US basketball

Akun media sosial Jokowi: Siapa yang punya?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Akun media sosial Jokowi: Siapa yang punya?
Jokowi tak pernah kelola akun media sosialnya. Lalu siapa yang selama ini mengaku sebagai Jokowi?

JAKARTA, Indonesia — Jangan percaya semua yang kamu baca di Internet. Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto mengatakan bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak memilik akun media sosial apapun.

Padahal Facebook dan Twiiter sudah memverifikasi akun tersebut dan memberikan tanda centang biru verified

“Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun, baik itu Twitter atau Facebook,” kata Andi kepada wartawan di Istana Negara, Selasa (27/1).

Jadi, selama ini siapa yang kita follow di Twitter dan Facebook?

“Akun itu bukan akun resmi Presiden Jokowi,” ucap Andi. “Itu akun dibuat untuk keperluan kampanye, dikelola tim kampanye.”

Menurut politisi PDI-Perjuangan yang juga anggota tim sukses Jokowi, Aria Bima, akun tersebut dikelola oleh relawan Jokowi semasa kampanye.

“Akun itu dibentuk oleh tim kampanye yang berkantor di Cemara, tim yang tercantum dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum. Dan akun itu diverifikasi Facebook,” kata Aria, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia. 

Sekarang, siapa yang mengelola akun Facebook Jokowi? 

Jokowi sedang megecek akun media sosialnya. Foto oleh @Jokowi_Do2/Twitter

Menurut Aria, setelah kampanye selesai, sempat dibicarakan untuk menutup akun Facebook tersebut, namun admin akun itu tak dapat ditemui. “Orang yang biasa mengolah akun itu, Berry, tidak bisa kami temui,” aku Aria.

Setelah berhasil ditemui saat pelantikan Jokowi sebagai Presiden pada 20 Oktober 2014, Berry pun menolak untuk menyerahkan akun yang selama ini urus ke pihak negara.

“Kami langsung minta dia untuk menyerahkan akun itu ke Sekretariat Negara atau lingkaran Presiden, sebab Jokowi sudah presiden, bukan lagi calon presiden. Tapi Berry tidak mau,” lanjut Aria.

Mengapa Berry bersikukuh tetap mengurus akun Facebook Jokowi?

Menurut Aria, Berry merasa punya hak atas akun yang dibuatnya. “Dia merasa akun tersebut miliknya dan berkata, toh dia mengerti persis bagaimana jalan pikiran Jokowi sehingga tahu seperti apa jika harus berimajinasi di akun itu,” ungkap Aria.

Kenapa hal ini baru dibicarakan sekarang?

Masyarakat mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda dari status-status Jokowi di Facebook akhir-akhir ini. Pertama, saat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono “curhat” perihal problematika Polri dan tanggapannya mengenai rumor “pembersihan orang-orang SBY” oleh Jokowi. Jokowi, atau Berry, melalui Facebook, membalas status SBY dengan nada cukup defensif pada 20 Januari. 

 
//

Status terbaru, dan terakhir hingga saat ini, lebih mengejutkan. Jokowi, atau Berry, menulis dalam bahasa Jawa, “Suro Diro Jayaningrat Lebur Dening Pangastuti”, yang kurang lebih dapat dimaknai sebagai “segala sifat keras hati, picik, dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut, dan sabar.”

Setelah itu, belum ada update terbaru dari akun Facebook Jokowi.

Bagaimana dengan Twitter @Jokowi_do2?

Lebih misterius lagi. Menurut data yang tertera, akun ini dibuat pada September 2011, ketika Jokowi masih menjadi Walikota Solo. Tapi baru mulai aktif menjelang kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.

Akun itu kemudian dikelola oleh tim relawan media sosial Jokowi saat kampanye pemilihan presiden 2014 lalu. Jokowi terakhir nge-tweet pada 22 Agustus 2014, saat dirinya dinyatakan resmi menjadi Presiden ketujuh RI oleh Mahkamah Konstitusi. 

Hal tersebut diamini oleh Kartika Djoemadi, seorang relawan tim media sosial Jokowi, di akun Twitter pribadinya. “Awalnya dipegang dan dioperasikan sendiri saat jadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, sekarang pakai admin,” tulis Kartika. 

Apa yang akan Jokowi lakukan?

Menurut Seskab Andi, Istana akan meminta kepada pihak yang mengelola akun media sosial Jokowi untuk diserahkan kepada Istana. 

“Kemungkinan yang jadi adminnya kita tarik ke Istana,” kata Andi.

Kemana rakyat harus mencari update terbaru dari Jokowi? 

“Dari pihak Istana menggunakan secara resmi dan menyalurkan berita kegiatan presiden itu di situs setkab.go.id,” ujar Andi.

Selain itu, akun Twitter @setkabgoid juga melaporkan kegiatan-kegiatan resmi Presiden Jokowi. 

Siapa yang akan bertanggung jawab akan akun Facebook Jokowi nantinya?

Menurut Andi, akun tersebut akan diurus oleh sekretaris pribadi Presiden.

Bagaimana dengan akun Twitter Ibu Negara @IrianaJokowi? 

Sama saja. Itu bagian dari tim media sosial, aku Andi. Bukan dikelola oleh Ibu Iriana maupun tim kepresidenan. Per hari ini, akun tersebut sudah tidak bisa diakses. —dengan laporan dari ATA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!