Pilot AirAsia QZ7510 diduga pakai narkoba

Kartika Ikawati

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pilot AirAsia QZ7510 diduga pakai narkoba
Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko tidak membantah, namun ia menduga tes itu bisa salah karena pilot tersebut baru keluar dari rumah sakit.

SURABAYA, Indonesia — Belum usai duka yang menyelimuti AirAsia atas jatuhnya pesawat QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura di perairan Selat Karimata, masalah baru muncul bahwa salah satu pilotnya yang menerbangkan pesawat QZ7510 dari Jakarta ke Denpasar pada hari Kamis (1/1) dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Pilot berinisial F.I. ini dinyatakan positif setelah menjalani pemeriksaan urine yang dilakukan tim Balai Kesehatan Penerbangan serta Direktorat Kelaikan Pengoperasian Pesawat Udara Kementrian Perhubungan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Kamis pagi.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko, tidak membantah peristiwa tersebut. Namun, Sunu menduga tes itu bisa salah karena F.I. baru saja keluar dari rumah sakit.

“Berdasarkan hasil interview yang telah kami lakukan, pilot tersebut baru keluar dari rumah sakit karena sakit tifus, dan diinfus dari tanggal 26-29 Desember. Sampai saat ini yang bersangkutan masih mengonsumsi obat jalan, salah satunya Actifed,” ujar Sunu dalam konferensi pers di Posko Ante Mortem Polda Jatim, Kamis siang.

Menurut Sunu, konsumsi obat batuk dan flu dapat membuat tes narkoba tidak akurat. Oleh karena, itu AirAsia Indonesia bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dan Rumah Sakit Ketergantungan Obat akan melakukan tes lanjutan.

Sunu juga memaparkan rekam jejak pilot yang merupakan salah satu pilot senior di Air Asia. 

“Yang bersangkutan sudah bekerja di Air Asia selama 9 tahun. Dia memiliki track record bersih, seorang kapten senior dan sudah berkeluarga. Kami akan melakukan tes lebih lanjut. Kami optimis tes selanjutnya akan negatif,” pungkas Sunu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!