Indonesia wRap: 13 Juli 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 13 Juli 2015
Rhoma Irama dirikan Partai Idaman, Jokowi luncurkan kanal Lapor Presiden, penutupan bandara akibat letusan Gunung Raung, kunjungan Pacquiao ke Indonesia.

JAKARTA, Indonesia — Ketinggalan berita karena sibuk mudik? Ini segala berita yang perlu kamu ketahui selama akhir pekan kemarin. 

Rhoma Irama dirikan Partai Idaman, tapi idaman siapa?

Setelah gagal mendapatkan tiket calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam pilpres 2014 lalu, raja dangdut Rhoma Irama mendirikan sebuah partai baru yang dinamakan Partai Islam Daman Aman, atau Partai Idaman. “Idaman ini menampilkan wajah Islam yang terbuka. Kita tahu banyak partai Islam, tetapi tidak benar-benar Islami,” kata Rhoma. Khas Rhoma, Partai Idaman menggunakan logo bergambar tangan yang membentuk lambang cinta. Mau tahu lebih banyak tentang Partai Idaman? Baca di sini. 

Pasca letusan Gunung Raung, Bandara Ngurah Rai Bali kembali dibuka

Penumpang menunggu di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada 12 Juli 2015, akibat penutupan bandara setelah debu vulkanik Gunung Raung ganggu penerbangan di Jawa Timur dan Bali. Foto oleh Made Nagi/Bali

Setelah sebelumnya ditutup akibat debu vulkanik Gunung Raung di Besuki, Jawa Timur, Bandara Ngurah Rai di Bali kembali dibuka pada Minggu, 12 Juli, sekitar pukul 4 sore. Sebelumnya, bandara di Pulau Dewata tersebut ditutup pada Sabtu, 11 Juli, dan Minggu sejak pagi hingga sore. Pembukaan bandara dilakukan karena informasi dari BMKG menyebut bahwa debu Gunung Raung mulai memudar dan menjauhi langit Bali.

Pada Sabtu, ada 5 bandara yang ditutup akibat aktivitas Gunung Raung yang menyebarkan debu vulkanik. Lima bandar udara yang ditutup itu adalah Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang di Lombok, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro di Jember. 

Jokowi luncurkan kanal Lapor Presiden untuk tampung aspirasi rakyat

//

Saudara-saudara, saya percaya masukan langsung saudara-saudara bermanfaat untuk membuat keadaan menjadi lebih baik.Oleh…

Posted by Presiden Joko Widodo on Sunday, July 12, 2015

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meluncurkan kanal www.laporpresiden.org untuk menampung aspirasi rakyat dalam menentukan kebijakan pemerintah yang tepat. Ia berharap kanal ini 

dapat melengkapi ruang selain akun Facebook dan Twitter pribadinya bagi masyarakat yang ingin merespons berbagai kebijakan dan persoalan kepada pemerintah. 

Manny Pacquiao di Indonesia: Jenguk Mary Jane, syuting iklan Tolak Angin

Juara tinju dunia Manny Pacquiao telah kembali ke negara asalnya setelah berkunjung ke Indonesia pekan lalu. Dalam kesempatan yang singkat ini, Pacman menemui terpidana mati Mary Jane Veloso di Lapas Wirogunan, Yogyakarta, pada Jumat, 10 Juli. Meski singkat, Manny Pacquiao dan Mary Jane sempat saling berpegangan tangan dan berdoa bersama di dalam Lapas.

Selain itu, Manny dan juara tinju asal Indonesia, Chris John, bertandem untuk syuting iklan produk Tolak Angin dan Kuku Bima ENER-G. Syuting dilakukan di dekat bunker di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Lihat foto-foto behind-the-scenes Manny dan Chris John di Rappler.com

Laporkan wartawan Tempo, PDI-P tak satu suara

Foto dari Twitter @Sunudyantoro

Bakal calon walikota Bandar Lampung Maruli Hendra Utama melaporkan redaksi Majalah Tempo ke Bareskrim Polri, Sabtu, 11 Juli. Dia menilai pemberitaan Tempo mengesankan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai partai anti korupsi.

“Efek berita ini, PDI-P dianggap masyarakat di Lampung anti pemberantasan korupsi, anti-KPK. Jelas merugikan saya yang merupakan satu-satunya calon wali kota Bandar Lampung yang diusung PDI-P,” ujar Maruli. Berita yang dimaksud terbit di halaman 20-31 Majalah Tempo Edisi 13-19 Juli 2015 sebagai laporan utama dengan judul “Kriminalisasi KPK”.

Namun, DPP PDI-P menyatakan tidak pernah memberi dukungan atas pengaduan Tempo oleh Maruli. “DPP PDI-Perjuangan sama sekali tidak memberikan persetujuan terhadap tindakan Saudara Maruli. DPP PDI-P bersikap, setiap permasalahan terkait media massa, sebaiknya diselesaikan melalui lembaga Dewan Pers. Itu prinsip yang kami pegang,” kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira, seperti dikutip BeritaSatu.com.

—Rappler.com

Dapatkan wRap di emailmu

 
//

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!