Berita hari ini: Minggu, 30 April 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 30 April 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 30 April 2017.

Mbah Gotho manusia tertua di dunia wafat

Mbah Gotho lelaki asal Sragen, Solo yang disebut sebagai pria tertua di dunia menghembuskan nafas terakhir di usia 146 tahun. Akhrinya keinginan Mbah Gotho untuk bertemu dengan ajalnya terwujud.

Kabar Mbah Gotho meninggal disampaikan oleh Wakapolsek Sambungmacan, Iptu Zaeni. Dia mengatakan, Mbah Gotho meninggal di RSUD Sragen pada pukul 17:45 WIB.

“Telah meninggal dunia Bapak Sodimejo alias Mbah Gotho pada usia 146 tahun. Beliau meninggal akibat sakit,” kata Zaeni.

Dia mengatakan, sebelum wafat Mbah Gotho sempat dirawat beberapa kali di RSUD Sragen karena sakit. Tetapi, dia meminta kepada keluarga untuk dibawa pulang ke rumah. Selengkapnya baca di sini.

Setya Novanto serahkan usulan hak angket kepada DPR

STRATEGI. Ketua DPR, Setya Novanto (kedua dari kiri) banyak mengungkapkan kata "tidak tahu", "tidak kenal", "tidak pernah dengar" ketika menjadi saksi kasus mega korupsi pengadaan KTP Elektronik pada Kamis, 6 April. Foto oleh Dewi Fajriani/ANTARA

Ketua DPR, Setya Novanto mengatakan keputusan persetujuan untuk mengusulkan hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepenuhnya ada di tangan para wakil ketua dan fraksi di DPR.

“Kalau saya, soal hak angket KPK (saya) serahkan kepada wakil ketua dan fraksi,” ujar Setya Novanto di Mataram.

Dia mengatakan tidak pernah ikut campur atas usulan tersebut atau soal mengapa usulan hak angket itu tetap diketok palu secara sepihak,

“Saya tidak ikut mencapuri dan wakil ketua yang telah melakukan dan melaksanakan bersama fraksi lain,” tutur Setya.

Hak angket digulirkan oleh DPR karena mereka ingin agar KPK membuka rekaman ketika anggota Komisi V, Miryam S. Haryani diperiksa oleh lembaga anti rasuah tersebut. Selengkapnya baca di sini.

Cawagub Sandiaga Uno akan luncurkan kartu bagi para jomblo di ibukota

PENDAFTARAN. Bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memasuki gedung saat akan menyerahkan dokumen pendaftaran di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jumat, 23 September. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut akan meluncurkan program “Kartu Jakarta Jomblo” atau KJJ bagi anak muda di DKI Jakarta yang tidak memiliki pasangan. Dia mengatakan, KJJ ini muncul mendekati pencoblosan Pilkada DKI Jakarta 2017 yang bertujuan untuk meneduhkan suasana politik di ibu kota.

“KJJ itu betul. KJJ itu yang kemarin menjadi salah satu (cara) agar suasana lebih teduh mendekati Pilkada,” ujar Sandi di Jakarta.

Dia mengatakan KJJ nantinya hanya bisa digunakan selama enam bulan. Dia berharap, program KJJ bisa dapat menjadi ajang silahturahmi bagi para warga yang tidak memiliki pasangan. Selengkapnya baca di sini.

Hasil penghitungan suara KPU DKI: Ahok-Djarot raih 42,04 persen, Anies-Sandi dapat 57,96 suara

RAPAT PLENO. Petugas KPU Provinsi DKI Jakarta melintas di depan layar saat rapat Pleno Penghitungan Suara terbuka Pilkada DKI Jakarta putaran dua di Jakarta, Sabtu, 29 April. Foto oleh M Agung Rajasa/ANTARA

KPU DKI Jakarta telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat provinsi. Sesuai dengan hasil hitung cepat, pada kenyataannya pasangan calon nomor urut tiga dinyatakan oleh KPU DKI memang unggul dari paslon nomor urut 2.

“Kami garis bawahi, perolehan suara paslon nomor 2 sebanyak 2.350.366. Sedangkan, paslon nomor 3 mendapat suara 3.240.987,” ujar Ketua KPU DKI, Sumarno di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Gambir.

Sementara, dari hasil raihan suara menurut persentase, Ahok-Djarot memperoleh 42,04 persen. Sedangkan, paslon Anies-Sandi mendapat 57,96 persen suara.

Sumarnao menjelaskan pada putaran kedua ini, surat suara yang sah pada semua paslon mencapai 5.591.353. Sedangkan surat suara yang tidak sah mencapai 58.705.

Sehingga, total suara sah dan tidak sah ada sebanyak 5.649.428 suara. Selengkapnya baca di sini. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!