Indonesia wRap: 29 Juli 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 29 Juli 2015
Diduga menyuap hakim PTUN Medan, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istri keduanya, Evi Susanti, ditetapkan KPK sebagai tersangka

JAKARTA, Indonesia — Seorang remaja berusia 15 tahun dikabarkan hilang setelah gempa berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang Mamberamo Raya, Papua. Setelah dimarahi Ahok, panitia Jakbook & Edufair mengeluarkan dua stand karena menjual dengan harga di atas pasar. 

Siapa penantang Ahok di pilkada serentak mendatang? Partai Demokrat diberitakan akan mengajukan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli sebagai calon gubernur pada pemilihan kepala daerah 2017. Pengacara Farhat Abas dan penyanyi Ahmad Dhani akan berseteru di pengadilan terkait kasus penghinaan. Sidang perdananya dilakukan pada 10 Agustus. 

KPK tetapkan Gubernur Sumut dan istri sebagai tersangka kasus suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evi Susanti sebagai tersangka penyuapan hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Selasa, 28 Juli.

KPK sudah memeriksa Gatot dan Evi sehari sebelum penetapan tersangka. Keduanya disebut sebagai sumber dana suap tiga hakim PTUN Medan lewat pengacara OC Kaligis. Selengkapnya di Rappler.com.

Gempa Papua, seorang remaja hilang 

Seorang remaja berusia 15 tahun dikabarkan hilang setelah gempa berkekuatan 7,0 skala Richter mengguncang Mamberamo Raya, Papua, Selasa pagi, 28 Juli. Akibatnya, beberapa bangunan turut rusak.

“Gempa sangat terasa selama sekitar 4 detik,” kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. “Penduduk panik dan berlarian keluar rumah.” Selengkapnya di Rappler.com. 

Panitia book fair usir peserta yang jual alat sekolah mahal

 

Panitia Jakbook & Edu Fair 2015 mengeluarkan dua pengisi stand yang menjual alat sekolah dengan harga mahal. Hal ini dilakukan setelah Gubernur Jakarta Basuki  “Ahok” Tjahaja Purnama meluapkan amarahnya karena harga jual yang tinggi tersebut. 

Padahal, sebelum acara tersebut, peserta telah membuat komitmen tertulis. “Isi komitmen itu adalah kesanggupan menjual buku dan kelengkapan sekolah di bawah harga pasar,” kata ketua panitia pameran tersebut, Tatang T Sudensyah, seperti dikutip media. Baca selengkapnya di Rappler.com

 

Nachrowi Ramli calon penantang Ahok di Pilgub 2017?

Partai Demokrat diberitakan akan mengajukan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli sebagai calon gubernur pada pemilihan kepala daerah 2017.  “Yang pasti Pak Nachrowi maju (dalam Pilkada 2017). Kalau tiket dia sudah di tangan, karena dia sebagai anggota majelis tinggi partai yang menyetujui siapa saja calon kepala daerah. Jadi untuk tiket (pencalonan dari Demokrat) dia tidak ada masalah,” ujar Ketua Fraksi Demokrat-PAN di DPRD DKI Jakarta Lucky P. Sastrawiria, seperti dikutip CNN Indonesia, Selasa.

Nachrowi sempat maju sebagai calon wakil gubernur dalam Pilkada 2012 mendampingi petahana Fauzi Bowo namun kalah oleh pasangan Joko “Jokowi” Widodo dan Ahok. 

Sidang perdana gugatan Farhat Abbas lawan Ahmad Dhani pada 10 Agustus

Perseteruan antara pengacara Farhat Abbas dan musisi Ahmad Dhani berlanjut. Akibat merasa dihina oleh Dhani dan kuasa hukumnya bernama Ramdan Alamsyah, Farhat mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 14 Juli 2015. Sidang pertama kasus ini akan diadakan pada 10 dan 11 Agustus 2015. 

Konflik keduanya bermula dari tweet Farhat di Twitter mengenai kondisi anak bungsu Dhani pasca kecelakaan yang banyak memakan korban. 

 —Rappler.com

 

Dapatkan wRap di emailmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!