Menagih janji anggota DPR bersama Temui Wakilmu

Abdul Qowi Bastian

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Menagih janji anggota DPR bersama Temui Wakilmu
Pertemuan pertama acara Temui Wakilmu ini akan diadakan pada Kamis, 4 Desember, di gedung DPR RI, Jakarta

JAKARTA, Indonesia —Yoga Dirga Cahya dan Rizki Aljupri adalah bukti bahwa ketika satu pintu tertutup, masih ada pintu-pintu lain yang menunggu diketuk. 

Saya mengenal Yoga dan Rizki sejak tahun lalu, ketika menggagas Ayo Vote, sebuah gerakan pemuda peduli politik dan pemilihan umum. Yoga, 26, adalah calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang mewakili daerah pemilihan Jakarta II. Sedangkan Rizki, 23, adalah caleg termuda yang maju untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), asal daerah pemilihan Provinsi Jakarta.  

Keduanya gagal mendapatkan kursi di Senayan pada pemilu legislatif 9 April lalu. Tapi partisipasi politik Yoga dan Rizki tidak berhenti sampai di situ. Rizki yang awalnya tak berpartai akhirnya memutuskan untuk masuk menjadi kader PAN awal November kemarin. 

Bersama Yoga, ia menggagas acara dwi-bulanan Temui Wakilmu, sebuah wadah bagi anak-anak muda Indonesia untuk menyalurkan aspirasi mereka secara langsung kepada anggota DPR. 

“Pertama kali ide ini muncul dari saya dan Yoga, dengan bimbingan Mas Teguh Juwarno [anggota DPR RI dari fraksi PAN], dalam rangka saya masuk PAN,” kata Rizki, Selasa (2/12). 

“Kami ingin membuat tradisi baru di perpolitikan Indonesia, dengan mencontoh sistem town hall di Amerika Serikat,” aku pemuda lulusan S1 dan S2 di Washburn University, Kansas, AS. 

Panggilan untuk Temui Wakilmu di gedung DPR, Kamis ini.

Menurutnya, pertemuan tatap muka antara anggota dewan dengan konstituennya masih sulit ditemukan di Indonesia, kecuali pada masa reses DPR dimana para legislator menyambangi daerah pemilihannya. Hal ini berbeda dengan wakil rakyat di AS dimana mereka memiliki jadwal town hall meeting rutin tiap bulannya. 

“Di negara kita, pertemuan antara anggota dewan dengan konstituennya masih cenderung bersifat simbolis dan sering kali transaksional,” ujarnya. 

Dengan demikian, masyarakat merasa jauh dengan wakil rakyat mereka. Seringkali mereka mengeluh mengenai performa dan tingkah laku sebagian anggota dewan yang malas and perilaku korup.

Temui Wakilmu ingin menjadi jembatan antara anggota dewan dan anak muda, sekaligus memberi pemuda-pemudi Indonesia pembelajaran lebih lanjut mengenai fungsi, tugas, dan wewenang wakil rakyat mereka yang bekerja di Senayan. 

“Diharapkan kegiatan Temui Wakilmu ini dapat mengubah citra DPR secara perlahan menjadi lebih positif dan tentunya aspiratif,” lanjutnya. 

Rizki, selaku ketua panitia Temui Wakilmu, mengatakan bahwa acara perdana ini akan mempertemukan 20 anak muda terpilih dengan tiga anggota DPR. Mereka adalah Fadli Zon (Wakil Ketua DPR, Fraksi Gerindra), Anang Hermansyah (Komisi X, Fraksi PAN), dan Teguh Juwarno (Komisi X, Fraksi PAN). 

Ketika ditanya mengapa anggota DPR yang dipilih semuanya berasal dari Koalisi Merah Putih (KMP), ia menjawab, “Ini baru pertama kali diselenggarakan. Kebetulan akses yang saya miliki saat ini ke mereka,” akunya. “Tentunya kami tidak mau ini dijadikan tradisi KMP saja. Di edisi kedua nanti akan ada perwakilan dari Koalisi Indonesia Hebat, rencananya Mas Budiman Sudjatmiko dari PDI-P.” 

Keduapuluh peserta yang terpilih sebelumnya telah mengirimkan esai singkat terkait harapan mereka kepada anggota dewan dan DPR secara lembaga. 

“Secara garis besar, harapan mereka ingin DPR fokus bekerja, tidak melulu mementingkan kepentingan partai atau golongan. Kedua, mereka ingin transparansi dalam penyusunan anggaran dan proses legislasi,” terang Rizki. 

Pertemuan pertama acara Temui Wakilmu ini akan diadakan pada Kamis, 4 Desember, di gedung DPR RI di bilangan Senayan, Jakarta Selatan.  

Ingin langsung menyampaikan aspirasi ke wakilmu? Follow Twitter mereka di @TemuiWakilmu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!