Gitaris metal berjilbab asal Bandung sedot perhatian dunia

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mel menuai decak kagum atas kelihaiannya bermain gitar. Namun tak sedikit yang menyerangnya karena alasan rasisme.

Screenshot dari Youtube.

JAKARTA, Indonesia —Meliani Siti Sumartini menyedot perhatian netizen, bukan hanya dari Indonesia, tapi dari segala penjuru dunia.

Sebuah video yang ia unggah, berjudul Lamb of God – “Hourglass” covered by Melmenjadi pembicaraan di dunia maya baru-baru ini, padahal video tersebut sudah diunggah sejak 3 Maret tahun lalu.

Gadis asal Bandung yang masih duduk di bangku sekolah ini mendulang banyak pujian atas aksinya memainkan lagu-lagu metal aliran keras menggunakan gitar listriknya.

Dengan lihai, dalam video tersebut, ia memainkan aransemen band heavy metal Lamb of God. Gerak tangannya cepat, namun terlihat santai mengundang decak kagum. Wajahnya terlihat tenang kala jari-jarinya berpindah dari satu kunci ke kunci lain.

Dalam video itu, ia mengatakan, hanya sedang berlatih sebelum berangkat ke sekolah. “Check! Check! Has taken before im going to school, i wish you’re enjoying it,” katanya, melalui akun YouTube-nya, MelSickScreamoAnnie.

Video Mel ini sontak memancing beragam komentar. Karena selain umurnya yang masih muda, saat ini siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Pasundan 3 Bandung, Jawa Barat, dia juga memakai jilbab.

Total hingga hari ini, Jumat (9/1), video tersebut sudah ditonton lebih dari 300.000 kali dan akan terus bertambah.

Sayangnya, tak sedikit komentar di videonya berisi nada rasis, mengaitkan Mel yang berjilbab dengan aksi terorisme Negara Islam Irak dan Suriah, atau ISIS. Terlebih lagi mengingat kejadian penembakan kartunis tabloid Charlie Hebdo di Paris, Prancis, oleh ekstremis, baru-baru ini.
 
Namun, tak sedikit pula yang memuji Mel, seperti pengguna YouTube dengan username Anula Namshum. “I don’t understand why people are talking about everything except her skills on the guitar. And why the hell are you bringing her religion in this? Can’t you see that she is just a young girl sharing her passion for music. Learn to respect that! if you wanna fight on religion, go do it somewhere else.” – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!