Indonesia wRap: 4 Agustus 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 4 Agustus 2015
Ayo Kerja jadi tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-70, Anies Baswedan ancam tutup sekolah yang muridnya tewas akibat diduga aktivitas MOS, dan perkembangan terbaru dari Muktamar NU.

JAKARTA, Indonesia — Perkembangan terbaru dari Muktamar NU, Menteri Pendidikan ancam sekolah yang terapkan MOS hingga tewaskan siswa, dan tema HUT RI ke-70. 

Tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-70: Ayo Kerja

Ayo Kerja menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI, seperti tertuang dalam surat edaran Kementerian Sekretariat Negara. Ini adalah pertama kalinya pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan logo resmi. Logo tersebut diluncurkan dan ditandatangani oleh Jokowi di Tugu Nol Kilometer di Kota Sabang, Aceh, pada 10 Maret lalu, sekaligus pencanangan Gerakan Ayo Kerja. 

Siswa meninggal, Anies ancam cabut izin SMP Flora jika terbukti lalai

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat melakukan inspeksi ke salah satu sekolah yang mengadakan masa orientasi. Foto dari Facebook Anies Baswedan  

Menteri Pendidikan Anies Baswedan mengancam akan mencabut izin SMP Flora, Bekasi, Jawa Barat, bila terbukti ada kelalaian saat masa orientasi siswa (MOS) yang mengakibatkan meninggalnya seorang siswa. Pihak Kepolisian RI beserta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih melanjutkan penyelidikan atas meninggalnya Evan Christopher Situmorang, 12 tahun, yang disinyalir berhubungan dengan kegiatan MOS di sekolahnya pada 9 Juli lalu. Untuk sementara, kepolisian masih meragukan apakah ada hubungan antara MOS dan meninggalnya Evan. Selengkapnya di Rappler.com. 

Sebelas WNI yang ditangkap di Arab mengganggu ketertiban 

Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa 11 orang Indonesia yang ditangkap di Arab Saudi pada Idul Fitri dilaporkan mengganggu ketertiban umum. “Mereka salat Ied pada Sabtu, padahal pemerintah menentukan Lebaran itu hari Jumat. Mereka mengadakan salat dengan khotbah, bikin lingkaran,” kata Iqbal. Mereka juga dipermasalahkan karena salat dengan cara yang tidak biasa tersebut di tempat teramai di Masjidil Haram. Polisi juga mencatat bahwa rombongan WNI tersebut mengaku bahwa pimpinan mereka, Zubair Amir Abdullah, adalah Imam Mahdi. Selengkapnya di sini. 

Bom di Makassar meledak, sedikitnya 2 tewas

Sedikitnya dua orang tewas dalam ledakan yang terjadi di rumah seorang warga di Kompleks Puri Pattene Permai, Makassar, Senin. Polisi menduga ledakan tersebut disebabkan oleh bom ikan. “Saya suruh perintahkan, meskipun dibilang kemungkinannya bom ikan, tapi coba dicek ke laboratorium forensik apa bahan-bahannya,” ujar Kepala Polisi RI Komisaris Jenderal Badrodin Haiti.

Dua warga yang menjadi korban adalah Ramlah dan Sania. Enam rumah diberitakan rusak karena ledakan bom ini. Selengkapnya di Rappler.com.

Vokalis fun. Nate Ruess promo album solo di Indonesia

Vokalis grup musik fun. Nate Ruess sedang mempromosikan album solo perdananya, Grand Romantic, yang dirilis di Indonesia pada 31 Juli lalu. “Saat pembuatan album ini, saya sedang jatuh cinta dan saya mulai menulis lagu berdasarkan hal itu. Ini mengenai bagaimana Anda berada dalam sebuah perasaan jatuh cinta,” kata Ruess kepada Kompas.com. Jika kamu ingin menyaksikan Ruess membawakan lagu-lagu terbarunya, bisa menontonnya di Kompas.com pada Rabu, 5 Agustus. Infonya ada di sini.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!