US basketball

Berita hari ini: Kamis, 13 April 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 13 April 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 13 April 2017.

Polisi bubarkan deklarasi FPI Semarang

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji memerintahkan kegiatan deklarasi pembentukan Front Pembela Islam (FPI) kota Semarang yang digelar di rumah salah seorang pengurus FPI Jawa Tengah di Semarang, dibubarkan. Abiyoso mengatakan alasan pembubaran karena banyaknya penolakan pembentukan FPI di kota tersebut.

“Demi keamanan dan kenyamanan bersama, acara ini dibubarkan,” kata Abiyoso usai audiensi dengan perwakilan FPI dan ormas yang menolak kegiatan tersebut.

Dia mengatakan ada atau tidaknya FPI, kota Semarang akan tetap aman.

“Terkait keamanan dan lain-lain, ada kepolisian,” tutur dia. Selengkapnya baca di sini.

Biaya pengobatan penyidik Novel Baswedan ditanggung negara

DIRUJUK. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berada di kursi roda saat akan dirujuk ke rumah sakit khusus mata di Jakarta, Selasa, 11 April. Foto oleh Aprilio Akbar/ANTARA

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan biaya perawatan penyidik senior Novel Baswedan akan ditanggung oleh negara. Saat ini, Novel dirujuk ke rumah sakit di Singapura usai diserang menggunakan air keras oleh dua pria misterius.

“Biaya perawatan tetap dari APBN dan proses-prosesnya tetap tentu saja menggunakan mekanisme keuangan negara,” ujar Febri di gedung KPK, Jakarta.

Dia menjelaskan, KPK sudah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Keuangan dan KPK sudah mengirimkan surat dengan tembusan kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla. Hal itu lantaran isu Novel sudah menjadi perhatian nasional. Bahkan, Presiden dan Wapres ikut meminta agar dalang di balik penyerangan Novel segera diungkap.

Febri mengatakan selama berada di Negeri Singa, Novel akan diberikan perawatan untuk kulit yang terkena air keras atau luka bakar. Selengkapnya baca di sini.

Alasan Ira Koesno tak banyak berkomentar sebelum debat dimulai

DEBAT PUBLIK. Moderator debat Ira Koesno membuka Debat Publik Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 12 April. Foto oleh M. Agung Rajasa/ANTARA

Mantan jurnalis Ira Koesno kembali diberi kepercayaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI untuk memimpin debat Pilgub. Namun, tidak seperti biasanya, Ira justru tidak banyak berkomentar mengenai debat yang dipandunya sebelum digelar. Lalu, apa alasan dari bungkamnya Ira sebelum debat?

“Yang pertama, ini format debatnya berbeda dan sebenarnya sampai agak menjelang hari H, dinamikanya masih terjadi. Karena itu pihak KPU DKI meminta saya untuk mengimbau agar sebaiknya tidak berbicara dulu (ke publik),” kata Ira yang ditemui di Hotel Bidakara.

Melihat kondisi itu, Ira kemudian memilih mengikuti himbauan dari KPU DKI dengan harapan agar tidak perlu ada misinterpretasi di ruang publik.

“Karena posisi saya kan sebagai moderator, maka orang bisa saja menganggap apa yang saya ucapkan itu betul,” kata perempuan yang pernah meraih penghargaan Panasonic Awards itu.

Alasan lain dia lebih banyak diam sebelum debat digelar karena tengah mengalami flu. Untuk mencegah suaranya agar tidak berubah, maka dia memilih tidak banyak berkomunikasi.

“Tapi, terus terang saya masih berhutang ke teman-teman media semua. Sekarang saya sudah siap untuk diwawancarai,” tutur dia. Selengkapnya baca di sini.

Plt Gubernur DKI Sumarsono gelar rapat pengamanan Pilkada

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menggelar pertemuan di Jakarta, Selasa (7/2/2017). Foto oleh Widodo S. Jusuf/ANTARA

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menggelar rapat bersama Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Jaswandi untuk membahas pengamanan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang akan digelar 19 April mendatang.

Rapat digelar Aula Sudirman, Kodam Jaya, Jl Mayjen Sutoyo, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur. “Dalam rangka pengamanan pilkada secara serentak putaran kedua,” kata Sumarsono pada Kamis pagi, 13 April 2017.

Dalam pengamanan Pilkada nanti, Polri akan mendapatkan bantuan dari TNI. Hal ini dipastikan Mayjen TNI Jaswandi. “Mendukung Kapolda sepenuhnya, dalam rangka Pilkada DKI putaran kedua,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

Utusan World Bank kunjungi Desa Sendangtirto di Yogyakarta 

Foto oleh solider.or.id

Dua perwakilan World Bank Yongmei Zhou dan Chris Finch mengunjungi desa Sendangtirto yang berada di Yogyakarta, Rabu 12 April 2017. Kedatangan keduanya untuk meninjau langsung perkembangan pembangunan inklusif yang digagas Sasanan Integrasi dan Advokasi Difabel (Sigab).

Sigab merupakan bagian dari program dengan nama Rintisan Desa Inklusi atau RINDI yang mulai digulirkan pada 2015. “Selain itu kunjungan mereka untuk tanya-tanya soal managemen keuangan desa juga,” kata Kepala desa Sendangtirto, Sardjono, pada Rabu sore.

Desa Sendangtirto murupakan salah satu dari delapan desa pilihan yang masuk dalam program RINDI. Delapan desa tersebut bekerjasama dengan Sigab membangun konsep pembangunan desa yang inklusif. 

Menurut Sardjono, desa Sendangtirto banyak belajar dan sudah melakukan beberapa perubahan terkait dengan inklusifitas di desa, mulai dari aksesibilitas infrasturktur pembangunan di desa, anggaran, sampai mengubah paradigma negatif masyarakat dalam memandang kaum minoritas, khususnya difabel. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!