Selamat menempuh hidup baru, Gibran-Selvi

Febriana Firdaus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Selamat menempuh hidup baru, Gibran-Selvi
Gibran dan Selvi sah menjadi suami istri, Kamis pagi.

SOLO, Indonesia — Putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming Raka, resmi menikahi mantan Putri Solo 2009 Selvi Ananda, Kamis pagi, 11 Juni 2015, di Solo, Jawa Tengah.

“Saya terima nikahnya Selvi Ananda dengan mas kawin seperangkat alat salat,” kata Gibran di depan penghulu dan wali hakim Selvi. 

Gibran mengucapkan janji akad dengan lancar di depan kedua orang tuanya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana. 

Setelah prosesi akad, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Banjarsari Mukhtarozi memimpin doa bersama untuk kedua mempelai. 

Pindah agama sebelum akad 

Dalam acara akad ini, ayah Selvi, Didit Suprijadi, tidak menjadi wali nikah. Didi yang beragama Katolik menyerahkan wali nikah kepada Mukhtarozi. 

Selvi sendiri diberitakan sudah berpindah agama sebagai syarat nikah dengan putra Jokowi.

“Mbak Selvi sudah masuk Islam. Jadi, tak ada yang perlu diragukan,” kata Mukhtarozi. 

Proses pindah agama Selvi dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta. Namun, Mukhtarozi tak bisa memastikan kapan peristiwa itu terjadi. 

Doa dari penari kawakan 

Selain mendapat ucapan selamat berupa karangan bungan dari politisi, pejabat, dan menteri, Gibran dan Selvi juga mendapat persembahan istimewa dari dua dosen Institut Seni Indonesia Surakarta, Hari Mulyatno dan Sri Setyoasih. Keduanya secara kebetulan adalah suami-istri. 

Ada 3 simbol dalam tarian keduanya yang merupakan doa bagi kedua mempelai. Pertama simbol burung di kepala Hari. “Kami berdoa semoga keduanya cepat punya momongan, ini doanya orang kuno biar burungnya sakti,” katanya sambil terkekeh. 

Kedua, lambang padi di kepala kedua penari dan di bagian penghias keris di pinggang Hari. “Padi adalah simbol kesuburan, agar bisa menguntai kesuburan buat keluarga dan masyarakat,” katanya. Kesuburan yang dimaksud adalah rezeki. 

Ketiga adalah simbol bintang di kepala Sri. “Doa kami manten berdua menjadi bintang di negeri ini,” katanya. 

Keduanya juga memakai kebaya pare anom, hijau dan kuning, apa artinya? “Pare anom itu ritual kesuburan, warna hijau kuning artinya kesuburan untuk keduanya,” katanya. 

 
—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!