Mengenal tim komunikasi Presiden

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Setelah sekian lama dikritik bahwa ia butuh juru bicara, akhirnya Jokowi membentuk tim komunikasi presiden.

Presiden Jokowi tunjuk 2 orang staf untuk menjadi anggota tim komunikasi. Foto oleh EPA

JAKARTA, Indonesia— Presiden Joko Widodo kini punya tim komunikasi. Siapa mereka dan apa tugasnya?

Setelah sekian lama diminta oleh publik dan pengamat untuk menunjuk juru bicara, akhirnya Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan surat keputusan presiden untuk membentuk tim komunikasinya. Tim tersebut berisi Teten Masduki dan Sukardi Rinakit. 

“Arahan Presiden yang dibentuk adalah tim komunikasi Presiden. Sudah dibentuk,” kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Senin, 11 Mei, seperti dikutip oleh Detik.com.

“Mereka berdua akan mengkonsolidasikan Tim Komunikasi Presiden.” 

Teten sebelumnya adalah staf khusus Sekretaris Kabinet. Sebelum berkecimpung di politik, Teten adalah aktivis. Ia pernah menjadi Kepala Divisi Perburuhan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, anggota Ombudsman Republik Indonesia, dan Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia.

Pada 2013, ia berpasangan dengan politisi PDI-Perjuangan Rieke Dyah Pitaloka sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat, namun hanya berhasil menempati posisi kedua. Ia kemudian menjadi salah satu tim terdekat Jokowi saat kampanye pemilu presiden 2014.

Sementara itu, Sukardi merupakan staf khusus Menteri Sekretaris Negara. Sebelumnya, ia adalah pengamat politik dan penulis. Ia pernah menjadi Direktur Eksekutif di lembaga kajian Soegeng Sarjadi Syndicate dan peneliti di Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Bukan juru bicara?

Sukardi mengatakan bahwa mereka bukanlah juru bicara resmi kepresidenan. Lalu apa tugas mereka sebenarnya? 

“Kami membantu komunikasi publik Presiden. Tugas kami adalah melakukan update berita terkini dan isu-isu strategis harian yang menjadi isu publik dan keprihatinan bersama. Jadi kami bukan jubir,” ujar Sukardi, pada Kompas 

“Kebijakan Presiden sampai hari ini adalah seluruh menteri adalah jubirnya. Karena mereka mengetahui langsung program kebijakan yang diambil dan progress implementasinya.”

Sebelumnya, saat melantik anggota Kabinet Kerja pada Oktober 2014 lalu, Jokowi memang sengaja tak menunjuk juru bicara. Ia berdalih bahwa dirinya dan para menteri-menterinya langsung yang akan berhadapan dengan media dan publik untuk menjelaskan kebijakan-kebijakan.

“Pak Jokowi tidak membentuk juru bicara presiden. Pak Jokowi dengan gayanya seperti gubernur akan langsung bicara ke media,” ujar Seskab Andi pada waktu itu.

Pentingnya juru bicara kepresidenan

Jokowi sudah lama dikritik atas keputusannya untuk tidak memiliki juru bicara dan blunder-blunder yang muncul karena perbedaan informasi yang disampaikan jajaran stafnya.

Salah satu kritik datang dari mantan juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha. Ia mengatakan pada 27 Maret 2015 harusnya Jokowi punya orang khusus untuk menjawab pertanyaan harian, sehingga ia tidak harus menyampaikan langsung semua hal.

“Beliau memiliki hak prerogatif untuk tidak memakai jubir, tapi kebutuhan info satu pintu yang mewakili lembaga persiden itu harus ada untuk menghindari misleading. Akibatnya bisa gerus gerogoti wibawa pemerintahan, pemerintahan bisa jadi tidak efektif,” katanya pada Merdeka.com.

“Makin banyak rumor yang saling bertebaran tidak perlu. Kalau itu dibiarkan, tidak di-handle oleh seorang juru bicara, jangan salahkan publik atau media yang mengekspos.” 

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio juga telah mengutarakan pentingnya ada seorang juru bicara kepresidenan.

“Perlu ada juru bicara untuk jadi bumper, jadi tameng. Daripada ketika Jokowi tidak tahu, dia hanya ketawa saja,” katanya, seperti dikutip Detik.com.

Apakah penunjukan tim komunikasi ini bisa memperbaiki komunikasi pihak istana pada masyarakat dan betulkah Jokowi masih tak butuh juru bicara? —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!