Indonesia wRap: 23 April 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 23 April 2015
Budi Gunawan dilantik menjadi Wakapolri di tengah hiruk pikuk Konferensi Asia Afrika. Sementara Presiden Jokowi mendesak PBB lakukan reformasi agar seluruh negara mendapat keadilan, Indonesia juga jalin kerjasama dengan Tiongkok untuk membangun kereta super cepat di dalam negeri.

JAKARTA, Indonesia — Budi Gunawan dilantik menjadi Wakapolri di tengah hiruk pikuk Konferensi Asia Afrika. Sementara Presiden Jokowi mendesak PBB lakukan reformasi agar seluruh negara mendapat keadilan, Indonesia juga jalin kerjasama dengan Tiongkok untuk membangun kereta super cepat di dalam negeri.

BG jadi Wakapolri, ‘clean and clear’ dari sangkaan korupsi

Setelah melewati proses yang panjang dan berliku, akhirnya Komisaris Jenderal Budi Gunawan dilantik menjadi Wakil Kepala Kepolisian RI, Rabu sore, 22 April. Terkait status tersangka korupsi, Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri Budi Waseso mengatakan bahwa Budi Gunawan “clear and clean” dari sangkaan pidana korupsi. Hal senada juga disetujui oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menilai pelantikan Budi Gunawan sudah sesuai prosedur. “Budi Gunawan tidak lagi punya masalah hukum, karena itu dia merupakan orang yg bebas dan punya hak untuk dipilih,” kata Kalla. Selengkapnya di Rappler.com.

Jokowi desak reformasi PBB

Presiden Jokowi saat berikan pidato dalam pembukaan KTT KAA ke-60 di Jakarta, 22 April 2015. Foto oleh Panca Syurkani/aacc/Rappler

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mendesak reformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam pidatonya pada pembukaan peringatan Konferensi Asia Afrika, Rabu. Aksi-aksi kekerasan tanpa mandat PBB, seperti kita saksikan, telah menafikan keberadaan badan dunia yang kita miliki bersama itu. Kita, bangsa-bangsa di Asia-Afrika, mendesak reformasi PBB agar berfungsi secara optimal sebagai badan dunia yang utamakan keadilan bagi kita semua, bagi semua bangsa,” kata Jokowi. Baca beritanya di Rappler.com.

Indonesia kerjasama dengan Tiongkok bangun kereta super cepat

Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Presiden Jokowi tandatangani perjanjian kerjasama dengan Tiongkok. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Sementara itu, dalam pertemuan bilateral dengan Tiongkok, pemerintah Indonesia siap menjalin kerjasama dalam pembangunan kereta cepat di dalam negeri. “Framework cooperation ini untuk melandasi studi kelayakan secara detil dan juga struktur finansialnya untuk pembangunan high speed train yang akan dimulai tahun ini,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno. Dengan perjanjian kerjasama ini, Indonesia berharap meminta transfer teknologi dari Tiongkok, selain investasi langsung dan pinjaman jangka panjang.  

Mulai tahun ini, ongkos haji turun 502 dolar AS 

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI sepakat untuk menurunkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015 sebesar 502 dolar AS, dari 3.219 dolar AS menjadi 2.717 dolar AS, atau kurang lebih senilai Rp 33.962.500. “Para calon jamaah haji Indonesia juga merasakan keadilan sesungguhnya karena BPIH yang terjangkau meskipun harga-harga komoditas lain meningkat seiring kenaikan harga BBM dan tingginya kurs dolar terhadap rupiah,” jelas Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay, Rabu. 

Admin @TrioMacan2000 divonis 1,5 tahun penjara 

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis salah satu akun anonim Twitter @triomacan2000 Edi Syahputra hukuman penjara selama 1,5 tahun, terkait kasus pemerasan terhadap Vice President Public Relation PT Telkom Arif Prabowo. “Terdakwa terbukti secara sah bersalah melakukan penadahan secara bersama,” kata Ketua Majelis Hakim Suyadi,” Rabu. Edi juga diperintahkan mengembalikan barang bukti berupa telepon selular dan uang Rp 49 juta kepada yang berhak. Selengkapnya di BeritaSatu.com. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!