Badan ‘melebar’ usai lebaran? Coba 5 aplikasi pemantau kalori ini

Elfa Putri Setyanti

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Badan ‘melebar’ usai lebaran? Coba 5 aplikasi pemantau kalori ini
Bila merasa berat badan bertambah setelah lebaran, daftar aplikasi berikut bisa dicoba untuk membantu mengembalikan berat badan dan memantau kalori yang masuk dalam tubuh.

Bagaimana kegiatan silaturahmi Anda di Hari Raya Idulfitri lalu? Pasti rekanan dan seluruh saudara menawarkan berbagai menu makanan dan kue-kue yang menggoda.

Bila Anda merasa berat badan bertambah setelah mencoba makanan khas Lebaran, maka daftar aplikasi berikut bisa dicoba untuk membantu mengembalikan berat badan dan memantau kalori yang masuk dalam tubuh.

1. Lifesum – The Health Movement

Aplikasi Lifesum asal Swedia ini memiliki fungsi untuk melacak aktivitas, makanan yang dikonsumsi, dan asupan air harian Anda.

Pengguna tinggal menentukan tujuan yang ingin dicapai, yakni Be Healthier, Gain Weight, dan Lose Weight. Setelah itu, Anda akan melihat rangkaian kalori layaknya jurnal pribadi harian.

Menurut AppAnnie, aplikasi ini mendapat rekomendasi aplikasi kesehatan dari Google Play sebanyak delapan kali dan sembilan kali selalu ditampilkan di laman utama Google Play.

Aplikasi ini telah mendapat lebih dari 5 juta unduhan sejak dirilis.

2. Penghitung kalori FatSecret

FatSecret telah memiliki komunitas di lebih dari 35 negara dan aplikasinya sendiri telah memiliki 15 bahasa, di antaranya adalah bahasa Indonesia.

Dengan grafik harian untuk setiap aktifitas dan kalori yang dikonsumsi, pengguna dapat mengatur notifikasi jumlah kalori yang dapat dikonsumsi. Jurnal makanan di dalamnya sangat bervariasi, sehingga memandu pengguna mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam setiap makanan.

Menurut AppAnnie, telah terdapat lebih dari 50 juta unduhan aplikasi ini. FatSecret juga dapat diakses dari berbagai platform untuk memandu pengguna dimanapun.

3. Lose Weight with Fooducate

Mulanya aplikasi ini hanya berfungsi untuk men-scan kalori beragam produk makanan, namun kini developer asal Israel menambah fitur baru di dalamnya.

Fitur yang dimaksud adalah resep masakan sehat yang mudah dibuat, jurnal makanan harian, dan kutipan motivasi setiap harinya.

4. Noom Coach: Weight Loss Plan

Noom Coach: Weight Loss adalah aplikasi buatan Noom Inc, yang memang banyak menciptakan aplikasi untuk menjaga berat badan ideal.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk mengetahui jumlah kalori dalam tiap makanan (beragam jenis makanan sudah terdapat di dalam daftar), mengukur banyak langkah per harinya, dan menyusun target penurunan berat badan pengguna.

Namun untuk menikmati fitur pemaksimalan penurunan berat badan, pengguna harus mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp12.000.

5. Lose It!

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang membantu Anda dapatkan berat badan yang diinginkan. Di antaranya database makanan dan aktivitas yang telah dilakukan, resep makanan sehat, dan memeriksa kecukupan nutrisi.

Selain itu, Lose It! juga bisa dioperasikan tanpa jaringan internet.

Layaknya jurnal makanan yang dikonsumsi sehari-hari, aplikasi ini mengelompokkan apa yang dikonsumsi dan dilakukan. Terdapat grafik perkembangan target yang Anda tentukan, juga fitur Friends untuk melihat perkembangan teman dan merasa lebih termotivasi.

Diet tidak akan lagi terasa menyiksa dan membosankan bila Anda melakukan hal tersebut dengan panduan yang tepat. Selain itu, dengan menjaga penampilan dan kebugaran tubuh, Anda akan semakin percaya diri dan menikmati hidup. Selamat mencoba. —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startup TechinAsia.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!