Philippine economy

Berita hari ini: Jumat, 28 April 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 28 April 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 28 April 2017.

Maskapai Garuda Indonesia merugi 99,1 juta dolar pada kuartal pertama 2017

Maskapai Garuda Indonesia mengalami kerugian sebesar 99,1 juta dolar AS dalam Kuartal I 2017 atau anjlok 11.969 persen dari periode sama 2016.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury dalam paparan kinerja keuangan Kuartal I 2017 di Jakarta menjelaskan kerugian itu disebabkan sejumlah faktor, di antaranya biaya operasi yang naik 21,3 persen, terutama bahan bakar yang melonjak 54 persen dari 189,8 juta dolar AS pada Kuartal I 2016 menjadi 292,3 juta dolar AS dalam periode sama 2017.

“Penyebab net loss (rugi bersih) 99,1 juta dolar AS karena dalam satu tahun kemarin peningkatan pengeluaran untuk bahan bakar,” kata dia.

Selain itu, dia menambahkan biaya lainnya juga menyumbang kurang baiknya kinerja Kuartal I 2017 tersebut, di antaranya pengeluaran pelayanan di pesawat (inflight service), sistem reservasi, peningkatan jumlah penumpang dan lain-lain sebesar 16,3 persen dari 403,4 juta dolar AS Kuartal I 2016 menjadi 469,1 persen pada Kuartal I 2017. Selengkapnya baca di sini.

KPK: Hak angket DPR hambat proses hukum kasus korupsi e-KTP

KTP ELEKTRONIK. Penggiat anti korupsi melihat spanduk berisikan replika Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik di jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 16 Maret. Foto oleh Darwin Fatir/ANTARA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai gerah dengan adanya usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat mengenai hak angket. Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, langkah DPR itu berisiko menghambat proses hukum dalam penanganan korupsi KTP Elektronik.

“Kami percaya partai politik dapat mempertimbangkannya,” ujar Febri di kantor KPK.

Dia menambahkan, seharusnya semua kalangan turut mengawal proses hukum kasus yang telah merugikan negara Rp 2,3 triliun itu. Jika ada anggota DPR yang keberatan dalam kasus tersebut lebih baik melakukan upaya hukum daripada menggulirkan hak angket.

Walaupun begitu, KPK tetap akan melanjutkan proses hukum dalam kasus pengadaan KTP Elektronik. Selengkapnya baca di sini.

Mulai pekan depan, foto bersama Ahok dibatasi hanya dua jam

SALAMI WARGA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyalami sejumlah warga setelah berfoto bersama di Balai Kota Jakarta, Rabu, 26 April. Foto oleh Angga Budhiyanto/ANTARA

Kepala Unit Pengamanan Balai Kota, Komisaris Juli, mengatakan mulai Selasa, 2 Mei akan dibuat aturan baru untuk membatasi jam warga boleh berfoto bersama dengan Gubernur DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama. Ahok membatasi diri untuk berfoto bersama dari pukul 07:00 hingga 09:00 WIB.

Selain itu, jumlah pengunjung yang boleh berfoto dengan Ahok juga dibatasi hingga 1.000 orang.

“Itu permintaan dari keamanan dalam Balai Kota, karena Ahok harus menjalankan tugas sehari-hari,” kata Juli di Balai Kota, Jakarta.

Aturan tersebut, katanya, diberlakukan berdasarkan pengalaman padatnya Balai Kota sejak tiga hari terakhir.

“Kemarin-kemarin belum ada aturan baku, sehingga Ahok melayani berfoto dengan siapa saja. Jumlah dan waktunya pun tidak ditentukan,” tutur dia.

Juli berharap semua ini bisa tetap aman dan rapi. Selengkapnya baca di sini.

Situs Telkomsel diretas

DIRETAS. Situs Telkomsel pada Jumat pagi diretas diduga oleh kelompok Anonymous. Mereka menuntut agar tarif yang berlaku di Telkomsel diturunkan. Ilustrasi dari ANTARA

Situs resmi operator jaringan Telkomsel diretas pada Jumat pagi. Saat publik ingin membuka situs resmi mereka di alamat www.telkomsel.com melalui perangkat komputer, malah teralih ke laman mercusuar uzone.id

Pelaku diduga merupakan anggota kelompok Anonymous, karena terdapat logo mereka di situs Telkomsel. Isi situs Telkomsel diubah berisi makian dan keluhan soal mahalnya tarif yang diberlakukan oleh operator tersebut kepada para penggunanya.

Mereka secara spesifik menyoroti mahalnya harga paket internet yang justru menyulitkan publik untuk mengakses informasi.

“Murahin harga kuota internet! Enggak usah pake dibagi-bagi 2G/3G/4G,” demikian tertulis di situs Telkomsel yang diretas.

Kabar mengenai peretasan isu Telkomsel ini beredar secara cepat di media sosial dan pesan singkat. Hingga saat ini Telkomsel belum memberikan penjelasan terhadap aksi peretasan. Selengkapnya baca di sini.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!