Ketika selfie dipermasalahkan

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Banyak meme selfie beredar sebagai bentuk protes pada Felix Siauw yang menganggap selfie tak bermanfaat.

 COMMAWIKI SELFIE. Putu Adiya Nugraha, pencipta CommaWiki, ikut meramaikan hastag #Selfie4Siauw atas reaksi pernyataan Felix Siauw tentang selfie. Felix mengatakan selfie tak bermanfaat, Foto oleh Putu Aditya Nugraha

JAKARTA, Indonesia-Penulis buku ‘Udah Putusin Aja’ Felix Siauw menggegerkan dunia maya hari ini, Senin, 19 Januari 2015, ketika ia memberikan kuliah twit tentang selfie. Ada 14 cuitan keramat, Ustadz Felix, begitu ia akrab disapa, tentang bahaya selfie.

Yang paling utama, kata Felix, selfie berujung pada kesombongan dan narcisistis. “Di masa kami dulu, narsis itu aib, sesuatu yang aneh, tidak biasa, dan cenderung gila | narsis di masa kami bukan sesuatu kebiasaan,” katanya.

Felix juga membandingkan antara perempuan muslim di masanya, dan saat ini. “Zaman ini banyak Muslimah tanpa malu selfie, satu foto 9 frame | dengan pose wajah yang -innalillahi-, dimana kemuliaan wanita?” katanya.

“Alhamdulillah, kami tak pernah berselfie kecuali saat membuat video di Vatikan | saat tak ada yang bisa memegang kamera kecuali batu :)” katanya lagi.

Reaksi netizen

Alih-alih kata-katanya menjadi teladan, Felix pun menuai protes dari sebagian besar netizen. Beberapa netizen mengaku heran dengan kultwit Felix tentang selfie.

Seperti akun @vieyyoga, ia mengatakan selfie adalah ekspresi kebahagiaan

Akun @kurniawanpearce juga memprotes sikap Felix yang mempertanyakan selfie, dan terkesan mengharamkannya:  

 Akun lain @DyazSinggih mempertanyakan mengapa Felix memilih topik selfie, bukan topik yang lain?

Selebtwit yang juga cendekiawan muda Akhmad Sahal @Sahal_AS yang sedang menimba ilmu di Amerika Serikat, juga memprotes kultwit Felix. Menurut Sahal, selfie merupakan kegiatan yang mubah, artinya boleh dilakukan.

‘Serangan’ meme untuk sang ustad

Bukan netizen namanya kalau tak kreatif. Sebagian besar netizen, ada yang menganggap himbauan Felix tak perlu dihiraukan. Mereka bahkan mengirim Felix dengan gambar-gambar selfie yang membuat Anda bisa tersenyum sendiri.

Seperti kiriman foto selfie dari Sutradara Joko Anwar:

Juga kiriman foto dari akun @digembok. Ia menyindir Felix dengan mengingatkan bahwa koleganya, Jonru Ginting atau @jonru juga gemar selfie:

Seorang akun bernama @flazuard bahkan menyebut, Felix juga pernah ‘selfie’ saat masih muda dulu:

Bahkan akun @bentarabumi terang-terangan menunjukkan Felix pernah mengadakan kuis selfie:

Meski menuai kritik. Felix tampak acuh. Ia mengatakan, “Mau dengerin alhamdulillah, mau cari pembenaran dengan nyalahin orang yang nasihati juga nggak papa | aku tetep sayang kamu mmuah.”

–Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!