8 hal menarik di INACRAFT 2015

Johana Purba

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

8 hal menarik di INACRAFT 2015
Tak perlu rogoh kocek dalam untuk hadiri dan nikmati INACRAFT 2015, di mana kamu bisa menemukan ragam kreasi dan kerajinan tangan pengusaha lokal dan nasional. Check it out!

Pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2015 yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center sukses membuat kemacetan di sekitarnya. 

Wajar saja, pasalnya pemeran hasil kerajinan tangan berskala internasional terbesar di Indonesia ini diikuti oleh sekitar 1.600 peserta dengan target 200 ribu pengunjung. 

Untuk menikmati pameran dan belanja di INACRAFT, kamu harus siapkan uang tiket masuk Rp 20.000, ya. 

Lantas, mau belanja apa sih di INACRAFT? Apa saja yang menarik di sana? 

Produk baru nan ekslusif Batik Tembayat

Memiliki busana dari Batik Tembayat adalah memiliki sebuah kenangan berharga dari pengrajin batik senior di Solo. Foto oleh Johana Purba/Rappler

Sejumlah label dan pengrajin melansir koleksi baru di INACRAFT,  yang tidak bisa kamu dapatkan di tokonya. Misalnya, Batik Tembayat yang kali ini melansir koleksi kemeja pria dan tas kulit. Batik Tembayat adalah “langganan” INACRAFT yang menawarkan kreasi busana atasan wanita, kemeja pria, dan anak dengan kain batik lawas asal Desa Tembayat, Solo. 

Memiliki busana dari Batik Tembayat adalah memiliki sebuah kenangan berharga dari pengrajin batik senior di Solo. Ibu Gina, sang desainer, mengambil batik dari pembatik senior di Solo yang sudah paruh baya. Mereka masih menjaga kelestarian motif lama dan tidak menjahit batik, sehingga batik bisa dikenakan sebagai bawahan yang cantik dengan cara diikat atau lipit. 

Koleksi Batik Tembayat mulai dari Rp 250.00 – Rp 575.000.

Diskon menggiurkan oleh Amargita

Amaragita memberikan diskon 10% untuk semua koleksi atasannya. Foto oleh Johana Purba/Rappler

Meski rasanya ingin membeli semua barang di INACRAFT, stand Amaragita ialah salah satu yang paling menggiurkan. Amaragita memberikan diskon 10% untuk semua koleksi atasan dan baju batik eksklusifnya, tidak terkecuali untuk model baru. 

Amaragita menawarkan busana batik yang chic, pantas dipakai untuk acara semi-formal maupun untuk ke kantor.  Misalnya, atasan model peplum dan dress cheongsam batik. 

Kreasi Amaragita bukan produk massal, sehingga tidak usah khawatir kembaran dengan yang lain. 

Koleksi Amaragita mulai dari Rp 250.000 – Rp 600.000.  Ada juga bundle kain batik murah seharga Rp 50.000.

Beragam batu akik dari Borneo Batu Alam

Borneo Batu Alam memamerkan batu asli asal Kalimantan hias gelondongan. Foto oleh Johana Purba/Rappler

Ada sejumlah toko yang menjual batu akik maupun cincin akik. Salah satu yang lumayan menonjol adalah Borneo Batu Alam. Mereka memamerkan batu asli asal Kalimantan hias gelondongan, maupun batu yang bisa diikat menjadi cincin, kalung, dan anting. 

Harganya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 1.500.000. Pilih saja warnanya, cantik-cantik bikin kepincut.  

Perabotan rumah ekonomis dengan Natural Jess

Punya rumah baru namun kosong? Atau kamu bingung mau mendekor rumah seperti apa? Ada sejumlah toko pernak-penik dan perabotan rumah yang bisa kamu datangi. Namun di Natural Jess, ada promo kotak pandan berukuran sedang dan aneka hiasan meja macam kotak perhiasan dan bingkai foto dengan harga Rp 100.000. Good bargain untuk menghias rumah. Yang penting, asli buaatan Indonesia.  

Obral kain batik murah

Cek obralan batik handmade Rp 50.000 di Hassa Batik. Foto oleh Johana Purba/Rappler

INACRAFT memang terkenal dengan batiknya. Mulai dari busana batik atau kainnya saja. Di toko H2 By Fank Fank ada paket batik doby atau katun. Satu buah dihargai Rp 150.000. Kalau beli 3 hanya Rp 300.000. Sulit untuk dilewatkan! 

Kain batik murah juga ada di Hassa Batik. Cek obralan batik handmade Rp 50.000 yang terdiri dari celana panjang, celana pendek, kemeja wanita, maupun daster.

Aktivitas anak yang bikin betah

Craft &Co adalah pembuat miniatur makanan dan produk dari plastik. Foto oleh Johana Purba/Rappler

Sembari ibu, nenek, dan tante berkeliling di INACRAFT, anak-anak bisa dititipkan ke Craft&Co yang menyediakan studio mini pembuatan cupcake plastik yang unik. Tak perlu khawatir meninggalkan si kecil karena mereka bisa membuat sendiri kerajinan tangan cupcake seharga Rp 100.000. 

Craft&Co sendiri adalah pembuat miniatur makanan dan produk dari plastik. 

Merek ternama harga ‘factory outlet’

Di INACRAFT, disediakan koleksi kebaya cantik dengan harga spesial. Foto oleh Johana Purba/Rappler

Sejumlah merek ternama ternyata juga ikut buka stand di INACRAFT. Salah satunya adalah Mama & Leon dari Bali. Di sini mereka menyediakan koleksi kebaya cantik dengan harga spesial, mulai dari Rp 198.000. Kebaya putih cantik dengan bordir, aneka pilihan warna segar macam oranye dan merah, silakan dipadu padankan dengan kain batik yang baru kamu beli.

Produk asli daerah

Sejumlah pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota juga buka stand di INACRAFT, lho. Ini saatnya kamu untuk mengecek barang-barang kerajinan tangan lucu apa saja yang bisa dikoleksi. Mulai dari bermacam pakaian, aksesori, hiasan rumah, lukisan, dan banyak lagi. 

Mengingat betapa luasnya area INACRAFT ini, ramainya pengunjung yang datang, dan kepadatan lalu lintas, baiknya siapkan waktu untuk berlama-lama di sana. Jika sudah mulai lapar, silahkan ke area halaman JCC, ada food court Pesona Kuliner Nusantara. 

Pameran INACRAFT berlangsung dari 8 hingga 12 April 2015. Selamat berbelanja! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!