5 tech startup yang membuat hidup anda lebih mudah

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 tech startup yang membuat hidup anda lebih mudah
Meskipun sibuk, Anda tak perlu mengeluh tak bisa melakukan semua aktivitas. Kini ada tech start-up yang bisa membantu dan memudahkan urusan Anda.

JAKARTA, Indonesia — Bisnis start-up mulai menjamur di tanah air. Penggagas bisnis ini rata-rata anak muda. Jenis layanan bisnis yang mereka tawarkan pun di luar dugaan.

Seperti layanan penjualan tiket bus online. Hingga layanan pembacaan berita. Iya, berita anda akan dibacakan. Bukan lagi Anda yang membacanya sendiri. Intinya, Anda tak perlu repot.

Nah, ini daftar lima tech start-up yang akan membuat hidup Anda lebih mudah:

1. Layanan pesan tiket bus online dari Ayobis.com

Layanan tiket pesawat dan kereta api online sudah terlalu mainstream. Ide Ayobis menciptakan layanan pembelian tiket bus adalah sebuah terobosan baru.  

Bisnis ini mengutamakan layanan pembelian tiket bus online yang lebih nyaman daripada antri di terminal.  Tentu saja. Apalagi jika isunya adalah soal keamanan.

Penggagas situs Ayobis mengatakan, layanan Ayobis mirip dengan tiket pesawat online. Pelanggan cukup memilih daerah tujuan, jadwal keberangkatan dan kepulangan, lalu cek harga, pilih tempat duduk, dan pilih metode pembayaran yang praktis. Anda bisa membayar dengan kartu kredit atau online banking.  

Dalam situsnya, Ayobis juga menawarkan layanan ini, bukan hanya pada para backpacker, tapi juga mengajak para operator bus untuk bergabung dengan situs mereka. Untuk apa lagi, kalau bukan meningkatkan penjualan tiket.

Namun di layanan ini, tidak ada rekomendasi tentang keselamatan bus dan peta tujuan bus. Tujuan mana saja yang sudah bisa dilayani oleh Ayobis? Juga bus apa saja yang direkomendasikan oleh Ayobis? Mengingat beberapa bus memiliki reputasi keselamatan yang buruk.

Layanan ini seharusnya memberikan rekomendasi kepada penumpang mengenai keselamatan penggunaan merek bus tertentu. Juga melakukan review terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga ada rating untuk setiap operator bus.

2. Saatnya berita dibacakan oleh BdB.co.id

Terlalu sibuk? Anda orang yang harus bangun pagi-pagi, lalu menyempatkan diri membuat sarapan, membersihkan rumah sebelum berangkat kerja, mengantarkan anak, menyiapkan berkas untuk rapat di siang hari bersama atasan, lalu harus rela terjebak di tengah kemacetan saat berangkat ke kantor. Nah, kapan Anda sempat membaca berita? Terlalu repot.

Sayangnya layanan pembacaan berita ini terbatas. Mereka hanya membacakan berita pilihan operator saja. Jadi Anda tak selalu bisa mendengarkan berita yang Anda inginkan. Akan tetapi, jika Anda hanya ingin memperbarui pengetahuan Anda tentang berita terpopuler hari ini, layanan ini adalah pilihan terbaik.

3. Tak ada kata tak sempat lapor, gunakan layanan online pajak

 

Anda pengusaha kecil dan menengah, dan tak punya banyak waktu untuk melaporkan pajak secara rutin? Coba klik situs ini. Dikembangkan oleh Charles Guinot, situs ini membantu pengusaha Indonesia untuk menghemat waktu dan tenaga dalam menyelesaikan kewajiban membayar pajak.

Seperti slogannya, online pajak akan membuat proses pelaporan pajak bagi usaha kecil dan menengah sepraktis mungkin.

Di sini, pegiat UKM (Usaha Kecil dan Menengah) bisa menghitung, membayar, serta melaporkan pajak perusahaan mereka hanya dalam waktu singkat. Situs ini juga sangat update. Mereka memastikan bahwa layanan ini selalu memperbarui berita perubahan peraturan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Sehingga metode perhitungan pajak bisa selalu akurat.

Namun, itu berarti mau tak mau Anda harus rela membuka data finansial perusahaan Anda. Paling tidak, data pendapatan per tahun. Rela?

4. Saatnya memasuki era ‘uang elektronik’ bersama ArtaBit.com

 

ArtaBit berasal dari kata artha, yang artinya uang, dan bit yang diambil dari kata Bitcoin . Atau Anda juga bisa menyebutnya dengan istilah populernya, ArtaBitcoin.

Dalam situsnya, ArtaBit mengklaim sebagai solusi pembayaran yang menggunakan Bitcoin pertama di Indonesia. Layanan ArtaBit misalnya, sistem pembayaran menggunakan Bitcoin dan Rupiah, kirim uang ke Indonesia dengan menggunakan Bitcoin, belanja online dengan menggunakan Bitcoin dan Rupiah, dan beli Bitcoin dengan Rupiah.

Layanan Atabit hampir mirip PayPal. Jadi Anda kini punya banyak pilihan untuk uang elektronik. Apakah akan memilih online banking, e-money, PayPal, kartu kredit, atau Bitcoin saja?

5. Berdagang plus bersedekah bersama BeliBeri.org

Beliberi adalah konsep jual-beli sambil bersedekah. Mereka menyebut situsnya sebagai gerakan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang dilakukan secara swadaya, khususnya dalam membantu penyediaan sarana publik.

Cara kerja gerakan ini adalah dengan menghimpun donasi barang bukan uang untuk dijual dengan harga super murah kepada masyarakat yang membutuhkan. Hasil penjualan digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial dan ketersediaan fasilitas publik.

Nah, Anda bisa berjualan sambil membeli barang, dan secara otomatis bersedekah pada anak-anak yang kurang mampu. Paling tidak setelah berbelanja, Anda tak perlu merasa bersalah.

Selain itu, dari hampir semua start-up yang ada di Indonesia, bisnis ini merupakan salah satu yang minim profit. Patut dicontoh! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!