya bisa ditingkatkan hingga 75 persen.

Tawaran ini disambut baik oleh Pemerintah Indonesia, karena mereka telah mencanangkan program strategi nasional tentang keuangan inklusif. Pemerintah juga telah membentuk suatu Dewan Keuangan Inklusif.

“The Bill and Melinda Gates melihat strategi nasional Presiden sebagai suatu kemajuan yang luar biasa di antara negara-negara lain sehingga dari negara-negara yang mereka bantu, Indonesia termasuk ke dalam prioritas,” ujar Inke Maris yang turut mendampingi Melinda selama berada di Jakarta pada Kamis, 23 Maret.

Melinda juga menghargai kerjasama antara Universitas Gadjah Mada dengan Universitas John Hopkins yang didukung oleh Gates. Kedua universitas tengah meneliti mengenai nyamuk dan demam berdarah.

Dia bahkan sempat blusukan ke Yogyakarta untuk melihat Laboratorium Pemusnahan Nyamuk Demam Berdarah. Melalui akun Facebooknya, Melinda menjelaskan para peneliti menyuntikan bakteria yang luar biasa bernama Wolbachia ke tubuh nyamuk tersebut.

“Bakteri itu dapat mencegah virus dengue sehingga mereka tidak dapat berkembang biak. Hasilnya, nyamuk tidak bisa menularkan virus mematikan tersebut ke manusia,” kata Melinda.

Teknologi tersebut dapat menyelamatkan nyawa manusia. Bahkan, teknologi serupa juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit Zika.

“Ini menjadi bukti mencengangkan yang telah kita capai dalam perjuangan global melawan penyakit,” kata dia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!