Berita hari ini: Rabu, 31 Mei 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 31 Mei 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 31 Mei 2017.

Istana undang Afi hadiri hari lahir Pancasila

WARISAN. Penulis, Asa Firda Inayah, saat diwawancarai wartawan di Balai Kota Banyuwangi. Foto dari akun Facebook Afi

Pihak Istana mengundang Asa Firda Inayah atau yang akrab disapa Afi untuk mengikuti upacara pengibaran bendera memperingati hari lahir Pancasila pada Kamis esok. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan menjadi inspektur upacara di gedung Pancasila yang berada di Kementerian Luar Negeri.

“Betul, pihak Istana mengundang Afi untuk ikut upacara besok,” ujar Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Kepresidenan Bey Machmudin ketika dikonfirmasi.

Afi menjadi salah satu dari sekitar 300 orang tamu yang diundang dalam upacara itu. Alasan Istana mengundang Afi karena siswa kelas III SMA Negeri I Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur itu dianggap sebagai contoh yang baik dalam hal implementasi Pancasila.

Afi sudah diminta untuk datang ke Kompleks Istana Presiden sejak siang tadi. Salah satunya, untuk menyampaikan tata acara esok hari. Selengkapnya baca di sini.

Warga korban penggusuran menangkan gugatan atas PT KAI Bandung

Rangkaian KRL Commuter Line melintas di proyek pembangunan stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Jumat (19/5). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Bandung memerintahkan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daops II Bandung membayar ganti rugi terhadap 25 orang korban penggusuran. Putusan tersebut dibacakan di PN Kelas 1 A Bandung, Rabu, 31 Mei 2017.

“Menghukum tergugat 1 (PT KAI) untuk membayar ganti rugi senilai Rp15 juta dikali 25 orang penggugat dengan total Rp 375 juta,” kata Ketua Majelis Hakim Irwan Effendi.

PT KAI Bandung menggusur 25 orang yang tinggal di RW 02 Kelurahan Kebon Jeruk Kota Bandung pada Juli 2016. PT KAI menganggap lahan yang ditempati warga adalah milik negara. “PT KAI tidak bisa membuktikan kepemilikan lahan,” kata penaseihat hukum penggugat, Asri Vidia Dewi.

Asri mengatakan, meski warga memenangi gugatan ini, namun uang ganti rugi yang disampaikan hakim dirasa belum adil. Sebab, selain kehilangan rumah, warga tergusur juga kehilangan barang berharga. Baca berita selengkapnya di sini

Presiden teken Perpres Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Seskab Pramono Anung sebelum memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/5). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah meneken Peraturan Presiden tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. 

“Besok kita akan menyambut Hari Pancasila, tentunya Presiden dalam meletakkan dasar-dasar itu dan juga mempersiapkan supaya ada lembaganya. Lembaganya oleh beliau sudah ditandatangani hari ini,” kata Pramono, Rabu 31 Mei 2017.

Lembaga tersebut, Pramono melanjutkan, akan terdiri dari sembilan orang dewan pengarah satu satu eksekutif. Mereka juga akan dibantu oleh eselon I. 

“Karena ini berada di bawah unit kerja Presiden maka kewenangan itu sudah diatur lebih lanjut dan termasuk mekanisme organisasi, pertanggungjawaban, sudah diatur dalam Perpres ini,” Pramono melanjutkan. 

Setelah gempa mengguncang Poso, air muncul dari dalam tanah

Foto diambil dari @infoBMKG

Gempa dengan kekuatan 6,6 SR yang mengguncang Kabupaten Poso tak hanya menyebabkan sejumlah ruas jalan retak, tapi juga menimbulkan semburan air dari dalam tanah.

“Saya saat ini sedang mendampingi tim dari BMKG memeriksa air yang muncul dari dalam tanah cukup banyak titiknya,” kata Idris Tunilele, aktivis lingkungan di Kabupaten Poso, Rabu 31 Mei 2017.

Air tersebut, Idris melanjutkan, bermunculan dari tanah yang retak akibat gempa. Sampai saat ini belum diketahui penyebab munculnya air tersebut. Namun tak ada korban jiwa dalam gempa ini. Baca berita selengkapnya di sini.  

Panitia khusus hak angket DPR terhadap KPK resmi dibentuk

PIMPIN RAPAT. Ketua DPR Setya Novanto (kedua kiri) bersama empat Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kiri), Fadli Zon (tengah), Agus Hermanto (kedua kanan) dan Fahri Hamzah memimpin Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Maret.  Foto oleh Hafidz Mubarak/ANTARA

Meski dikritik oleh banyak pihak, tetapi DPR bergeming dan tetap melanjutkan proses hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka akhirnya resmi membentuk panitia khusus (Pansus) untuk menanyakan KPK soal pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR, Miryam S. Haryani.

Saat ini, pansus angket KPK baru terdiri dari lima fraksi yang secara resmi sudah mengirim wakilnya ke pimpinan DPR. Kelima fraksi itu yakni Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Hanura, Fraksi PPP dan Fraksi Nasdem.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan saat ini dia masih menunggu kepastian dari lima fraksi lain yang belum mengirim perwakilan di pansus angket KPK.

“Ada yang masih mempertimbangkan sikap, ada yang masih menunggu keputusan DPP partai, kita tunggu aja,” kata Fahri saat ditemui usai memimpin rapat paripurna. Selengkapnya baca di sini.

Sriwijaya Air tergelincir di Bandara Manokwari</headline>

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 570 tergelincir di Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat, Rabu 31 Mei 2017, pukul 08:55 WIB.

Insiden ini diduga terjadi karena kondisi runway Bandara Rendani yang basah setelah diguyur hujan. Akibatnya, pesawat tergelincir dari landasan sejauh 20 meter.

“Semua penumpang selamat,” kata Kapuskom Kemenhub JA Barata Barata, Rabu 31 Mei 2017. Meski begitu, insiden ini membuat Bandara Rendani ditutup untuk sementara. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!