Berita hari ini: Sabtu, 1 April 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 1 April 2017

AFP

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 1 April 2017.

PT Freeport bersedia lepas 51 persen saham kepada Pemerintah Indonesia?

PT Freeport Indonesia disebut telah sepakat untuk melepas 51 persen sahamnya kepada pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi VII DP pada Kamis kemarin.

Namun, benarkah hal itu? Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan divestasi saham 51 persen memang sudah menjadi hal yang harus dipenuhi oleh PT Freeport Indonesia.

“Pemerintah tidak ingin ribut. Kami inginnya win-win solution, saya pikir ini kemajuan,” ujar Luhut yang ditemui di kantor BMKG Jakarta.

Dia kembali menegaskan pemerintah mempersilakan PT Freeport untuk tetap menjalankan pertambangannya hingga tahun 2021 nanti. Jika mereka ingin kontrak tersebut diperpanjang, maka harus mengikuti aturan negara tuan rumah.

Di hadapan anggota Komisi VII DPR, Jonan menjelaskan 51 persen saham dari Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) tidak melanggar aturan. Sebab, dalam aturan Kontrak Karya tahun 1991 mencantumkan persyaratan penawaran saham tersebut.

Sementara, ketika dikonfirmasi, VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama menepis pemberitaan tersebut. Dia mengatakan proses negosiasi saat ini masih terus berjalan antara perusahaan tempatnya bekerja dengan Pemerintah Indonesia. Selengkapnya baca di sini.

Ular piton nyaris telan warga di Sulawesi Selatan

Setelah seorang petani sawit ditelan hidup-hidup oleh ular piton pada pekan lalu, kini peristiwa serupa nyaris terjadi di Bone, Sulawesi Selatan. Seorang petani bernama Darwis hampir dimangsa oleh ular yang sama sepanjang tujuh meter.

Peristiwa itu terjadi ketika dia tengah membabat ilalang di kebun. Ular itu menggigit lengan kiri dan melilit badannya. Darwis yang memegang parang langsung menebas tubuh ular tersebut.

Dia kemudian menghujamkan parangnya ke kepala ular hingga tak bergerak. Selengkapnya baca di sini.

Susi Pudjiastuti pimpin operasi penenggelaman 81 kapal pencuri ikan

KAPAL IKAN ILEGAL. Penenggelaman kapal penangkap ikan ilegal di perairan Bitung, Sulawesi Utara, pada 22 Februari 2016. Foto oleh Adwit B Pramono/ANTARA

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menenggelamkan 81 kapal pelaku pencurian ikan di 12 lokasi sekaligus. Penenggalaman kapal itu dikomandoi oleh Menteri Susi melalui “video conference” dari Desa Morela, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Susi selaku komandan Satgas 115 memulai prosed peledakan kapal asing untuk ditenggelamkan dari Satker Pos Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Merauke, Sorong, Ambon sekitar pukul 11:15 WIT.

“Saya akan menghitung mundur dari 10, kemudian silakan saudara ledakan kapal-kapal itu,” ujar Susi memberikan aba-aba kepada Satker PSDKP Merauke.

Dari 81 kapal ikan pelaku pencurian ikan yang ditenggelamkan, hanya enam kapal yang berbendera Indonesia. Sedangkan, 75 kapal lainnya berbendera asing yakni Vietnam sebanyak 46 kapal, Filipina 18 kapal dan Malaysia 11 kapal.

Kapal-kapal itu ditangkap saat melakukan tindak pidana perikanan oleh berbagai unsur Satgas 115 seperti TNI AL, Polair, Baharkam, Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan PSDKP KKP. Selengkapnya baca di sini.

Sutiyoso diangkat jadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia

KOMISARIS UTAMA. Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN), Sutiyoso diangkat sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia. Hal itu diputuskan dalam RUPS yang digelar pada Jumat, 31 Maret. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Setelah tak lagi menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN), Sutiyoso kini dipercaya memegang posisi baru. Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar hari Jumat kemarin, Sutiyoso diangkat sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia.

RUPS juga memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 1,81 triliun atau sebesar 40 persen dari laba bersih 2016 yakni Rp 4,52 triliun.

“Nilai dividen yang dibagikan kepada pemegang saham tersebut setara dengan Rp 304.92 per lembar saham. Rapat juga menyetujui 60 persen dari laba bersih atau Rp 2,71 triliun yang dialokasikan sebagai cadangan,” ujar Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra dalam keterangan resminya.

PT Semen Indonesia kini tengah menjadi sorotan karena pabrik mereka yang berada di Pegunungan Kendeng ditentang oleh sebagian warga. Mereka menilai dengan adanya keberadaan pabrik semen dapat mencemari sumber air yang digunakan untuk bertani. Selengkapnya baca di sini.

Ditangkap KPK terima suap, Kementerian BUMN pecat Dirut PT PAL

DITAHAN. Direktur Utama PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin dengan rompi tahanan menaiki mobil tahanan usai diperiksa di Gedung KPK, Jumat, 31 Maret. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Kementerian BUMN akhirnya memberhentikan Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Muhammad Firmansyah Arifin, tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan suap penjualan kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) antara PT PAL dengan Pemerintah Filipina. Atas penjualan itu, agen penjualan kapal menjanjikan fee complementary bagi pejabat PT PAL sebesar 1,25 persen.

“Dewan Komisaris PT PAL telah mengambil keputusan untuk memberhentikan Dirut PT PAL yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” ujar Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media, Fajar Harry Sampurno kepada media.

Menurut Harry, Kementerian BUMN menghargai yang dilakukan KPK dan mengikuti dari dekat perkembangan kasus itu.

“Ini sudah menjadi “policy zero tolerance”, KBUMN telah menyampaikan surat kepada Dekom PAL untuk meningkatkan pengawasan dan mengambil tindakan sehubungan dengan isu dan berita soal ini,” kata Harry.

Muhammad Firmansyah Arifin ditangkap di Surabaya oleh tim penyidik KPK pada Jumat kemarin. Selengkapnya baca di sini– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!