Indonesia wRap: 6 Agustus 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 6 Agustus 2015

EPA

Bawaslu rekomendasikan perpanjang waktu 7 hari perihal calon tunggal pilkada, Jonan cabut izin operasi 6 maskapai, dan Ridwan Kamil tegur anak kecil naik motor dan parkir sembarangan.

JAKARTA, Indonesia — Rekomendasi Bawaslu soal Pilkada serentak yang punya satu calon: Perpanjang masa pendaftaran 7 hari lagi, Ridwan Kamil beraksi kembali membuat Bandung menjadi kota yang bersih. 

Presiden tak keluarkan Perppu, Bawaslu rekomendasikan perpanjang waktu 7 hari

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik memastikan bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo tidak akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait calon tunggal untuk pemilihan kepala daerah (pilkada serentak) 2015. “Tidak, Presiden tidak berkenan mengeluarkan Perppu,” kata Husni, Rabu, 5 Agustus. Dengan demikian, 7 daerah yang hanya memiliki calon tunggal akan mengadakan pilkada pada 2017. 

Solusinya? Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi Bawaslu berupa perpanjangan 7 hari sejak hari ini, Kamis, 6 Agustus.

“Bawaslu merekomendasikan KPU untuk memberikan kesempatan perpanjangan masa pendaftaran pilkada. Berdasarkan rapat kami, direkomendasikan perpanjangan terakhir 7 hari,” ujar Ketua Bawaslu, Muhammad, Rabu sore, kepada media.

Pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke tempat pengungsian baru 

 Potret pilu pengungsi Rohingya di tempat penampungan di Aceh. Foto oleh Febriana Firdaus/Rappler

Apa kabar pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang terdampar di pantai Aceh Utara beberapa bulan lalu? Hasil rapat antara Dinas Sosial Aceh Utara, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memutuskan untuk memindahkan ratusan pengunsi dari Gedung BLK ke Shelter ACT, Blang Adoe, mulai hari ini, Kamis.

Fasilitas Shelter ACT dinilai lebih manusiawi karena memiliki rumah ibadah, ruang belajar, taman bermain, klinik kesehatan, dapur umum, air bersih, dan lingkungan hijau. Peresmian shelter tersebut baru akan diresmikan pada 12 Agustus. Selengkapnya di Tempo.co. 

Menteri Perhubungan Jonan cabut izin operasi 6 maskapai

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat konferensi pers terkait hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 di Bandara Juanda, Surabaya, pada 28 Desember 2014. Foto oleh EPA

Kementerian Perhubungan mencabut izin operasi 6 maskapai penerbangan karena tak penuhi aturan kepemilikan pesawat seperti tertuang dalam UU no. 1 tahun 2009 tentang penerbangan. Izin tersebut dicabut sejak 1 Agustus lalu. 

Menurut Menteri Perhubungan Jonan, keenam maskapai tersebut adalah:

  1. Asco Nusa Air
  2. Air Maleo
  3. Manunggal Air Service
  4. Nusantara Buana Air
  5. Survey Udara Penas Persero
  6. Jatayu Air 

Inspeksi di jalan raya, Ridwan Kamil tegur anak kecil naik motor dan parkir sembarangan

Walikota Bandung Ridwan Kamil bersepeda sambil menginspeksi persiapan Konferensi Asia Afrika pada 23 April 2015. Foto oleh Bay Ismoyo/AFP

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan inspeksi dadakan dengan sepeda ke penjuru Kota Kembang itu, Rabu. Ia pun menyemprot tukang parkir yang membiarkan parkir liar di Jalan Dipatiukur. “Kamu teh kan tahu ini dilarang parkir? Kamu tukang parkir enggak boleh parkirin sembarangan. Mana KTP kamu?” kata Ridwan seperti dikutip Detik.com. Ia juga menegur pengemudi motor yang parkir sembarangan.

Selain itu, ia juga menemukan dua  anak usia SD yang mengendarai motor tanpa helm. “Kamu disuruh siapa pakai motor?” tegur Ridwan. Kedua anak itu beserta motornya pun dibawa ke Polsek. Namun, apakah jenis hukuman seperti yang diterapkan Ridwan efektif? Kami mencoba mencari jawabannya di sini.  

The Maine batal konser di Jakarta 14 Agustus

Band pop rock asal Amerika Serikat The Maine membatalkan konsernya di Skeeno Hall, Gandaria City, Jakarta, 14 Agustus, akibat bentrok jadwal. Menurut promotor Marygops Studios, bagi yang sudah membeli tiket dapat mengembalikan tiket mulai hari ini, Kamis dan diberikan kupon Rp 100.000 untuk pertunjukkan Marygops berikutnya.

Bagi yang sedih batal untuk bertemu John O’Callaghan dan kawan-kawan, jangan sedih, karena ternyata mereka sudah dijadwalkan akan tampil di sebuah festival musik di Jakarta bulan November ini. —Rappler.com

Dapatkan wRap di emailmu

 
//

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!